Wednesday , September 30 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Tantangan Buat Berdebat

Tantangan Buat Berdebat

Seandainya Mark Twain masih hidup, mungkin saya akan bertanya kepadanya; “Benarkah Anda pernah bilang NEVER ARGUE WITH STUPID PEOPLE?”. Kadang penting untuk menyimak nasihat seseorang. Sebab ada kalanya, kita berada pada situasi sejenis; orang stupid, mengajak kita berdebat. Tapi, never argue with stupid people katanya.

Hari ini, fenomena stupid people yang nantang berdebat itu kembali muncul lagi. Setelah sempat mereda beberapa saat. Entah karena bakat, alasan ekonomi, atau butuh menyalurkan tekanan batin yang dideritanya. Sehingga pelarian mentalnya, menyeret orang lain ke kancah perdebatan. Simak saja bagaimana stupid people berdebat di media. Tivi, milist, wagroup, twitter, instag, maupun social media lainnya. Kata Mark Twain, Never argue. Gausah diladeni.

Sesungguhnya, bukan hanya MT yang bilang begitu. Jauh sebelumnya. Seribu tahun sebelum itu, ada Imam Syafi’i yang didalam kitab-kitab klasik dikupas mengenai sikap dan pandangannya tentang ‘berdebat dengan the stupid’.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Beliau mengatakan; “Jika seorang bodoh mengajakmu berdebat, maka sikap terbaikmu adalah diam. Tidak meladeninya…”

Nasihat sang imam ini relevan betul dizaman serba internet begini. Dimana si bodoh seperti yang dimaksud sang imam itu, tak henti-hentinya menggoda kita buat berdebat. Walaupun argumen-argumennya semakin memperlihatkan betapa bodohnya dia. Bahkan tentang kebodohannya pun dia tidak tahu kan? Lantas apakah harus dibiarkan juga sekalipun sikap burik nan buruknya itu terus diumbar untuk menyerang kita?

Imam Syafi’i kemudian menyampaikan sebuah perumpamaan yang menawan. Begini beliau berpesan. “Apakah kamu tidak melihat bahwa seekor singa ditakuti walaupun dia diam?.” ….” Sedangkan seekor anjing,” lanjutnya. “Dipermainkan karena dia suka menggonggong.” Jleb banget kan?

Saya sering mempraktekkan nasihat Sang Imam. Dan hasilnya, banyak. Waktu saya bisa digunakan untuk hal-hal penting. Hati saya terbebas dari kontaminasi kata-kata kotor orang lain. Kehormatan saya juga tetap terjaga. Dan ya, saya bersyukur. Karena Allah memberi saya kehidupan yang penuh dengan beragam anugerah. Kenapa mau direpotkan dengan berdebat with stupid guy kan? Life is sooo beautiful here… Alhamdulillah.

Anda, boleh mencobanya juga. Jangan ladeni orang bodoh yang memancing Anda untuk berdebat. Jika orang itu tetep nantang, maka ingatlah bahwa; Martabat singa, tidak akan luntur oleh tingkah polah seekor anjing. Yang menggonggong.

NB: Jika Kantor Anda Membutuhkan Online Training. Hubungi Kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
NB: Jika Kantor Anda Membutuhkan ONLINE TRAINING Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Siapkan Diri Menghadapi Pandemi

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:katehaddleston

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.