Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Alat Test Covid Dari UGM-UNAIR

Alat Test Covid Dari UGM-UNAIR

Salah satu kunci penting dalam perang melawan covid adalah melakukan test serologi. Untuk itu dibutuhkan peralatan. Dan peralatannya diimpor. Dari mana diimportnya? Mestinya dari negara yang punya reputasi bagus sebagai produsen alkes. Atau, negara yang terkenal dengan kualitas produknya.

Tapi wabah ini menyajikan peluang bisnis yang sedemikian besarnya sehingga konon ‘negara yang diragukan oleh kalangan medis internasional’ menerapkan strategi ‘membelokkan’ dulu alat test buatannya seolah diproduksi oleh negara yang ‘punya reputasi’ bagus. Dari negara transit itulah kemudian sang produk masuk ke negara yang rela menerima produk dengan kualitas ‘apa adanya’.

Lantas. Sebegitu sulitkah membuat alat test Ig-G/Ig-M covid-19? Mestinya tidak. Asal pemerintah tidak lagi doyan merendahkan kemampuan orang Indonesia saja. Kan berulang kali ada pejabat negara meragukan anak bangsa ya. Ilmuwan Indonesia, setara dengan ilmuwan dari negara lain. Bahkan banyak yang lebih hebat. Dan yang jelas, mereka setia kepada; dan sangat mencintai NKRI.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi, Indonesia bisa membuat alat test serologi sendiri? Bisa. Kualitasnya teruji? Ya, sudah diuji. Kita tidak perlu import lagi? Nah yang ini, mungkin tidak disukai oleh para makelar impor.

Tapi mari kita fokus lagi kepada kabar baiknya. Para Profesor di fakultas kedokteran UGM dan UNAIR beserta para peneliti BPPT berhasil memproduksi dan menguji coba alat rapid test serology untuk covid-19 yang diberi nama RI-GHA ini.

Mestinya, ini menjadi kabar bagus bagi kita semua. Semoga genderang perang melawan covid yang telah dibikin melempem ini berkobar lagi. Karena dengan kemampuan memproduksi alat test sendiri, mestinya kemampuan kita dalam membaca peta sebaran infeksi juga bisa lebih baik lagi. Dan lebih meluas lagi. Dengan memahami sebarannya, kita bisa merancang strategi penanganan yang tepat dan efektif untuk setiap wilayah sesuai derajat dan potensi keterpaparannya.

Sehebat apa sih alat test Ig-G/Ig-M buatan Indonesia? Pertama, alat ini dibuat dengan berkah rasa cinta pada bangsa dan negara. Kedua, alat test ini dibuat berdasarkan rekombinan protein virus covid yang ada di Indonesia sehingga cocok untuk digunakan di Indonesia. Ketiga, tidak perlu ada biaya komisi bagi makelar impor sehingga harganya bisa lebih masuk akal bagi rakyat Indonesia.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mari kita dukung dan doakan agar alat test ini dapat digunakan secara luas, dengan harga yang dipatok bisa meliputi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dan kita bisa segera mengakhiri perang ini dengan kemenangan di pihak kita. Bukan dengan cara menyerah, atau mengajak untuk berdamai dengan mahluk itu. Karena opsi berdamai dengan covid, hanya layak diambil jika mahluk itu sudah tidak lagi membahayakan kita.

Kepada siapa covid tidak berbahaya? Kepada mereka yang didalam tubuhnya sudah ada antibody Ig-G yang memadai. Semoga alat test ini bisa membantu rakyat Indonesia mengindentifikasinya.

NB: Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development; hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Baca artikel sebelumnya disini:

Peluang Anda Mati Karena Corona Berapa?

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:teitter

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.