Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Tiga Cara Mengelola Krisis

Tiga Cara Mengelola Krisis

Manusia sudah berulang kali mengalami krisis. Dan krisis, punya beragam bentuk maupun lingkupnya. Krisis global. Krisis nasional. Krisis korporasi. Krisis family. Krisis pribadi. Krisis kombinasi.

Jika manusia selalu berhadapan dengan krisis, maka kemampuan mengelola krisis menjadi hal yang sangat kritis. Siapa yang bisa mengelola krisis, dia tidak disakiti krisis. Pertanyaannya adalah; bagaimana cara paling baik dalam mengelola kriris?

Silakan ajukan pertanyaan itu kepada crisis management expert yang mumpuni. Anda, pasti mendapatkan jawaban seperti ini; the best way to manage a crisis is… preventing the crisis not to happend. Jadi. Cara terbaik mengelola krisis adalah; mencegah agar krisis itu tidak terjadi.

Dulu, ada pepatah mengatakan; mencegah, lebih baik daripada mengobati. Tak perlu saya ulas lagi. Sudah paham semua soal ini. Tapi lucunya, kita sering tidak bersungguh-sungguh dalam mencegah suatu krisis agar tidak terjadi. Buktinya, sering nyantai diawal. Kalangkabut kemudian.

Di level negara tertentu, sering terjadi kebijakan tambal sulam. Asal teken, ralat kemudian. Plus sikap pemimpinnya yang suka kabur-kaburan ke peternakan. Para pembantunya pun pada asal ngomong. Bahkan tak jarang saling tuding. Gambaran buruknya kemampuan crisis management.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Di level korporasi. Kita lihat banyak perusahaan yang rontok akibat pandemi. Tak berdaya. Tak bisa berbuat apa-apa.

Di level individu? Variatif. Karena setiap individu bertindak atas kapasitasnya sendiri-sendiri. Tapi, minimal kita paham bahwa the best way to manage a crisis is to mencegahnya agar jangan sampai terjadi.

Contoh paling gampangnya begini, jika pandemi ini krisis. Maka sejauh mana negara punya strategi agar penyakit ini tidak meluas. Sejauh mana perusahaan mengantisipasi terhentinya proses produksi. Dan, sejauh mana Anda bertindak agar jangan sampai terinfeksi?

Tak sedikit orang yang sombong, tak peduli dan cuek bebek. Tapi begitu terinfeksi, mewek. Kapan sadar bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Please, ikuti protokol yang wajar tak berlebihan. Dan perkuat imunitas tubuh. Kalau saya, dengan Innerimmune. Anda boleh pakai cara lain.

Cara kedua dalam menghadapi krisis adalah; being well prepared for unexpected events. Bersiap-siap untuk menghadapi hal tak terduga. Kenapa ini penting? Karena tidak semua hal bisa kita cegah. Walaupun sudah berusaha sekuat tenaga melakukannya.

Contoh. Bagaimana Anda bisa mencegah interaksi dengan covid? Wong dengan nyamuk saja kita tak berdaya kok. Padahal nyamuk itu kelihatan. Bisa disemprot. Bisa digaplok. Lah virus? Gak bisa. So be prepared kalau sesuatu yang buruk terjadi.

Lihat misalnya ditengah krisis ini ada perusahaan yang menolak menyerah. Mereka terus berjuang. Kemudian menggeliat bangkit meski harus mengubah model bisnisnya. Jualan di pinggir jalan juga hayu. Gak perlu gengsi. Bisnis jalan terus meski kata orang jadi kurang keren.

Inti dari cara kedua ini adalah ‘bikin sekoci’. Saya sendiri kalangkabut akibat pandemi ini. Alhamdulillah, ada cadangan sekoci untuk menyelamatkan diri. Bukan cadangan tabungan ya. Cadangan sekoci.

Sekoci ini, disiapkan jauh sebelum adanya pandemi. Walaupun tidak diperuntukkan menghadapi pandemi. Karena tak seorang pun menduga itu bakal terjadi. Tapi berkat adanya sekoci itu, lumayan; bisa sedikit bertahan. Kalau keadaan memburuk, minimal masih bisa makan. Ingat, sekoci. Bukan tabungan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Cara ketiga. Find a clear way to escspe from the trap. Eh, kok escape from the trap, bukan form the crisis itself? Iya. Karena, yang berbahaya dari sebuah krisis bukanlah krisisnya. Tapi kita terjebak didalamnya.

Contoh. Krisis itu mengurangi pendapatan tidak? Memang. Makanya banyak orang yang terjebak dalam pikiran bahwa pendapatan bakal berkurang akibat krisis ini. Tapi orang yang tepat menyikapinya tidak terjebak disitu. Dia, mencari atau membuat sumber pendapatan baru.

Contoh. Pendapatan utama saya tergerus akibat pandemi. Tapi saya punya sumber pendapatan baru dari Innerimmune, Promouth, dan Probiskin. Walaupun belum bisa mengkompensasi kehilangan dari yang utama, tapi bisa menjadi jaring pengaman ekonomi keluarga.

Krisis mungkin akan terus datang silih berganti. Tapi. Selama kita memiliki kemampuan untuk mengelolanya, hidup kita; akan tetap baik-baik saja kan ya. Insya Allah.

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Manfaat – Berhenti Setengah Jalan

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/6281219899737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.