Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Keriuhan Di Pintu Sorga

Keriuhan Di Pintu Sorga

Sesungguhnya orang-orang yang taat kepada Allah memasuki sorga sercara berombong-rombongan. Begitu juga orang-orang yang durhaka. Berombongan pula masuk kedalam neraka. Demikianlah dikisahkan dalam kalam Az-Zumar.

Ketika catatan amal baik dan buruk selesai diperhitungkan, semua orang memasuki tempatnya masing-masing. Kemudian pintu sorga dan neraka pun ditutup. Tidak ada orang yang masih tersisa diluar pintu neraka. Tapi didepan pintu sorga, ada 2 orang yang belum masuk. Mereka masih sibuk bicara satu dengan lainnya.

Malaikat menghampirinya. Dan bertanya, “Mengapa kalian masih ngobrol disini? Bukankah semua orang sudah pada masuk kedalam sorga?”

“Begini tuan,” salah seorang menjawab. “Saya heran mengapa teman saya ini mendapatkan pahala sorga juga, padahal dia adalah ahli bid’ah….”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

“Kalau kamu, kenapa belum masuk kedalam sorga?” tanya malaikat kepada temannya.
“Begini tuan,” jawabnya. “Saya heran mengapa teman saya boleh masuk kedalam sorga seindah ini, padahal dia itu minim sekali ibadahnya…”

“Aku beribadah sesuai contoh dari Rasulullah! Bukannya sedikit dalam ibadah!” hardik temannya. “Kalau tidak ada contoh dari Rasulullah, maka aku tidak melakukannya!!!” tambahnya. “Kamu itulah yang tidak pantas masuk ke sorga ini karena ibadahmu suka ditambah-tambah!”

“Aku menambah ibadah sebanyak-banyaknya sesuai perintah Allah! Bukannya mengada-ada!” balas temannya. “Kamu saja yang tidak mau mengakui dalil hasil ijtihad para ulama!” Tambahnya. “Sudah ada dalilnya. Tapi kamu berkilah bahwa dalil itu bukan dari Rasulullah. Kebenaran buat kamu hanya yang datang dari gurumu. Dan kamu rendahkan dari guru yang lainnya!”

Malaikat geleng-geleng kepala. Kemudian, meninggalkan mereka dalam perdebatan itu. Lalu menutup pintu sorga.

Bertahun-tahun kemudian, pintu sorga kembali dibuka. Sungguh sangat lama masanya. Karena 1 tahun disana, setara dengan seribu tahun didunia. Serombongan orang tergopoh-gopoh memasukinya. Mereka, adalah para pendosa yang sudah melunasi kesalahannya di neraka. Lalu Allah berkenan mengijinkannya masuk ke sorga.

Ketika hendak menutup pintu sorga, malaikat menghampiri kedua orang itu. Dan bertanya, “Mengapa kalian masih ngobrol disini? Bukankah semua orang sudah pada masuk kedalam sorga?”

“Begini tuan,” salah seorang menjawab. “Saya heran mengapa teman saya ini mendapatkan pahala sorga juga, padahal dia adalah ahli bid’ah….” Lalu serta merta dibalas oleh temanya.

Malaikat geleng-geleng kepala. Kemudian, meninggalkan mereka dalam perdebatan itu. Lalu menutup pintu sorga.

Bertahun-tahun kemudian, pintu sorga kembali dibuka lagi. Sungguh sangat lama masanya. Karena 1 tahun disana, setara dengan seribu tahun didunia. Serombongan orang tergopoh-gopoh memasukinya. Mereka, adalah para pendosa yang sudah melunasi kesalahannya di neraka. Lalu Allah berkenan mengijinkannya masuk ke sorga.

Ketika hendak menutup pintu sorga, malaikat menghampir kedua orang itu. Dan bertanya, “Mengapa kalian masih disini? Semua orang sudah pada masuk kedalam sorga.”
“Begini tuan,” salah seorang menjawab. “Saya heran mengapa teman saya ini mendapatkan sorga, padahal dia adalah ahli bid’ah….” Lalu serta merta dibalas oleh temanya.

Malaikat geleng-geleng kepala. Kemudian, meninggalkan mereka dalam perdebatan itu. Lalu menutup pintu sorga.

Beribu-ribu kali, dalam beribu-ribu tahun lamanya pintu sorga terbuka untuk memberi jalan bagi para pendosa yang sudah selesai menjalani hukumannya di neraka. Tidak pernah malaikat menutup kembali pintu sorga, kecuali menghampiri kedua orang itu. Dan kali ini, pintu sorga terbuka lagi. Tapi yang masuk kesorga itu kali ini hanya 1 orang saja. Tidak dalam rombongan seperti yang sebelumnya.

Setelah orang itu masuk, malaikat menghampiri kedua orang yang masih asyik menikmati obrolannya sedari tadi. Mereka sudah tahu apa yang akan ditanyakan oleh sang malaikat. Jadi kali ini, mereka langsung berkata: “Begini tuan…,”

Tapi kali ini malaikat langsung memotong perkataan mereka. “Dengarkan aku dahulu,” tegasnya. “Orang yang masuk kedalam sorga tadi adalah hamba yang paling banyak dosanya.” Katanya. “Dialah manusia terakhir dari neraka yang Allah ampuni.” Lanjutnya. “Sedangkan semua penghuni neraka lainnya, akan abadi tinggal didalamnya.”

“Wahai tuan malaikat,” sergah kedua orang itu. “Janganlah mengganggu pembicaraan kami berdua dengan kisah sentimenial itu…” Katanya. “Tolong segera tinggalkan kami agar kami bisa melanjutkan perdebatan ini….”

“Baiklah.” Kata malaikat seraya meninggalkan mereka. Beberapa langkah kemudian, sang malaikat berhenti. Berbalik. Lalu berkata;”Oh ya,” katanya. “Sekedar kalian tahu saja.” Lanjutnya. “Setelah orang terakhir yang diampuni Allah itu masuk kedalam sorga, maka pintu sorga ini akan ditutup. Disegel. Dan tidak akan dibuka lagi selama-lamanya, kecuali jika Allah sendiri yang berkehendak lain.”

Kedua sahabat itu terperanjat. Lalu segera berlari mengejar sang malaikat. Beruntunglah mereka masih sempat menyelinap ke celah-celah pintu sorga yang hendak ditutup untuk selamanya itu. Alhamdulillah.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ketika berada didalam sorga itulah kemudian mereka mendapati semua penduduk sorga duduk berpasang-pasangan di dipan-dipan yang nyaman dan lembut, lagi teduh. Dibawahnya mengalir sungai-sungai yang airnya mengalir jernih dengan beraneka rasa dan kesegaran. Kapan saja mereka boleh mereguknya. Dan meneguknya.

Di samping kiri dan kanan atas mereka menjulur dahan-dahan dari buah-buahan yang dapat dipetiknya dengan mudah. Disana. Tiada perselisihan. Tidak ada pertentangan. Tak ada pula pertengkaran. Yang ada hanyalah kehidupan yang serba indah. Dalam bingkai saling berkasih sayang. Kemudian, kalam Al-A’raf diperdengarkan; Dan sesungguhnya rahmatku, meliputi segala sesuatu.

NB: Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development; hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Baca artikel sebelumnya disini:

The Fourth SI Industry

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:hargaikataku

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.