Friday , March 29 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Menyikapi Konflik Di Kantor

Menyikapi Konflik Di Kantor

Kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dikantor daripada dengan keluarga di rumah. Sekitar 8 jam sehari kan ya? Maka suasana dan hubungan kerja, seharusnya dibikin seasyik mungkin.

Tapi salah satu problem pada banyak perusahaan yang saya temukan adalah; konflik yang timbul dari persoalan interpersonal antar karyawan. Tak jarang konflik itu berlangsung bertahun-tahun. Sehingga dampaknya terus berlangsung dan berkepanjangan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kita tidak selalu bisa menyelesaikan konflik orang lain. Tapi, kita selalu bisa menghindari konflik serupa. Atau, segera keluar dari konflik semacam itu. Bagaimana caranya?

Pertama. Bekerja itu soal pahala. Menurut tuntunan teladan kita Rasulullah; bekerja itu adalah ibadah. Bukan semata-mata untuk mencari nafkah. Jadi, membiarkan diri larut dalam konflik dikantor; identik dengan menodai ibadah kita. So, let it go. Berhentilah berkonflik. Agar pahala ibadah kita lewat bekerja; sempurna.

Kedua. Konflik ini melibatkan ego. Dan untuk urusan ego, penyelesaiannya 100% berada dalam kendali kita. Sebuah pertandingan panco, hanya bakal seru kalau kedua belah pihak bersikukuh untuk menumbangkan pihak lainnya. Konflik dikantor akan makin seru kalau kedua belah pihak saling meladeni. Maka cara yang efektif untuk mengakhiri konflik dikantor adalah; menyediakan energi sebanyak NOL Kilo Joule untuk meladeni.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pertempuran kita, sesungguhnya adalah antara kita dengan ego kita. Bukan dengan teman kantor kita. Ego kitalah yang mendorong kita untuk ‘memberi orang itu pelajaran’. Dan ego kitalah yang membuat diri ‘terus bertempur pantang mundur’. Jika kita bisa menundukkan ego. Maka, akan kita temukan bahwa kelezatan dalam bekerja; bukanlah mengalahkan lawan konflik kita. Melainkan ketika kita meraih pencapaian tertinggi, melalui penggunaan seluruh energi yang kita miliki. Untuk berprestasi.

So. Jika ada teman kantor yang menyeret Anda kedalam konflik. Sebelum meladeninya, ingatlah bahwa bekerja; adalah ibadah yang patut kita jaga agar tidak ternoda. Dan energi kita, adalah aset berharga yang kita gunakan untuk meraih pencapaian tinggi untuk menjadikan kita profesional handal penuh prestasi.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Menyikapi Tukang Minta Gratisan

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:insperity

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.