Monday , September 21 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Orang Cerdas

Orang Cerdas

Apa yang terjadi kalau saya, atau Anda meninggal? Ya sudah. Meninggal saja. Saya tidak lagi punya urusan apapun dengan semua orang yang selama ini berurusan dengan saya. Anda juga demikian kan?

Jika Anda merasa terlalu pagi untuk bicara soal ini, maka boleh juga kita tunda pembicaraan ini hingga nanti malam. Atau besok saja. Kalau Anda bisa menegosiasikan jadwal kematian kepada malaikat yang bertugas menuntaskannya. Sayangnya, tak sedetikpun mundur atau maju waktunya. Dan kita, tak pernah tahu kapan tepatnya.

Maka sejatinya, bersiap diri menyambut sang mati mesti kita lakukan sekarang. Karena sang penjemput, tak kan kenal kompromi. Tak mau pula diajak negosiasi.

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

The question would be, apakah kita siap mati detik ini? Atau beberapa detik setelah ini? Anda yang hidup sendiri. Menderita. Merana. Banyak masalah. Tidak merasakan sedikitpun enaknya hidup didunia. Mungkin, menjadikan ‘mati sekarang’ sebagai harapan terindah yang bersemayam dilubuk hati yang paling dalam.

Tapi jika Anda punya anak yang masih kecil-kecil. Yang lucu-lucu. Yang Anda sangat sayangi. Istri Anda juga cantik lagi baik. Tabungan Anda ada beberapa puluh juta. Cicilan rumah masih 10 tahun lagi tapi bisa dibayar dari pendapatan bulanan Anda selama ini. Nafas Anda serasa lega. Hidup Anda serba nyaman. Anda siap mati?

Tak perlu tersinggung. Sebab sejatinya, itu adalah pertanyaan saya kepada diri saya sendiri. Dan boleh jadi. Tidak ada bedanya antara kita berdua. Dan dibenak saya, pertanyaan itu semakin menguat. Setiap kali saya mendapatkan berita bahwa, teman saya meninggal. Atau tetangga saya. Atau guru saya. Atau orang-orang yang pernah bersinggungan dengan saya. Bahkan ketika yang dikabarkan meninggal itu orang yang tidak saya kenal sama sekali.

Apalagi hari-hari ini. Banyak orang yang meninggal secara mendadak. Ada yang saat sedang bersepeda. Ada yang di lapangan tenis. Ada yang ketika menggiring bola sewaktu bermain futsal. Dan ada juga yang, kemarin masih rapat. Hari ini, sudah dimakamkan. Keluhannya hanya nggak enak badan. Lagi trend kan sekarang…?

Lalu. Saya bertanya pada diri sendiri; mestikah kita takut mati? Ah. Pertanyaan bodoh yang jawabannya bakal dipengaruhi oleh intensitas kebahagiaan atau kesengsaraan yang dialami oleh seseorang dalam menjalani hidupnya.

Saya ganti pertanyaannya; apa yang sudah saya siapkan untuk menyambut datangnya kematian? Nah. Ini pertanyaan yang relevan bagi semua orang. Bahkan Rasulullah menjelaskan bahwa, orang yang cerdas adalah. Orang yang senantiasa mengingat kematian, dan menyiapkan bekal berupa amal sholeh dalam berbagai kebaikan yang dilakukannya.

Makanya. Orang cerdas itu, orientasi pikirannya pada akhirat. Dan fokus perbuatannya adalah mengerjakan hal-hal baik yang diridoi oleh tuhannya. Maka dalam setiap tindakannya. Dalam segala hal yang dikerjakannya. Dia memulainya dengan bismillah. Dia menghadapi segala rintangan tantangan dan kesulitannya dengan laa haula walaa quwwata illa billah. Dan dia menghakhirinya dengan, alhamdulillah.

Sudahkah Anda menjadi orang yang cerdas itu? Saya. Sedang belajar menuju kepada kualitas itu. Insya Allah.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Artikel sebelumnya:

Meredam Efek Resesi Secara Mandiri

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

NB: “S-TED Training: Strengthening Corporate & Organizational Alignment” In-House Training Untuk Meningkatkan Corporate Alignment Dalam Format Simulasi. Durasi 1 hari. Hubungi kami.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:adventureofmojjotillet

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.