Friday , October 23 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Bisnis Kecil-Kecilan

Bisnis Kecil-Kecilan

Pandemi tidak selalu berdampak buruk. Ada juga sisi baiknya. Diantaranya adalah; bermunculannya pelaku-pelaku usaha baru. Entah terpaksa atau sukarela, tak jadi soal. Yang jelas sekarang, kebanyakan orang dewasa mulai berpikir; “Bagaimana caranya mendapatkan tambahan penghasilan?” Anda, begitu jugakah? Atau tidak?

Yang jadi persoalan adalah, tidak semua orang menindaklanjuti pikiran itu dengan pelaksanaan. Penyebab utamanya antara lain adalah, karena ide untuk merealisasikannya hanya bisa memberi hasil kecil. Profitnya sedikit. Nggak worthed kalau dijalani. Dapet capeknya dowang. Jadi, ya gajadi buka usahanya.

Maka tak heran kalau begitu banyak orang yang pengeeeeeen banget mau mulai usaha. Tapi gaaaaak jadi jadi. Why? Kita, sering nggak tahan dengan hasilnya yang ‘sedikit’. Padahal. Semua bisnis besar pun dimulai dari bisnis kecil. Semua usaha? Iya. Semua bisnis besar dimulai dari kecil.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Silakan tunjukkan jika ada bisnis yang langsung besar. Mungkin saya belum tau ada yang bisa begitu. Tapi jangan mendongeng tentang bisnis pepes tempe tahu milik anak raja yang konon beromset triliunan itu ya. Bisnis orang biasa saja. Bukannya tidak percaya, tapi kita ini kan orang biasa. Jadi, realistisnya belajar cara bisnis orang biasa saja. Bukan cara anak raja.

Jika Anda berangkat dari status sebagai karyawan atau ibu rumah tangga, maka normalnya mulai bisnis kecil-kecilan saja. Ingat kata ‘mulai’-nya. Dan ingat pula, bahwa dulu; kita lahir dari rahim bunda juga dalam ukuran ‘kecil-kecilan’. Kecil fisik, kecil mental. Lalu kita tumbuh luar dan dalam, hingga menjadi insan dewasa seperti sekarang. Maka bisnis yang kita mulai dari kecil-kecilan itu, insya Allah, kelak bisa membesar juga.

Contohnya. Pocari Sweat. Tentu Anda tahu. Tak perlu saya ceritakan lagi. Tapi tahukah Anda bagaimana awalnya? Saya pernah menyimak kisahnya. Boleh dibilang, awalnya dijajakan secara asongan. Ditawarkan kepada orang-orang. Bahkan dikasih sampelnya pun orang tidak suka dengan rasanya. Sekarang? Produk sejenis bejibun karena besarnya pasar yang sudah terbentuk.

Aqua. Anda tahu? Pastilah. Sejak kuliah saya sudah mempelajari kisah Pak Tirta membangun bisnisnya. Dan dalam karir saya alhamdulillah, Aqua menjadi salah satu klien training dalam rentang waktu yang cukup panjang. Bisa Anda bayangkan sesulit apa jualan air dalam kemasan pada saat-saat awalnya?

So bisnis besar pun dimulai dari bisnis kecil-kecilan. Jadi jangan alergi dengan hasil kecil teman. Mulai saja. Dan jalani saja. Nanti Anda bakal merasakan nikmatnya. Bisnis ini, jika dijalani dengan tulus dan ikhlas; hasilnya kecil menggembirakan, dapatnya banyak menyenangkan. Jadi, ya antara asik dan asyik saja.

Kamu ngomong soal bisnis Dang. Apakah kamu pebisnis juga? Iya. Saya pebisnis. Apa bisnis kamu sudah besar? Masih kecil dong. Makanya saya ngajak Anda supaya berani bisnis kecil-kecilan. Yah, entar deh kalau bisnis kamu sudah besar baru boleh ngongong!. Om, kalau bisnis saya sudah besar; mungkin saya tak lagi mampu mengajak dan mendorong orang lain untuk mulai berbisnis. So, ya now saja.

Oke deh. Jadi mulainya dari mana? Ya mulai saja dari yang bisa Anda lakukan. Karena boleh jadi, ketika memulainya; Anda harus menjalaninya sendirian. Nggak apa-apa. Asal Anda bisa, kan tidak masalah. Dah, itu dulu saja ya. Mulai saja dari yang Anda bisa lakukan. Nanti kita bahas lagi aspek lainnya insya Allah. Sekarang, temukan apa yang bisa Anda lakukan untuk mulai berbisnis. Dan, jalankan. Ok?!

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. WA 0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Apakah Sifat Baik Itu Given?

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni Diperkaya Dengan Propolis. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; hubungi 0812-1989-9737

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Freepik

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.