Tuesday , August 11 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Tiga Jenis Bisnis Inti Dalam Kehidupan Manusia

Tiga Jenis Bisnis Inti Dalam Kehidupan Manusia

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang 3 jenis bahtera bisnis yang sekarang tengah mengarungi gelombang badai krisis bisnis akibat pandemi ini. Pertanyaannya adalah; apakah kondisi ini bersifat sementara? Atau akan menjadi permanen? Wabah virusnya bersifat sementara, Insya Allah. Tapi dampaknya terhadap pola perilaku dan cara hidup manusia, kemungkinan besar bersifat permanen. Maka efeknya terhadap iklim bisnis pun dengan sendirinya jadi ikut permanen. Karena bisnis, pada umumnya bersifat market-driven. Bukan sebaliknya.

Jika demikian, maka compang-campingnya lahan bisnis hari ini sedikit banyaknya menggambarkan akan menjadi seperti apa business landscape dimasa mendatang. Itu berarti bahwa, bisnis yang hari ini karam; bakal sulit untuk bangkit lagi. Dan disisi lain, jenis bisnis yang hari ini laris manis; bakal terus bersinar. Dan diantara kedua kutub itu, bakal ada ruang tumbuh untuk jenis bisnis yang menjadi intermediary.

Sesuai janji saya diartikel sebelumnya untuk membahas jenis industri apa saja yang berpotensi bakal terus berlayar dimasa mendatang. Tapi tolong, ini tidak bertujuan untuk membuat Anda jadi takabur atau lengah kalau sudah berada dijalur itu. Juga hendaknya Anda yang tidak berada dijalur itu jangan berkecil hati. Dengan mengetahui ini, kita – saya dan Anda – punya kesempatan untuk melakukan berbagai pembenahan yang diperlukan agar sampai ke ujung masa pandemi ini dengan masih memiliki kemampuan untuk memulai lagi membangun bahtera bisnis baru. Meski dari puing-puing yang lama. Sekecil apapun itu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Memang benar, dunia akan selalu diramaikan oleh berbagai macam kategori industri. Semakin kreatif orang melihat peluang, semakin banyak juga model dan peluang bisnis yang bakal bermunculan di pasaran. Tetapi kalau kita membuat peringkat jenis bisnis dalam kehidupan umat manusia; maka arena bisnis dimasa yang akan datang akan dikuasai oleh 3 blok besar industri. Saya menyebutnya sebagai “INDUSTRI INTI 3-SI”. Ketiga blok industri itulah yang akan menjadi bisnis paling kompatibel dengan kehidupan umat manusia masa depan. Sedangkan bisnis yang lainnya, masuk kedalam kategori ‘supporting’ doang. Jangan tersinggung.

Ini bukan rocket science. Jadi tenang saja, ilmunya cetek kok. Lantas, apa saja ke-3 blok bisnis dalam “Industri Inti 3-SI” itu? Kita bahas satu persatu.

Pertama, Bisnis na-SI. Ya, bisnis nasi. Semua yang berhubungan dengan pangan, bakal menjadi bahtera bisnis yang secara alami mengapung diatas gelombang bisnis dalam amukan badai separah apapun. Bahtera bisnis itu bakal terus berlayar. Kata kuncinya, ‘pangan’ alias ‘food’. Intinya, semua bisnis yang berkaitan dengan penyediaan pangan, bakal terus berkibar. Maka jika kantor Anda bergerak dibidang ini; tinggallah terus dikapal itu. Karena by nature, dia akan terus menunggangi gelombang.

“Tapi, perusahaan saya yang sekarang berbisnis makanan terkena dampak yang sangat parah oleh pandemi ini….?!” Mungkin ada diantara Anda yang berkilah demikian.

Stay di bisnis itu, demikian saran saya. Tapi Anda harus mengubah model bisnisnya. Yang diubah, bukan industrinya. Tapi model bisnisnya. Saat ini, bisnis ini masuk kedalam kategori bahtera yang terdampar kalau merujuk kepada artikel saya yang kemarin mah. Stay. Tapi stay-nya bukan diam seperti beruang yang sedang berhibernasi di musim dingin. Stay, seperti ulat yang bergerak terus didalam untuk menghasilkan gagasan dan strategi baru yang akan diimplementasikan ketika kepompong yang mengekangnya kelak terkbuka.

Kedua. Bisnis Teknologi Informa-SI. Tidak perlu penjelasan panjang lebar ya, semua bisnis yang berbasiskan teknologi informasi bakal menjadi pemain penting dalam kehidupan manusia dimasa depan. Bagaimana pun juga, seluruh aspek kehidupan manusia; sudah digiring ke era IoT. Maka by nature, bisnis jenis ini bakal terus terapung; sehingga selalu punya peluang untuk terus berlayar. Jangan kemana-mana lagi kalau sudah berada dikapal itu. Anda aman. Insya Allah.

Ketiga. Farma-SI. Sudah saatnya Anda menunjukkan respek kepada bisnis ini. Disadari atau tidak, bahwa dalam hembusan badai topan dan amukan ombak pandemi ini, tidak ada satu pun industri yang paling menentukan hidup dan matinya manusia selain bidang pengobatan. Anda menantikan vaksin? Itu farmasi. Anda antri membeli hand sanitizer? Anda meminum ramuan tradisional? Anda menelan suplemen penambah daya tahan tubuh? Anda merintih kesakitan? Kadar gula Anda naik? Tekanan darah Anda tinggi? Anda takut terpapar virus? Anda khawatir mati karena infeksi? Farmasi.

Kelak, jika Anda sudah kaya raya. Dan Anda sudah tuwwa. Tak tegak lagi berdiri Anda. Tak kencang lagi jantung Anda memompa. Tak lancar lagi glomerulus Anda menyaring cairan tubuh. Anda, bakal berpaling kepada produk-produk farmasi. Secara suka rela, ataupun terpaksa. Jadi, mulai saat ini; show some respect kepada farmasi. Bisnis ini, tidak pernah terdampar. Apalagi tenggelam. Bahkan dalam saat-saat paling kritis gelombang topan melanda dunia seperti masa ini; bisnis farmasi menjadi satu-satunya tumpuan harapan Anda untuk mengakhiri semua kekacauan ini. Benar?

So, pertahankan pekerjaanmu jika sudah berada di industri itu. Karena pada akhirnya, manusia akan merindukan produk-produkmu. That is true. Uuuuyeah….., that’s true.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Itulah 3 jenis industri inti yang bakal menjadi episentrum denyut nadi roda bisnis umat manusia dimasa mendatang. Anda, boleh punya pendapat yang berbeda. Karena apapun bahtera industri yang Anda tekuni. Selalu ada tempat diluas dan dalamnya samudera ini. Ada yang di permukaan air, ada yang di pulau-pulaunya, dan ada pula yang tenggelam didalamnya. Boleh? Boleh saja. Asal bisa menjadi kapal selam. Bukan berupa perahu yang karam, kemudian tenggelam.

NB: Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development; hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Baca artikel sebelumnya disini:

Yang Tenggelam, Yang Terdampar, Dan Yang Berlayar

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:the three mustketeers

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.