Friday , October 2 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Back To Your Core Competency

Back To Your Core Competency

Wabah covid ini berdampak besar kepada seluruh kehidupan manusia. Baik kehidupan personal, profesional, sosial, maupun bisnis. Masalah yang kita hadapi sekarang, bukan soal new normalnya. Tapi bagaimana bisa melanjutkan kehidupan dengan kualitas yang minimal setara dengan sebelumnya.

Faktanya, banyak perusahaan yang terseok-seok karena wabah ini. Ada yang rontok bahkan. Dan mungkin, tidak akan pernah bisa bangkit lagi. Sehingga dampaknya saaangat berasa.

Beruntung sekali jika Anda berbisnis atau bekerja di perusahaan yang justru mendapat keuntungan dari merebaknya bisnis ini. Misalnya perusahaan farmasi, perusahaan logistik, atau IT. Wabah boleh merebak, tapi rezeki; terus mengalir. Tapi kan, bagi kebanyakan orang; dunia tidak seindah itu.

Anda yang bekerja di instansi pemerintah juga dijamin nggak sampai kelaparan kan? Alhamdulillah. Tapi. Bagaimana jika Anda tidak berada di posisi-posisi aman dan nyaman seperti itu?

Saya, termasuk terkena dampak wabah lumayan cukup keras. Jadi bersama para ‘petarung’ yang tengah terluka ini membulatkan tekad untuk kembali bangkit. Minimal, mesti ada perlawanan sengit menghadapi badai ini kan ya. Kita, berkomitmen untuk tidak akan menyerah dengan mudah. Nah, untuk Anda yang bertakdir sama; tulisan ini ditujukan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu apa yang mesti kita lakukan? Ada banyak hal. Tapi, yang pertama akan kita bicarakan disini adalah; back to your core competency. Segera kembali kepada kompetensi utama kita. Kenapa?

Karena, jika bergerak dengan kompetensi utama kita; maka kita akan melakukan sesuatu dengan kualitas yang super duper. Dan, kalau pun harus bersaing; maka bersaing di area yang menjadi kompetensi utama lebih berpeluang untuk menang. Jika hanya bisa bertahan bagaimana? Bertahan dengan mendayagunakan core competensi, akan membuat kita bisa ‘hold on one more second to go further…”

Masalahnya, banyak orang yang bahkan tidak memahami core competency dirinya sendiri. Gamang. Bingung. Semoga Anda tidak demikian. Kalau pun iya, tenang saja. Kita cari sekarang.

Kita bikin simpel aja cara mencarinya. Gini. Sumber utama dari core competency itu ada 2. Pertama, pendidikan kita. Dan kedua pengalaman kerja kita. Education, dan Experience. Telusuri saja kedua hal itu, insya Allah; bakal kita temukan the core competency itu. Kalau dulu Anda sekolahnya bener, pasti jadi core competency. Jika selama ini Anda kerjanya bener, pasti jadi core competency juga.

Contoh kongkritnya apa? Ijinkan saya pakai case saya aja ya. Biar nggak jadi gibah. Saya memiliki latar belakang pendidikan formal yang berkaitan dengan kesehatan. Walaupun tidak cum laude, tapi otak mah masih berisilah. Disamping itu, pengalaman karir profesional saya; di perusahaan farmasi multinasional. Karir saya juga nggak buruk-buruk amat loh. Bisa ganti mobil baru kurang dari satu tahun. Gak pernah pakai mobil yang umurnya lebih dari 3 tahun. Not bad kan? Itu dulu.

Tapi jelas sekali bahwa core competency saya sebetulnya ada di bidang itu. Dan hal itu membuat pikiran dan perasaan saya nyambung kesitu. Mungkin Anda memperhatikan bahwa artikel saya akhir-akhir ini sering menyinggung soal wabah penyakit covid kan? Nah. Itulah antara lain dampaknya.

Tadi kita bicara soal core competency yang bersumber dari pengalaman kerja juga. Dalam kasus saya, begini: selama bekerja itu saya menjelajahi berbagai bidang, dan salah satunya yang paling solid adalah ketika mengemban tugas untuk menangani fungsi training and development. Dan alhamdulillah, bidang T&D merupakan salah satu anugerah tak ternilai dari Allah buat saya.

Maka bisa disimpulkan bahwa core competency saya adalah: Farmasi dan Training & Development.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apakah itu artinya saya harus kembali bekerja di industri farmasi? Sekarang mah sudah ketuaan. Jadi mesti cari cara lain untuk menggunakannya. Tidak usah dibahas detail ya. Soal itu, Anda tidak perlu tahu.

Yang perlu Anda ketahui adalah; apa core competency Anda sendiri. Sudahkah Anda temukan itu? Jika belum. Sekaranglah waktunya. Tidak harus dengan cara yang sama seperti saya. Jika Anda punya cara lain, just do it. Look inside yourself. You are going to find it out. And we, are going to be fine as always. Insya Allah.

NB: Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development; hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Baca artikel sebelumnya disini:

Keriuhan Di Pintu Sorga

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:bioinformatics

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.