Friday , October 23 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / Cara Membuat Probiotik Sendiri

Cara Membuat Probiotik Sendiri

Salah satu jalan nafkah saya adalah menjual probiotik. Dan sekarang akan saya sampaikan cara membuat probiotik sendiri sehingga jika mau, Anda bisa membuatnya secara mandiri di rumah.

Sebelum membahas caranya, ijinkan saya menceritakan bahwa didalam kitab-kitab yang membahas kehidupan Rasulullah, ada diceritakan kebiasaan beliau yang sangat unik. Yaitu, beliau shollallaahu ‘alaihi wasallam suka merendam buah kurma dalam air. Kemudian membiarkan rendaman itu semalaman. Dikeesokan harinya barulah beliau meminumnya. Demikianlah beliau mengajarkan kepada para sahabatnya.

Para ilmuwan muslim modern kemudian menemukan bahwa, dalam rendaman buah kurma seperti itu terkandung banyak sekali bakteri baik. Itulah yang kemudian kita kenal sebagai probiotik. Maka berdagang probiotik buat saya bukan sekedar urusan nafkah saja. Tapi utamanya adalah, mempraktekkan dan menyebarkan cara Rasulullah menjaga kesehatan badan dan memelihara fungsi-fungsi tubuhnya.

Infeksi virus bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik.

Dimasa lalu, probiotik hanya diketahui bermanfaat untuk memperbaiki flora normal saluran pencernaan saja. Hari ini, para ilmuwan menemukan bahwa microba baik itu ternyata berperan penting pada – hampir – keseluruhan fungsi sistemik tubuh kita. Jadi, bisa membuat probiotik sendiri itu merupakan sesuatu banget loh.

Now. Bagaimana cara membuat probiotik sendiri di rumah Anda? Sudah saya ceritakan caranya. Anda menyimak? Pas di bagian Rasulullah merendam buah kurma itu, sebetulnya tersirat dan tersurat cara membuat probiotik sendiri.

Modifikasinya bisa begini: Buah apa saja yang Anda miliki di rumah, dipotong kecil-kecil, lalu di rendam dengan air minum. Jika ada madu, tambahkan madu. Tutup dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan minimal 12 jam.

Bagaimana saya pribadi melakukannya? Saya biasa menggunakan 1 butir lemon ukuran sedang dipotong menjadi kotak-kota kecil. Masukkan kedalam botol minum. Tambahkan irisan sejari jahe. Masukkan sesendok madu. Tambahkan pula air sampai 100mL. Tutup. Lalu dikocok kuat sehingga lemon jadi hancur dan bercampur dengan bahan lain. Tambahkan lagi air hingga botol penuh 500mL.

Rasa paling enak, didapat setelah rendaman 24 jam. Tidak lebih dari 48 jam. Pada rentang waktu itu, cita rasa dari masing-masing komponen atau buah yang kita gunakan; berbaur secara sempurna sehingga berkesan indah dilidah. Kalau lebih dari 48 jam, cita rasa komponennya sudah tidak optimal lagi. Rasa enak dilidahnya jadi berkurang.

Berapa hari maksimal rendamannya? Rasulullah mengatakan, jangan lebih dari 3 hari. Para sahabat awalnya tidak memahami. Tapi mereka patuhi nasihat nabi. Kemudian mereka paham bahwa jika lebih dari 3 hari, maka rendaman itu sudah mengandung alkohol. Sehingga bagi orang yang berhati-hati, sebaiknya dihindari.

Cara itu sudah saya lakukan – hampir – setiap hari selama bertahun-tahun. Kalau Anda pernah ikut kelas training saya, Anda mungkin melihat saya minum dengan botol yang saya bawa dari rumah. Ini rahasia ya; botol itu isinya probiotik bikinan sendiri.

Saya lakukan itu rutin, nyaris tanpa jeda kecuali sedang berhalangan. Sampai saya berkenalan dengan probiotik murni Innerimmune. Sejak itu, saya hanya sesekali saja bikin probiotik dengan cara sederhana tadi. Sekarang, saya cukupkan dengan minum 1 sendok sehari Innerimmune.

