Wednesday , September 30 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Harga Sebuah Pembelajaran

Harga Sebuah Pembelajaran

Sekolah, sekarang sudah tidak lagi murah. Kecuali sekolah negeri yang bersubsidi barangkali. Itu pun tetap ada perlengkapan yang mesti dibeli. Wajar. Karena, untuk sebuah pembelajaran; ada harga yang perlu dibayar.

Menurut Anda, pembelajaran apa yang harganya paling tinggi? Perguruan tinggi dong ya? Menurut saya bukan. Rekor harga tertinggi layak diberikan kepada Pembelajaran Kehidupan.

Ya. Kehidupan. Semahal-mahalnya biaya di perguruan tinggi, paling hanya 4 tahun saja. Yaaaa kalau Anda kurang cerdas, mungkin harus kuliah lebih dari 4 tahun. Maaf, bukan kurang cerdas. Tapi, betah kuliah lama-lama di kampus. Oke?

Pembelajaran Kehidupan, nggak 6+3+3+4 tahun. Melainkan prosesnya berlangsung sepanjang hayat. Jika usia Anda 40 tahun misalnya. Maka sudah selama itu Anda mengarungi sekolah kehidupan. Saya, 50 tahun sudah alhamdulillah.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu berapa harga yang harus dibayar? Dalam kasus saya, banyak sekali. Khususnya, ketika ingin belajar banyak hal. Secara saya ini sejak dulu suka menjelajah di kampus-kampus. Sebagai mahasiswa nebeng. Cari ilmu, dan …. cari gebetanlah jujur saja.

Dalam sekolah kehidupan, harganya tidak berupa biaya sekolah dalam mata uang. Seringkali, harga dari pembelajaran itu berupa kegagalan. Lebih mahal dari uang kuliah. Karena efek dari kegagalan, seringkali tidak bisa diperkirakan. Bahkan bisa tidak terkendali. Itupun berbeda dampaknya dari orang ke orang. Dalam kasus saya, tingginya harga kegagalan teramat sangat tinggi. Karena. Selain sering gagal. Juga intensitasnya lumayan dalam.

Sekalipun demikian. Kegagalan dalam proses pembelajaran kehidupan biasanya jauh lebih aplikatif. Dibandingkan dengan ilmu yang didapat dari meja kuliah. Coba Anda periksa. Berapa banyak ilmu dari sekolah yang masih relevan? Tak mungkin 99% kan. Mungkin kurang dari 10%.

Tapi pelajaran yang didapat dari proses pembelajaran kehidupan, 90-100%nya relevan. Why? Karena kita menjalaninya langsung kan? Maka. Sekarang kita melihat bahwa; tidak ada yang sia-sia dalam setiap peristiwa kehidupan yang kita jalani. Semuanya sarat dengan pembelajaran. Apakah disaat senang atau susah. Waktu makmur dan selagi tekor. Atau ketika terangkat maupun sedang terpuruk. Itulah waktu belajar kita.

Makanya para alim ulama berkata; tolabul ‘ilmi minal mahdi ilalahdi. Mempelajari ilmu itu rentang waktunya sejak kita berada dalam buaian bunda didalam kandungan hingga akhir hayat. Maknanya. Tidak sedetikpun waktu berlalu, melainkan Allah bentangkan hamparan ilmu. Bagi siapa saja yang bersedia menarik pelajaran darinya.

Bagi siapa saja yang bisa mereguk ilmu itu, kemudian Allah beri gelar sebagai ulil albaab… orang, yang senantiasa merenungkan hikmah dibalik setiap fase kehidupan yang dialaminya. Dia selalu mengingat Allah dalam segala keadaannya. Dan dia ridlo, pada setiap kejadian yang Allah takdirkan. Untuk dijalaninya. Bagaimana jika Anda dan saya, belajar menjadi ulil albab? Mari mulai.

NB: Belanja Beras Kini Tidak Usah Repot Lagi. Tinggal Pesan Via WA Saja. Kami ANTAR Berasnya GRATIS Kerumah Anda di 17 Kota di JAWA-BALI. Mau beli? Hubungi Sophia di WA: 0812-8041-4945. Atau mau menjadi agen seperti Sophia? Hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan ONLINE TRAINING Hubungi Kami.

Artikel Sebelumnya:

Batal Dihentikan Oleh Satu Hal

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:TheAppsIdeas

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.