Friday , October 23 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Bila Kantor Kita Terdampak Resesi

Bila Kantor Kita Terdampak Resesi

Kemaren dibahas cara kita menghadapi resesi secara kolektif. Itu perjuangan individu yang dipadu dengan individu lainnya agar kita tetap baik-baik saja ditengah terpaan badai ini. Sekarang, bagaimana seandainya kantor yang menjadi ladang nafkah kita; juga terkena dampak resesi?

Ini bukan persoalan BOD loh. Ini persoalan kita semua, yang kita mesti berkontribusi sesuai dengan kapasitas masing-masing untuk menyelamatkan perusahaan. Jika perusahaan sampai karam, maka keberlangsungan nafkah kita jadi terancam. Jadi apa yang mesti kita lakukan?

Pertama. Mutual trust antara karyawan dengan pimpinan perusahaan. Dalam situasi normal saja, trust itu sangat penting. Apalagi dalam keadaan resesi seperti saat ini. Jika Anda bawahan, bajarlah untuk trust pada pimpinan. Dan jika Anda atasan, sudah waktunya trust kepada bawahan. Maka akan terbangun mutual trust.

Kedua. Berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing. Akui sajalah bahwa, selama ini; Anda bekerja dibawah level kemampuan Anda. Selama ini, Anda bekerja sambil hitung-hitungan. Digaji segini, masa mesti kerja ekstra. Anda akui itu? Saya bukan menuduh. Saya, percaya pada kapasitas diri Anda yang besar itu. Dalam situasi pelik seperti saat ini, perusahaan butuh setiap orang all out untuk bareng-bareng menyelamatkannya. So do contribute better than before. How? Anda lebih tahu dari saya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ketiga. Jika situasi kantor semakin memburuk. Lalu datang berita yang paling tidak Anda harapkan. Maka sebaiknya, jaga attitude Anda tetap baik. Tidak usah menuntut lebih dari yang bisa diberikan perusahaan sekarang. Karena, sedang dalam ‘survival mode’ supaya bahtera perusahaan bisa terus berlayar. Boleh jadi, Anda harus diturunkan disebuah pulau. Dan ditinggalkan. Jangan protes. Relakan saja.

Keempat. Doakan perusahaan agar bisa melewati badai ini. Nanti setelah keadaan bisa dikuasai. Pimpinan akan mengingat Anda yang telah berjuang bersama. Akan mencatat pula attitude Anda yang tetap positif walaupun harus menerima keputusan pahit. Lantas, mereka menjemput Anda. Untuk naik kembali ke bahtera itu. Kemudian berlayar bersama lagi. Insya Allah.

Bisa jadi, resesi kali ini bukan kaleng-kaleng. Maka sebagai profesional, kita mesti menunjukkan ketangguhan yang maksimal. Wish we all fine friends…

NB: Dimasa pandemi ini, system immunitas tubuh Anda diperkuat dengan apa? Kalau saya rutin minum Probiotik Murni “INNERIMMUNE”. Produk ini tidak dijual bebas. Hanya untuk kalangan terbatas saja. Jika butuh info lebih lanjut WA 0812-1989-9737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Mari Hadapi Resesi

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:UGM

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.