Saturday , August 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Menanggalkan Beban Berat Itu

Menanggalkan Beban Berat Itu

Mari kita jujur kepada diri sendiri. Akui saja bahwa; pandemi ini menimbulkan beban yang semakin berat bagi banyak kalangan. Lembaga pelayanan publik, perusahaan, maupun perorangan. Kejujuran ini bukan nakut-nakutin. Melainkan bahan mawas diri bagi kita semua.

Sekalipun banyak lembaga yang bergaya ‘seolah baik-baik saja’, tapi boleh jadi dalemannya tidak sebaik penampakan permukaannya. Contoh, BUMN dan lembaga negara. Masih menggaji pegawainya seperti biasa. Ada yang masih ‘wah’ malah. Tapi publik bisa menilai kinerja para BUMN itu kan ya? Lembaga negara pun sama. Bahkan secara resmi berkali-kali diumumkan defisit anggaran serta proyeksi tidak asyik perekonomian. Dan isi pengumuman selanjutnya, belum pernah lebih baik dari yang diumumkan sebelumnya.

Saya pribadi, hanya percaya pada industri 3-SI plus 1-SI seperti yang pernah kita bahas. Bisnis NaSI, Bisnis Tekno-InformaSI dan Bisnis FarmaSI yang kinerja keuangannya tetap menjanjikan plus SI ke-4, yakni: Logi-DistribuSI. Diluar 4 kategori industri itu… yagidudeh.

Tapi apapun itu, mungkin Anda tidak berada pada posisi untuk mengubahnya. Kita, hanya bisa mengontrol wilayah pribadi kita saja. Point utamanya; bagaimana caranya supaya beban berat yang ditimbulkan oleh pandemi ini bisa kita tangalkan? Mestinya sih bisa. Karena wilayah pribadi bisa kita kontrol sepenuhnya kan ya.

Situs Manajemen Kewirausahaan Subscribe ke channel Youtube “INDONESIA SEHATI”. Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Yes but how? Dari saya dua hal. Pertama, bagi yang belum mulai; mari mulai menumbuhkan spirit entrepreneurship. Khusus bagi yang belum mulai. Lakukan meskipun pada level yang paling basic. Budaya barter nenek moyang kita dizaman dahulu membuktikan bahwa kita semua adalah entrepreneur. Jangan malu disebut UKM. Bahkan sebutan usaha MIKRO juga oke. Jangan remehkan itu. Sebab usaha yang mikro, bisa jadi embrio yang makro. Who knows?

Kedua. Juga bagi yang belum melakukannya; berhentilah membuktikan diri pada orang lain. Maksudnya? Ada fenomena besar dijaman kita. Berupa keinginan untuk membuktikan siapa diri kita, kepada orang lain. Ini soal citra diri. Soal profile pribadi. Soal, keinginan untuk dianggap sukses oleh orang lain.

Maaf kalau saya terlampau to the point. Betapa banyak orang yang berusaha tampil ‘mempesona’. Padahal hatinya merana. Dompetnya lepet. Dan tabungannya, cekak. Bahkan. Pembayaran hutangnya tertunda-tunda. Harap jangan tersinggung oleh kata-kata saya. Ini nasihat untuk diri saya sendiri sebenarnya. Tapi. Saya ajak Anda menjalaninya bareng-bareng. Ini tentang kita.

Mari sadari bahwa keinginan untuk ‘membuktikan kemempesonaan kita dihadapan orang lain’ itu berpotensi menjadi beban berat bagi fisik dan mental kita. Khususnya ditengah terpaan pandemi ini. Sudahah, cukupi diri dengan apa yang telah Allah berikan sajalah. Setidaknya sampai keadaan kembali pulih lagi.

Saya paham bahwa status sosial, nama besar almamater, nuansa sosialita; mungkin menuntut kita untuk tampil sebagai pribadi yang mempesona. Silakan jika beneran bisa. Tapi kalau harus maksa-maksain diri, sebaiknya; not doing it any more deh.

Saya pribadi? Well, I don’t have to proof anything to anybody else. This is me. A simple man. A modest individual. Have nothing more than this body and soul provided trough the grace of Allah. That’s it. Period. Memang masih ada beragam beban dipundak ini. Tapi, itu pertanda masih hidup kan ya, alhamdulillah. Bagaimana dengan Anda?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Artikel sebelumnya:

Ilmu Murah Berlimpah

Jika Anda ingin menambah referensi tentang Manajemen Kewirausahaan, Subscribe Channel “INDONESIA SEHATI” Via Tautan Berikut Ini: (Tinggal di klik saja logonya)

Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Situs Manajemen Kewirausahaan Subscribe ke channel Youtube “INDONESIA SEHATI”. Channel Untuk Para Wirausahawan Berdaya Diri

Gambar dari:artkaleidoscope

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.