Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Efektivitas Kerja Saat WFH

Efektivitas Kerja Saat WFH

Leaders, bagaimana memastikan karyawan bekerja secara optimal saat WFH? Jika dimasa WFO saja kadang menjadi persoalan, cemana lagi dimasa WFH kan ya?

Kepemimpinan berjalan dengan baik hanya jika terbangun trust alias kepercayaan. Sifatnya mesti 2 arah. Pemimpin percaya kepada staffnya, dan para staf percaya kepada pemimpinnya. Jika salah satu tidak memiliki kepercayaan itu, maka proses kepemimpinan tidak mungkin berjalan dengan baik.

Dulu, kurangnya kepercayaan bisa dikompensasi dengan pengawasan. Awasi saja secara ketat. Beres. Tentu bukan cara memimpin yang baik. Tapi bagi sebagian pimpinan, cara itu masih menjadi andalan.

Sekarang? Pengawasan tidak semudah itu lagi. Kita, belum punya surveilance technology yang bisa mengawasi gerak-gerik manusia detik demi detiknya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Sebetulnya, bagi atasan dan bawahan yang sudah memiliki trusted behavior; WFH tidak jadi masalah. Atasan, tidak perlu khawatir trusted subordinatenya menyalahgunakan wfhnya. Bawahan, tidak khawatir trusted superiornya mengkhianatinya. Prinsip do your part i do mine tetap berjalan dengan baik. Sekarang, suka atau tidak; kepercayaan itu harus diberikan.

Pola kerja ini memang baru buat kita. Maka cara memimpin dengan pola baru pun perlu kita pelajari dan kembangkan lagi. Tapi setidaknya ada hal-hal mendasar yang sudah bisa kita terapkan. Misalnya, membuat komitmen penyelesaian penugasan.

Jadi, hal terpenting sekarang bukanlah ‘berapa lama karyawan bekerja’. Dalam WFO kan umumnya jam 8 sampai jam 5. Yang relevan sekarang adalah; apa dan seberapa banyak yang karyawan kontribusikan buat perusahaan. Jadi fokusnya bukan lagi appearance, melainkan performance. Itu pertama, bangun komitmen penyelesaian penugasan.

Kedua, instruksi dan ekspektasi yang spesifik. Dimasa WFO saja banyak instruksi yang keliru dipahami. Atasan sering bolak balik menjelaskan dan mengecek progress and feedback. Dimasa WFH, lebih lagi. Maka sangat penting untuk membuat instruksi dan ekspektasinya sejelas mungkin. Sehingga anak buah bisa menyelesaikan penugasan dengan hasil yang memuaskan.

Ada hal lainnya lagi? Tentu. Tapi sementara ini cukup 2 itu saja dulu ya. Biar nggak kepanjangan. Oya, dalam masa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. wa.me/0812-1989-9737.. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Jangan Dimasukkin Kedalam Hati

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke 0812-1989-9737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; hubungi 0812-1989-9737.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/0812-1989-9737

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:PR Week

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.