Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Melihat Dengan….

Melihat Dengan….

Anda melihat dengan apa? Mata dong tentunya. Benar. Namun mata, adalah organ penglihatan yang terbatas. Dan dependend.

Maksudnya? Tidak semua hal penting bisa dilihat mata. Dan mata, hanya bisa melihat dengan adanya…. cahaya. Tanpa cahaya, mata tidak bisa melihat apapun. Maka mari belajar melihat bukan dengan mata. Melainkan dengan cahaya.

Contohnya begini. Jika seseorang bilang; “Jangan keluar rumah, Bro. Banyak harimau berkeliaran…” Anda menurut? Tidak. Karena Anda tidak melihat harimau.

Lalu media massa memberitakan tetangga Anda tewas akibat diterkam harimau. Disertai bukti berupa foto dan saksi-saksi pada moment ketika segerombolan harimau menerkamnya. Pas gitu sore harinya ada harimau lewat di depan rumah Anda. Anda mulai percaya? Ya. Mata kita, sudah melihatnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu orang itu bilang pada Anda. Pesannya sama. Tapi redaksinya berbeda. “Jangan keluar rumah, Bro. Banyak virus Covid19 berkeliaran…” Anda menurut? Tidak. Karena Anda tidak melihat virus itu.

Lalu media massa memberitakan tetangga Anda yang tewas akibat infeksi covid. Disertai bukti berupa prosesi pemakaman yang tidak lazim. Anda mulai percaya? Iya. Tapi kan mata Anda tidak melihat virusnya. Kok percaya? Sekarang, Anda melihat dengan cahaya. Bukan dengan mata.

Melihat dengan cahaya, memungkinkan kita untuk ‘mengenali’ keberadaan sesuatu yang tidak kelihatan.

Lalu apa manfaatnya jika kita bisa ‘melihat’ Covid19 berkeliaran di lingkungan kita? Bukan semata untuk menghindari wabah itu. Melainkan untuk menyadarkan kita bahwa; hey, adakah engkau melihat suatu dzat yang maha tidak terlihat?

Beberapa waktu lalu, ada nenek-nenek yang dalam pidatonya mengatakan bahwa akhirat itu tidak lebih dari sekedar dongeng. Itu contoh tidak melihat dengan cahaya. Namun karena yang bicara punya kuasa, maka para pemujanya punya percaya. Dan boleh jadi, cara pandang seperti itu yang kompatible dengan diri kita.

Hari ini. Kita sudah diingatkan oleh wabah itu. Bahwa hey. Tidak semua yang tidak bisa engkau lihat berarti tidak ada. Bahkan sebenarnya, apa yang engkau lihat dengan matamu itu nisbi belaka eksistensinya.

Rumahmu ada, tapi bakal reyot pada saatnya. Mobilmu keren tapi bakal jadi rongsokan besi tua jika tiba waktunya. Uangmu banyak tapi bakal segera ludes sebentar lagi. Semua wujud yang terlihat oleh matamu; fana.

Sedangkan sesuatu yang kekal abadi, tersembunyi dari pandangan lahirmu. Padahal dia, ada. Dan sedang menanti kepulanganmu. Lalu. Sampai kapan engkau akan terpukau oleh dunia fanamu?

Mulai sekarang. Yuk, kita belajar melihat dengan cahaya. Agar kita menyadari keberadaan kehidupan yang hakiki. Setelah kehidupan yang sementara ini.

Lantas apa sih cahaya itu? Allaahu nuurus samaawaati wal ardi. Allah itu cahaya bagi langit dan bumi. Jadi jika ingin mengenal cahaya itu lebih dekat, maka dekat-dekatlah dengan surat cintanya kepada kita. Lalu dimana surat cinta itu berada? Didalam kitab sucinya.

Maka Iqro. Bismirobbika alladzii kholak. Insya Allah, akan sampai engkau kepada cahaya. Dan akan mampu engkau, melihat dengan cahaya…

NB: “S-TED Training: Strengthening Corporate & Organizational Alignment” In-House Training Untuk Meningkatkan Corporate Alignment Dalam Format Simulasi. Durasi 1 hari. Hubungi kami.

Selamat Hari Jumat Sahabat.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Carl D’Agostino

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.