Wednesday , July 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Ikrar Tauhid Para Saudagar

Ikrar Tauhid Para Saudagar

Ketika seseorang berucap “Laa ilaaha Illaa Allaah…” maka terjagalah diri dan kehormatannya. Bahkan walau dosanya dimasa lalu sebanyak butir pasir dipesisir, terhapuslah semuanya sesuai janji Allah ta’ala.

Kalimat tauhid telah menjadikannya hamba yang dijamin oleh Allah selamat didunia dan akhirat. Dan lewat kalimat tauhid itulah pula Rasulullah Sholallaahu ‘alaihi wasallam berwasiat kepada kaum muslimin untuk menjaga kehormatan orang yang bersaksi bahwa; tidak ada ilah selain Allah. Wa Muhammad Rasulullah. Karena dengan kalimat itulah kaum mu’min dipersatukan dalam persaudaraan.

Para ulama sepuh kita mencontohkan. Bahwa persaudaraan itu tidak pudar oleh perbedaan. Imam 4 madzhab memiliki tempat dalam kemuliaannya masing-masing. Hingga tak layak bila para pengikutnya terjebak dalam khilafiyah. Demikian itulah akhlak kita dalam khasanah ibadah.

Situs Manajemen Kewirausahaan Subscribe ke channel Youtube “INDONESIA SEHATI”. Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Bagaimana halnya dengan muamalah? Jika dalam ibadah saja bahkan para sahabat Rasulullah boleh berbeda tata cara, maka apakah lagi dalam soal muamalah. Sungguh rugi Islam dan umat Islam jika masih terkotak-kotak dalam dikotomi “golongan kita” dan “bukan golongan kita”. Hendaklah disadari bahwa pemikiran seperti itu mengesampingkan perintah wa’tasimuu bihablillaahi jamii’a walaa tafarroquu…

Hendaklah diingat kembali bahwa dikotomi antara “jama’ah kita” dan “bukan jama’ah kita” bukanlah akhlak Rasulullah. Maka tak sepatutnya umat Rasulullah berpemikiran begitu.

Lalu bagaimana halnya dengan urusan ma’isah dan tijaroh? Subhanallah. Terlebih lagi soal ini. Sekedar soal mengumpulkan harta dan dunia. Tak selayaknya ashobiyah membelah kokohnya persaudaraan dalam kalimah ‘laaa ilaaha illaa Allah’.

Bahkan para sahabat Rasulullah berniaga dengan kaum yahudi dan kafirin lainnya. Bagaimana mungkin dizaman ini khilafiyah dalam madzhab dan ibadah kuasa menyingkirkan sesama saudagar yang diikat dalam lafadz laa ilaaaha illaaa Allah. Yang mana pada saat yang sama, mungkin yang bersangkutan tak merasa ada ganjalan apapun saat bertransaksi dengan pihak-pihak lain yang tidak mau mengakui keesaan Allah azza wajalla. Seolah menganggap bahwa berniaga dengan kaum musyrik masih lebih baik dari pada bersyarikat dagang dengan saudaranya dalam tauhid. Hanya. Karena. Beda. Barisan jam’iyyahnya. Na’udzubillah.

Kalimat laa illaaha illaa Allah telah menyatukan kaum muhajirin dan Anshor. Telah menghapuskan perbudakan. Telah mengumpulkan setiap jenis ras manusia dalam kesetaraan pada saat tawaf mengelilingi ka’bah. Maupun sewaktu kita semua bersujud di masjid-masjid. Maka semoga. Kalimat laa ilaaha illaa Allah jugalah yang menyatukan kita semua dalam perjuangan menuju kebangkitan ekonomi umat ini. Dan menjadikan kita bertetangga pula, diakhirat kelak. Insya Allah.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Jika Anda ingin menambah referensi tentang Manajemen Kewirausahaan, Subscribe Channel “INDONESIA SEHATI” Via Tautan Berikut Ini: (Tinggal di klik saja logonya)

Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Situs Manajemen Kewirausahaan Subscribe ke channel Youtube “INDONESIA SEHATI”. Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Gambar dari:wikipedia

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.