Saturday , December 5 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Fakta Yang Relevan

Fakta Yang Relevan

Salah satu ciri pribadi yang kredibel adalah berbicara berdasarkan fakta. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak semua fakta layak untuk kita jadikan sebagai landasan dalam bertindak? Hanya fakta yang relevan saja yang berguna buat hidup kita.

Contoh. Andai Anda disodori soal UTS berikut ini, apa jawaban Anda? Begini bunyi soalnya: Fakta yang relevan tentang pandemi covid-19 adalah….
A. Pandemi pertama yang dialami manusia
B. Menimbulkan kematian
C. Dapat menular dari orang ke orang
D. Mempercepat penerapan konsep internet of things (IoT)

Mari kita analisis opsi jawabannya. Opsi A, bukan fakta. Karena, sebelum pandemi covid ini manusia sudah mengalami beberapa kali pandemi. Salah satu yang terkenal adalah pandemi flu spanyol lebih dari 100 tahun lalu. A, bukan fakta.

B, adalah fakta. Ada bukti otentik yang menunjukkan hubungan antara kematian pasien dengan virus covid19. Jadi jawaban yang benar adalah B ya? Tunggu dulu. Mari kita lihat opsi C dulu.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

C, juga fakta. Ada bukti meyakinkan bahwa virus ini menular dari manusia ke manusia. Siapa yang menularkan? Pasien covid atau orang tanpa gejala. Siapa yang tertular? Orang yang ketika terpapar virus itu, kondisi imunitas tubuhnya sedang lemah. Kalau imunitas tubuhnya kuwat, virus tidak bisa menginfeksi. Jadi jawabannya B atau C? Dua-duanya fakta. Tapi mana jawaban yang relevan? Mbingungi. Mari kita lihat opsi D dulu.

D itu, fakta atau bukan? Saya kasih clue-nya. Sejak sekitar 7 tahun lalu, saya bersama para pakar disrupsi yang mengisyaratkan kalangan kampus agar segera membangun kompetensi dan kapasitas dalam penyelenggaraan online education. Apa yang terjadi? Mereka cuwek bebek. Apa-apaan online study?!

Hari ini, semua mahasiswa tinggal di rumah. Dan semua dosen, mengajar tidak lagi dari ruang kuliah. Bagaimana itu terjadi? Karena mereka sadar pentingnya online study, betul? Tidak betul. Mereka, dipaksa oleh pandemi.

Sudah bertahun-tahun juga kami menyerukan industri untuk mulai membangun kompetensi dengan business model yang berbeda. Tapi dimata para pemain utama dunia usaha dan otoritas negara, itu merupakan sebuah kekonyolan. Makanya mereka terus sibuk dengan pola lamanya. Mereka malah makin rajin membangun mal-mal serta pusat perbelanjaan, juga gedung-gedung perkantoran, bandara, jalan tol, dan infrastruktur fisik lainnya.

Hari ini, Anda menyaksikan betapa banyak perusahaan yang lumpuh. Karena model bisnis lamanya tidak bisa berjalan. Berapa banyak gedung pencakar langit jadi sarang laba-laba. Mal-mal hanya jadi rumah hantu. Berapa banyak pula bandara bernilai triliunan yang hanya jadi spot foto preweding doang. What a hyuuuuuge waste.

Diantara mereka ada yang menolak menyerah. Tapi tentu babak belur. Karena tak memiliki kesiapan yang dibangun dan direncanakan. Sehingga mereka harus tertatih-tatih dengan business model baru yang belum dikuasainya.

Jadi dari clue yang saya tunjukkan, jawaban mana yang paling relevan untuk soal diatas? A, bukan fakta. Jadi A bukan jawaban yang tepat. B dan C, adalah fakta. Tapi kedua fakta itu tidak relevan. Yang D itu, fakta. Dan fakta itu, relevan dengan hidup kita.

Internet of everything adalah sebuah keniscayaan yang dinafikan oleh banyak kalangan. Kami percaya bahwa era itu bakal terjadi. Tapi kami tidak menyangka akan secepat ini terjadinya. Pandemi, berhasil memaksa manusia untuk menerima kenyataan bahwa dunia sudah berubah.

Jadi, hendaknya tidak bereaksi secara berlebihan terhadap pandemi ini. Wajar saja bereaksinya. Pahami bahwa pandemi ini bukan kutukan untuk membuat kita mati kutu. Bukan bencana pemusnah manusia. Bukan akhir segalanya. Pandemi ini, adalah momentum untuk mempercepat peralihan dari cara hidup yang serba manual menuju tatanan kehidupan baru yang memungkinkan kita untuk menjalani kehidupan pribadi maupun cara berbisnis yang lebih baik.

Belajarlah untuk menyadari bahwa, pandemia ini tidak bisa menyakiti Anda. Selama Anda menjaga imunitas tubuh Anda tetap prima. Perkuat imunitas tubuh Anda. Dan beradaptasilah dengan perubahan yang tengah terjadi. Insya Allah, kita akan berselancar diatas gelombang perubahan itu. Dengan ijin Allah ta’ala. Aamiin….

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Tiga Cara Mengelola Krisis

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/6281219899737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:ISHN

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.