Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Bisnis and Finance / Sinsib Untuk Kaum Profesional

Sinsib Untuk Kaum Profesional

Hari ini. Mungkin Anda memiliki pekerjaan profesional yang memberi imbalan berupa gaji dan fasilitas yang mencukupi kebutuhan hidup Anda. Alhamdulillah.

Tapi. Sudahkah Anda melihat, bagaimana kehidupan para senior di kantor Anda setelah tidak bekerja lagi? Apakah mereka bisa menjaga kualitas kehidupan mereka? Jika bisa. Alhamdulillah. Anda juga kelak bakal demikian insya Allah. Jika tidak? Mari renungkan.

Dan… apakah Anda pernah mendengar bahwa akibat pandemi ini banyak orang yang gajinya diatas 50 juta sebulan saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi karena dipehaka? Atau dipotong gajinya hingga tersisa hanya cukup untuk beli beras saja? Anda tahu bahwa ini nyata. So. Mari kita renungkan juga.

Kedua situasi diatas menunjukkan betapa rapuhnya kehidupan kaum profesional. Jadi. Mohon. Anda tidak terlena dengan enaknya menjadi pekerja. Mari dari sekarang mulai belajar berbisnis. Jangan salah sangka. Saya tidak mengajak Anda untuk keluar dari tempat kerja. Tidak. Tetaplah Anda bekerja disana. Jangan keluar. Karena pekerjaan Anda berharga. Berjuanglah untuk mengembangkan karir Anda. Dan Berdedikasilah kepada perusahaan hingga tiba masa pensiun Anda.

Saya hanya mengajak Anda untuk mulai berbisnis. Tentu pilihan bisnis yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda di kantor. Jadi Anda tetap bisa berkarya dikantor dengan pendapatan stabil dan fasilitas nyaman itu. Namun juga punya ‘jaring pengaman’ untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak sesuai keinginan.

Memangnya ada bisnis seperti itu? Ada. Bahkan mungkin Anda sudah menjalaninya. Jika sudah, lanjutkan saja. Jika belum, mulai sekarang cari bisnis yang cocok buat Anda. Tolong, jangan tanyakan bisnis yang cocok buat Anda itu apa. Saya tidak tahu. Karena saya tidak paham preferensi Anda.

Tapi saya bisa memberi contoh nyata. Saat ini saya berbisnis. Bisnis saya, jualan beras. Beras? Ya, beras. Kenapa beras? Karena beras adalah komoditas yang tidak pernah berhenti dikonsumsi. Anda, tahan berapa hari tidak makan beras? Faktanya, sudah makan steak dengan roti dan kentang sampai perut kenyang pun kita masih merasa belum makan. Why? Karena, beras adalah makanan utama 240 juta penduduk Indonesia. Pasar yang besar? You know better than me.

Anda masih ingat konsep Industri 3SI+1SI yang pasti bertahan dalam hantaman pandemi seperti pernah saya bahas dalam artikel terdahulu? SI yang pertama apa? na-SI. Ini saya jalanin bisnis ‘naSI’ beneran. Bukan cuman teori. Berani mengatakan bisnis ini bakal berhenti karena tidak ada yang beli? Think again my friend.

Tapi bisnis beras itu berat Dang. Repot banget. Jualnya cuman bisa ke tetangga dekat aja. Marginnya juga kecil. Tak ada harapan kaya raya dengan bisnis beras. Kenapa kamu pilih bisnis itu?

Ohohoho… Anda bicara soal dagang beras cara tradisional my friend. Kita, jual berasnya nggak begitu. Kita pakai SI yang berikutnya, yaitu teknologi informa-SI. Kita jualan beras dengan dukungan sistem IT terkini mas bro. Jadi wilayah operasi kita tidak terbatas ke tetangga. Kita bisa jual beras ke belasan kota utama di Jawa dan Bali. Anda tinggal dimana? Silakan uji apakah benar kami bisa melayani Anda. Hubungi saya untuk mengujinya. Ada lebih dari 15 kota di Jawa Bali yang bisa kami layani.

Lah. Gampang dong Dang. Tinggal pake ongkir saja. Lalu kamu bebankan kepada pelanggan biayanya. Gak seru ah! Basi.

Wohohoho… Anda keliru lagi teman. Kami kirimkan beras pesanan Anda hingga ke tempat Anda. Dan. Itu. G.R.A.T.I.S. Nggak ada namanya bayar ongkir kalau beli beras dari kami. Dan ketahuilah bahwa, beras yang kami jual itu; memenuhi standar Permentan no 31 tahun 2017. Jadi. Tolong jangan ragukan kualitasnya.

Bentar Dang. Kamu bilang gratis ongkir? Ya. Gratis ongkir. Bagaimana mungkin bisnis beras yang timbangannya berat itu bisa gratis ongkir ke berbagai kota di Jawa Bali? Begini.

Anda ingat 1SI yang dibahas dalam artikel saya? Yes. distribu-SI. Inilah kunci penting dalam bisnis sembako. Problem dalam bisnis ini adalah:

1). Pelanggan malas pergi ke supermarket, males bawa-bawa beras. Malas pula membayar ongkir yang mahal kalau beli online.

2). Pedagang berasnya juga malas nganter-nganter ke wilayah yang jauh karena keuntungannya habis ditelan biaya, waktu, dan tenaga pengiriman. Jadi bisnisnya terus kecil dan kerdil. Gak menarik.

Nah. Kita punya solusi untuk kedua persoalan pelik itu. So, ini bukan bisnis beras model biasa. Ini bisnis beras yang bisa kita jalankan sambil tiduran. Atau liburan. Kalau Anda bekerja, istri Anda bisa menjalankannya. Bahkan anak remaja Anda, bisa juga belajar caranya. So, pekerjaan profesional Anda tidak terpengaruh karenanya. Selain itu, cakupan area pelayanan yang sangat luas dan terus meluas. Interesting, right? Demikian teman-teman, bisnis yang saya jalani. Kalau Anda, bisnisnya apa?

Apakah semua kecanggihan system itu saya yang buat? Tidak. Supplier beras saya yang bikin. Saya tinggal memanfaatkannya untuk mendukung bisnis saya. Makanya saya bilang pada Anda; “Hey, ada suplier yang bisa melayani end to end product nih. Anda mau ikutan bisnis bareng saya nggak?” begitu kira-kira.

Oiya. Anda masih makan nasi kan? Beli dong berasnya di toko saya. Kalau mau ikut menjalankan bisnisnya juga mari, saya terbuka untuk siapapun yang membuka diri dengan pola berpikir terbuka. Yang baru kena pehaka dari kantornya, ayo merapat. Syarat; berpikirlah terbuka. Dan bersiaplah untuk berjuang demi keluarga. Come, my friend.

Namun. Ada catatan nih. Kalau Anda sudah punya bisnis sendiri yang butuh perhatian Anda 100%, maka saran saya; stay on the business. Besarin bisnis Anda. Atau… kalau Anda nggak mau model bisnis yang saya jalani juga, tak jadi soal. Tempuhlah jalan Anda bisnis sendiri. Kita tidak bersama dalam bisnisnya. Tapi kita tetap bersama dalam spirit entrepreuneurshipnya. Selamat berbinis.

NB: Yang baru kena pehaka, berhenti yuk sedihnya. Jika mau, silakan merapat untuk berjuang bersama.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Cara Selamat Dari Dampak Pandemi

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:inc.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.