Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Mutasi Versus Adaptasi

Mutasi Versus Adaptasi

Pekan lalu, kita sudah membahas tentang kembali kepada core competency baik dari jalur pendidikan maupun jalur pengalaman. Jika kedua jalur itu digunakan dengan baik maka insya Allah, kita bisa melewati masa-masa kritis akibat wabah ini dengan baik.

Pertanyaannya adalah, bagaimana seandainya ilmu dari latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja kita itu berada pada ‘kapal yang karam?’ Sudah pandai, sudah terampil. Tapi industrinya hancur lebur gara-gara wabah ini. Gimana dong?

Anda tentu pernah mendengar bahwa virus corona itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi dulu tidak membahayakan manusia. Tapi kenapa sekarang jadi virulen begitu? Kata para ilmuwan, karena virus itu bermutasi.

Kita juga dengar bahwa banyak negara yang sudah mengumumkan punya obatnya. Tapi kemudian diketahui tidak efektif lagi. Ada indikasi bahwa jenis virus di suatu wilayah mungkin beda dengan virus di wilayah lainnya. Kenapa begitu? Karena virusnya katanya bermutasi.

Jika untuk bisa survive virus itu bermutasi. Maka agar bisa survive juga, Allah ngasih apa kepada kita? Allah memberi kita kemampuan untuk beradaptasi. Jadi, biar sajalah virus itu bermutasi hingga memporakporandakan tatanan kehidupan umat manusia seperti sekarang. Toh kita akan terus beradaptasi ya kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salah satu tehnik adaptasi adalah; menggali kedalam. Yaitu, melihat kedalam diri kita; lalu kenali apa yang menjadi core competency kita seperti sudah kita bahas pekan lalu. Misalnya, betapa banyak orang yang kuliah dan profesinya nggak nyambung kan? Back to your competency, lalu diutilisasi.

Dalam kondisi dimana core competency tidak bisa digunakan, maka lakukan cara kedua dalam adaptasi itu yaitu; mempelajari ilmu dan keterampilan yang baru yang kompatibel dengan situasi lingkungan kita saat ini. Logis ya? Jadi sebetulnya kita tidak akan kehabisan cara untuk bisa beradaptasi dengan situasi yang baru ini.

Mana yang paling cocok untuk Anda? Melihat kedalam? Atau melihat keluar? Just do it. Maka walaupun dampak yang ditimbulkan oleh wabah ini berasa sakit dan pahit, tapi semuanya akan berakhir indah. Derita kita hanya sementara. Sebab kita akan terus berkarya. Berkembang. Dan kemudian, kita menjadi manusia yang bukan sekedar bisa bertahan. Melainkan menjadi insan yang menemukan hikmah dan pelajaran berharga dari rangkaian kejadian ini. Insya Allah.

NB: Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development; hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Baca artikel sebelumnya disini:

Para Pekerja Dibalik Layar

Subscribe Channel INDONESIA SEHATI Tentang KESEHATAN – UKM – BISNIS – KARIR Via Tautan Berikut Ini:

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.