Wednesday , September 30 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Sumber Daya Kopyor

Sumber Daya Kopyor

Kita berada dalam situasi yang tidak normal. Maka menghadapi situasi ini pun, mungkin butuh sumber daya yang tidak normal juga. Sumber daya normal, hanya cocok pada kondisi normal. Maka memiliki sumber daya yang tidak normal, bisa menjadi jalan keluar dari situasi tidak normal yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Pertanyaannya adalah; bagaimana menemukan sumber daya yang tidak normal itu?

Saya dibesarkan di kampung yang cukup banyak pohon kelapanya. Nama kampungnya “Kalapa Tilu”. Tak aneh jika sampai sekarang saya suka kelapa muda. Dulu kami tak perlu beli. Kami punya cukup banyak pohon kelapa. Tinggal petik saja. Kemudian langsung menikmati kesegarannya.

Rasa air kelapa kami sering seperti minuman bersoda. Swegger banget. Dan daging buahnya sangat lembut. Tapi ada kalanya, kelapa yang kami petik kurang bagus. Airnya sih masih enak diminum. Tapi sudah bercampur dengan daging kelapa yang tidak sempurna. Hancur nggak karu-karuan. Kami menyebutnya ‘kalapa koclak’ yang artinya ‘kelapa busuk’. Kami pun membuangnya.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Setelah dewasa, pergaulan saya meluas. Tapi kegemaran terhadap kelapa muda tidak pernah surut. Makan di restoran besar pun, kalau ada kelapa muda; pasti saya pilih itu. Kelapa butiran ya. Bukan gelasan. Bukti bahwa saya penikmat ‘Pro’. Bukan kaleng-kaleng. Dari situlah kemudian saya menemukan kembali ‘kalapa buruk’ yang dulu sering saya buang. Anehnya, dijual dengan harga berkali-kali lipat. Dan dia, bernama kelapa kopyor.

Sumber daya yang tidak normal dalam konteks kita itu ya seperti itu. Sumber daya yang tidak sempurna. Sehingga dalam situasi normal, tidak kita daya gunakan. Bahkan, kita buang-buang. Contohnya apa? Kebiasaan melakukan hobi kecil-kecilan. Dalam keadaan normal, itu bukan kegiatan utama. Sekedar mengisi waktu saja. Tapi, ketika kita lebih sering dirumahkan; hobby kecil itu bisa menjadi sumberdaya kopyor. Tidak normal. Tapi bernilai mahal.

Disekitar Anda, mungkin ada tanaman atau benda-benda yang dianggap biasa. Padahal ternyata, nilainya luar biasa. Contoh kongkritnya apa? Dikampung saya dulu juga banyak tanaman perdu bernama ketepeng. Saking banyaknya, kami tebang karena mengganggu tanaman petani. Tapi baru-baru ini, saya mengetahui bahwa daun ketepeng ternyata dicari perusahaan-perusahaan farmasi. Harganya? Lebih mahal daripada sayuran yang sengaja ditanam dan dirawat para petani loh. Itu sumber daya kopyor juga. Dianggap tak berguna, tapi ternyata; tinggi nilai ekonominya.

Contoh lainnya apa? Jika Anda kuliah. Dapat ilmu tinggi kan. Terus Anda bekerja dibidang yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Ilmu Anda itu tidak dipakai deh. Coba sekarang perhatikan. Boleh jadi ilmu itu juga merupakan sumberdaya kopyor yang bisa mengkompensasi berkurangnya aktivitas kantoran Anda. Dan ilmu itu, bisa menjadi faktor penting dalam proses pemulihan ekonomi keluarga Anda. Mana tahu kan? Itu yang sedang saya lakukan sekarang. Insya Allah, dalam beberapa pekan kedepan; bakal menjadi produk UMKM yang bernilai. Tolong doakan ya.

Lalu. Bagaimana dengan Anda? Sudah menemukan sumber daya kopyor Anda sendiri? Mari temukan. Karena boleh jadi, itulah jalan keluar dari persoalan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi ini.

NB: Belanja Beras Kini Tidak Usah Repot Lagi. Tinggal Pesan Via WA Saja. Kami ANTAR Berasnya GRATIS Kerumah Anda di JAWA-BALI. Mau beli? Hubungi Sophia di WA: 0812-8041-4945. Atau mau menjadi agen beras Antar Gratis seperti Sophia? Mari. Kami terima dengan tangan terbuka.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Artikel Sebelumnya:

Hubungan Karyawan Dengan Perusahaan

NB: Jika Kantor Anda Membutuhkan ONLINE TRAINING Hubungi Kami.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Tandem Partners

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.