Friday , October 23 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Integritas Diri Dalam Bisnis

Integritas Diri Dalam Bisnis

Kemarin kita sudah membahas tentang bagaimana dan darimana mulainya untuk berbisnis secara mandiri. Sekarang, kita bahas aspek paling fundamentalnya.

Menurut pendapat Anda, apa aspek paling fundamental dalam berbisnis? Kualitas produk, betul? Bukan. Memahami kebutuhan pelanggan, iya kan? Bukan. Profit? Bukan. Apsek paling fundamental dalam bisnis adalah, integritas diri. Jawabannya beda sama yang biasa diajarkan di sekolah atau kursus bisnis kan?

Loh kok integritas diri? Iya. Mari kita lihat situasinya. Customer understanding, benar ini penting. Makanya ada market riset kan? Salah satu mata kuliah favorit saya pun bertajuk Customer Behavior.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi perhatikan, apa yang akan dilakukan seseorang yang mengerti tentang customer behavior, tapi tidak punya integritas diri? Dia hanya akan mengeksploitasi saja. Bahkan ada juga loh pebisnis yang sengaja menciptakan situasi yang membuat orang jadi butuh banget pada produk dia. Kenapa? Intergitas dirinya buruk.

Sebaliknya, orang yang memiliki integritas diri akan menggunakan pemahamannya atas kondisi dan perilaku pelanggan untuk berpikir tentang solusi demi meningkatkan kualitas hidup pelanggannya. Sama? Beda. Integritas diri menpengaruhi tindakan kita atas pemahaman kita terhadap pelanggan.

Kualitas produk. Benar ini penting. Tapi apa yang dilakukan oleh pebisnis yang tidak punya integritas? Bukankah sering orang menjual produk kawe ngaku ori? Dijualnya dengan harga ori, padahal barangnya kaleng-kaleng. Produsen yang tidak punya integritas, tidak peduli jika bahan bakunya berbahaya atau tidak. Toh tidak ada yang tahu kan?

Orang yang berintegritas, dalam menjalankan bisnisnya pasti akan benar-benar memperhatikan kualitas produknya. Bahan bakunya. Prosesnya. Semuanya. Bagus dibilang bagus. Jelek, diakui jelek lalu dilabeli harga yang pantas. Gak tipu-tipu.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apakah setiap produk yang kualitasnya nggak bagus berarti integritas pelaku usahanya buruk? Bukan begitu. Grade produk itu bertingkat-tingkat. Grade A, B, C, D dan seterusnya. Masing-masing ada harga yang pantas. Barang grade B diklaim grade A, jelas bermasalah. Tapi kalau kita baru bisa memproduksi barang grade B, misalnya. Gak apa-apa. Tapi fair dalam komunikasinya, dan fair juga dalam pricingnya.

Profit juga sama. Orang bisnis pasti cari profit. Wajarlah itu kan. Tapi beda caranya. Buat para pebisnis tanpa integritas diri, yang penting profit. Soal bisnisnya merusak lingkungan, gak urusan. Hak orang lain, sikat aja. Kepentingan karyawan, tinggal main mata dengan pembuat kebijakan. Menyerobot lahan masyarakat? Tinggal bayar aparat. Beda dengan orang yang memiliki integritas diri. Dalam berbisnis, mereka mendapatkan profit lewat pengejawantahan tujuannya yang tulus untuk memberi manfaat kepada sesama.

Integritas diri mendasari semua aspek dalam bisnis. Mau bisnis kecil ataupun besar. Anda tentu ingat kasus Enron dan Lehman Brothers. Raksasa industri dunia itu runtuh karena persoalan integritas kan. Jadi jika hendak belajar berbisnis. Setelah menentukan bisnis di bidang yang kita bisa lakukan, maka berikutnya adalah tegakkan integritas diri. Dari integritas diri itu kualitas produk dijamin, kepentingan pelanggan dilindungi.

Bila manfaat dan kepentingan buat pelanggan yang jadi prioritas utama, bagaimana kita dapat profit? Tak akan Allah biarkan orang jujur rugi. Karena bisnis yang didasari dengan integritas diri, akan dibimbing Allah; untuk menuju arah yang sesuai dengan kadarnya. Tentu, kadarnya itu ditentukan juga oleh keterampilannya, pengalamannya, strateginya dan hal-hal teknis lainnya. Tapi lebih dari itu, seluruh proses bisnisnya didasari dengan kesadaran bahwa Allah; melihat usahanya. Jadi selain lancar, bisnisnya juga bakal berkah Insya Allah.

Ok. Than what nextnya? Tinggal start saja kan ya? Awali dengan bismillah. Walaa haula. Walaa Quwwata. Illaa Billaah…. Selamat memulai berbisnis.

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni Diperkaya Dengan Propolis. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; hubungi 0812-1989-9737

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Bisnis Kecil-Kecilan

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. WA 0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:People Matters

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.