Friday , October 23 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Cilaka Sendiri

Cilaka Sendiri

Kebanyakan kita adalah pekerja. Sehingga kelahiran uu cilaka itu, berpengaruh langsung kepada kita. Aspek politik praktisnya, biar ditangani pihak-pihak terkait. Kita, fokus kepada hal-hal yang berhubungan dengan pemberdayaan diri pasca lahirnya uu cilaka itu.

Tentu yang paling bahagia adalah para pemuja pak jokowi. Sebentar lagi mereka akan menikmati manfaat uu cilaka hasil kerja keras sang presiden pujaan hati, bersama teman-temannya di kursi legislasi. Sungguh sebuah prestasi, yang patut dihargai.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh mayoritas rakyat Indonesia lainnya? Saya mengajak Anda, untuk berdiri disisi baiknya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kita bagi-bagi tugas saja. Para pemegang amanah yang benar-benar punya sifat amanah; berjuang lewat jalur konstitusi, legislasi ataupun implementasi kebijakan publik.

Mahasiswa dan kaum pekerja, mungkin mimbarnya dijalan dan halaman gedung pemegang kekuasaan yang kehilangan kesetiaan kepada bangsanya sendiri.

Anda, menjalankan peran yang Anda bisa. Sedangkan saya, bagian melihatnya dari perspektif pemberdayaan diri saja. Sebab politik praktis, bukan bidang saya.

Apa yang bisa kita lakukan dalam situasi tidak asyik ini? Survival mode mesti kita hidupkan sekarang. Kalau boleh saya bilang, di jaman cilaka sekarang; kita mesti menari dalam cilaka itu sendiri. Tidak enak, tapi masih hidup. Kita tidak boleh kalah. Apakah kalahnya dengan cara yang mudah. Atau cara susah. Tidak ada opsi kalah. Hal terpentingnya adalah; kita tidak menyerah.

Dalam perspektif pemberdaya diri, kita mesti cilaka sendiri. Maknanya: CIptakan LApangan KerjA sendiri. Kok istilahnya ora nggenah kayak gini? Ya mau gimana lagi? Kita mesti tabah menjalani aroma ketidaknggenahan yang berhembus dari gedung depeer dan istana negara ini. Setidaknya, sampai tiba saat Allah kirimkan para pemegang amanah yang aseli amanahnya. Yang tidak suka berdusta kepada rakyatnya. Sabar saja.

Sikap mental dan daya pikir kita mesti melihat lahirnya uu cilaka ini sebagai momentum untuk meCIptakan LApangan KerjA sendiri. Dengan kata lain, bangkit untuk berdaya diri. Bagaimana caranya? Pertama lihat hal produktif apa yang bisa kita sendiri lakukan. Dan kedua, lihat apa yang bisa kita kolaborasikan dengan orang lain; dengan sesama kita. Sesama rakyat Indonesia.

Bagaimana jika Anda pekerja profesional? Ingatlah selalu bahwa pekerjaan itu; berharga. Walaupun pekerjaan Anda pasti terdampak oleh uu cilaka itu, tapi perlakukanlah dia layaknya sesuatu yang berharga. Anda rawat. Dan Anda jaga. Anda jalani dengan profesionalisme di level paling tinggi.

Tapi Anda tetap mesti berjaga-jaga. Karena undang-undang cilaka hasil kerja keras presiden jokowi dan kroni legislasinya itu menempatkan Anda pada posisi yang mesti waspada.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi burukkah keberadaan uu cilaka itu? Seperti mata uang saja. Ada sisi buruknya. Ada juga sisi baiknya. Maka penting melihat sisi baik itu. Agar kita terdorong untuk berpikir kreatif. Untuk berproduksi. Untuk kuat bertekad dalam menCIptakan LApangan KerjA sendiri. Lalu kita saling berkolaborasi. Dan terus berdoa, agar Allah memberi kita jalan keluar yang adil dari situasi ini.

So, simpelnya; kita mungkin tidak berdaya melawan kesewenang-wenangan orang-orang yang sedang memegang kekuasaan. Tapi, kita mempunyai kekuatan untuk berpikir kreatif. Sehingga jika memang dipaksa untuk menerapkan uu cilaka itu, kita bisa menCIptakan LApangan KerjA sendiri. Yuk, kita mulai.

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni Diperkaya Dengan Propolis. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; hubungi 0812-1989-9737

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Bila Kantor Kita Terdampak Resesi

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:sanaakosirickylee

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.