Lalu apa bedanya Probiotik bikinan sendiri itu dengan Innerimmune? Probiotik yang kita bikin itu diproses ‘as it is’. Apa adanya. Bergantung buah yang kita punya atau kita suka. Bergantung mood kita. Bergantung suhu ruangan kita. Jadi akan berbeda dari satu proses bikin ke bikin selanjutnya. Dan, tentu saja; komposisi bakteri yang ada didalamnya, ya sesuai dengan bahan dan proses serta kondisi pada saat pembuatannya.

Infeksi virus bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik.

Innerimmune, beda. Probiotik ini dibuat dari isolat bakteri-bakteri yang diformulasikan untuk memperoleh manfaat spesifik. Makanya di level advance, ada probiotik yang khusus untuk diabetes, khusus untuk asam urat, dan lain-lain. Komposisi bakterinya terkontrol. Dan prosesnya terstandar. Sehingga menghasilkan probiotik murni yang sama dari batch ke batch dan memberikan ‘manfaat spesifik’ sesuai formulasinya.

Kalau Innerimmune, ‘manfaat spesifiknya’ apa? Innerimmune ini dikhususkan untuk membantu menyeimbangkan komposisi microbiota essensial tubuh sehingga fungsi-fungsi tubuh kita bisa kembali berjalan secara optimal.

Fungsi optimal itu meliputi mekanisme kompleks regulasi homeostasis tubuh dimana seluruh organ tubuh kita terhubung satu sama lain. Juga perlindungan dari penyakit yang datang dari luar. Maka selain bermanfaat dalam terapi penunjang kondisi kesehatan tertentu, Innerimmune membantu tubuh untuk memperbaiki system kekebalan terhadap paparan mikroba penyebab penyakit.

Anda. Tidak harus membeli Innerimmune. Tapi, tubuh Anda butuh asupan probiotik yang boleh jadi; jauh lebih urgen dibandingkan dengan suplemen lain pada umunnya. Kenapa? Karena, bakteri baik dalam tubuh kita memegang peranan penting dalam keseluruhan hidup kita. Dan pola hidup, pola makan, polusi, serta lingkungan hidup kita mungkin membuat bakteri baik itu banyak yang mati.

Contoh sederhana. Jika Anda minum antibiotik. Bisa bayangkan betapa banyak bakteri baik yang ikut mati? Anda, merokok. Berapa banyak bakteri baik yang teracuni? Anda makan dan minum apa saja. All you can eat kan. Betapa banyak hormon dalam daging dan pestisida dalam sayur dan buah-buahan yang Anda masukkan kedalam badan? Semua berpengaruh pada keseimbangan mikrobiotioka tubuh Anda.

Maka tubuh Anda itu butuh probiotik untuk menyeimbangkannya kembali. Tapi Anda tidak harus membeli Innerimmune. Toh Anda sudah bisa membuat probiotik sendiri kan sekarang? Paktekkin deh. Insya Allah tubuh Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Infeksi virus bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik.

Lalu, siapa sih yang membuat probiotik murni dalam Innerimmune? Kepo niye… Bukan saya yang bikin. Karena ilmu saya tidak memadai untuk menghasilkan produk selevel itu. Yang membuatnya adalah orang saya hormati ketinggian ilmunya. Tidak perlu saya beritahu detailnya. Tapi jika didunia ini ada 5 ahli microbiotika terbaik. Maka, 1 dari 5 ahli terbaik dunia itu ada di Indonesia. Dan dari berkah ilmu yang Allah berikan kepada beliau inilah lahir probiotik yang jenis bakterinya berupa isolat dan prosesnya terkontrol seperti antara lain pada Innerimmune ini.

Innerimmune tidak dijual bebas. Jumlahnya pun terbatas. Dan hanya untuk memenuhi kebutuhan lingkungan sendiri saja sebenarnya. Anda boleh kirim WA ke 0812-1989-9737 jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut. Selamat membuat probiotik sendiri. Semoga bermanfaat.

NB: Dimasa pandemi ini, system immunitas tubuh Anda diperkuat dengan apa? Kalau saya rutin minum Probiotik Murni “INNERIMMUNE”. Produk ini tidak dijual bebas. Hanya untuk kalangan terbatas saja. Jika butuh info lebih lanjut WA 0812-1989-9737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan ONLINE TRAINING Hubungi Kami.

Artkel sebelumnya:

Siapkan Diri Menghadapi Pandemi

NB: Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan tubuhnya berfungsi dengan baik.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Infeksi virus bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik.

Gambar dari:study.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.