Friday , February 26 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Bisnis and Finance / Memperluas Jangkauan Penjualan

Memperluas Jangkauan Penjualan

Masa WFH ini merupakan momentum yang bagus untuk belajar memperoleh pendapatan diluar gaji rutin. Selain banyak waktu luang, kita juga tidak tahu resiko ekonomi apa yang kita hadapi kedepannya kan. Makanya akhir-akhir ini saya sering membahas topik UKM. Mari lanjutkan.

Kita sudah menjual produk yang kita buat. Tapi, kayaknya, hasilnya cuman segitu-gitu aja. Belum bisa dapat laba yang cukup buat menutupi kebutuhan rumah tangga. Gimana dong? Jangan patah semangat. Kita bahas yuk.

Begini. Karakter ukm pemula seperti kita, cenderung menjual produk hanya kepada orang-orang di lingkaran kita sendiri saja. Wajar. Karena kita kan nggak punya tenaga pemasaran khusus seperti halnya perusahaan yang sudah eksis. Nah. Tugas kita selanjutnya adalah memperluas jangkauan penjualan produk kita. Inilah kuncinya.

Sebagian pedagang, melakukannya dengan cara mengirim pesan spam. Maksud spam itu, menawarkan langsung ke nomor hape atau email seseorang. Anda, hindari yang seperti ini. Bahkan kepada teman dekat Anda sekalipun. Boleh jadi dia beli, tapi bukan karena butuh. Melainkan karena gerah aja dengan spam Anda. Atau sungkan. Atau ingin Anda berhenti nyepam. Dia beli sekali. And then, bye bye forever. Padahal, yang kita butuhkan adalah pelanggan yang loyal. Yang terus repeat order karena merasakan manfaatnya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

“Kalau cara itu tidak bagus, lalu gimana dong solusinya?” Salah satu cara yang baik dan efektif adalah membangun kemitraan dengan orang lain. Supaya mereka memperkenalkan produk kita kepada orang-orang di lingkaran pergaulannya. Anda, tidak bisa menjangkaunya. Tapi mitra Anda, bisa. Mirip seperti buka cabang kan artinya.

Lalu, kenapa banyak pedagang enggan bermitra? Utamanya karena enggan berbagi keuntungan. Kalau dijual sendiri harganya 100 ribu, untung 25 ribu misalnya. Kalau dijual lewat mitra, mesti kasih komisi 10 sampai 15 persen. Untung kita cuman 10 ribu aja dong. Nah. Inilah pola pikir yang menghambat penyebaran produk kita.

Mari ubah pola pikir itu. Misalkan, setelah ngutak-ngatik kenalan di lingkaran pergaulan; Anda bisa jual sendiri rata-rata 3 unit. Untungnya 3x25ribu jadi 75ribu. Sudah poll tuch. Nggak bisa dapat lebih dari itu karena hanya segitu kapasitas optimalnya. Gimana caranya supaya bisa dapat akumulasi laba 200ribu buat resiko dapur harian Anda? Misal loh ya.

Dilakukan sendiri jelas tidak bisa. Karena dengan terbatasnya lingkaran pergaulan Anda, otomatis tidak tercapai kan? Tapi kalau rela berbagi keuntungan, peluang itu jadi terbuka. Sangat mungkin untuk mencapainya.

“Tapi kalau harus berbagai laba, ya rugi dong?!” Lah, rugi begimane? Laba berkurang, iya. Rugi, tidak. Itu logika sederhana. Anda tentukan saja. Mau dapat 200 dengan berbagi laba pada orang lain, atau ngekepin laba full sendirian dengan total keuntungan hanya 75? Logis kan ya.

“Teori sih gampang dang. Prakteknya nggak semudah itu!” Nah. Cara saya dagang INNERIMMUNE ya begitu. Dengan cara itu, maka saya mendapatkan nilai penjualan yang jauh lebih tinggi dari yang bisa saya usahakan sendiri. Dan labanya? Lebih banyak jika dihitung secara akumulasi. Alhamdulillah, kebutuhan dapur harian keluarga saya; terpenuhi dari dagang Innerimmune. Yang dijalankan bersama mitra-mitra saya. Dengan prinsip berbagi keuntungan.

“Aku sih nyantai aja Dang. Nggak ngoyo. Jual sendiri ajalah. Lagian, kebutuhan hidup keluargaku sudah tercukupi kok”. Cool. Alhamdulillah. Jika demikian berarti Anda dagang bukan karena kepepet ya.

Ijinkan saya mengajak Anda untuk membayangkan. Bagaimana seandainya manfaat yang ada dalam produk Anda itu dirasakan oleh 1 orang lagi? Bukankah itu menjadi kebaikan bagi dia? Dan bukankah itu bisa menjadi pahala bagi Anda?

Dalam case Innerimmune misalnya. Kemampuan produksi kami sangat terbatas sekali. Sampai pernah harus saya bilang; maaf stoknya baru ada besok. Tapi, saya selalu ingin minimal ada 1 orang baru yang merasakan manfaat penguatan imunitas tubuhnya lewat Innerimmune. Bukan hanya karena adanya pandemi aja loh. Kan imunitas tubuh tidak hanya sekedar urusan dengan korona. Kita butuh imunitas tubuh yang tangguh disepanjang perjalanan hidup kita. Maka dagang Innerimmune bukan lagi sekedar soal mencari nafkah. Ini menjadi bagian dari niat ibadah.

Oya, selama pandemi ini bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Bagaimana seandainya produk Anda yang bagus itu bisa memberi manfaat kepada 1 orang lagi pekan depan? Anda nggak butuh tambahan penghasilannya. Tapi ada reward berupa pahala atas manfaat yang Anda sediakan buat orang lain. Dan, jika orang itu berada diluar lingkaran pergaulan Anda; maka Anda membutuhkan mitra untuk mengabarkan manfaat yang bisa didapatkan dari produk yang Anda sediakan.

Begitulah cara yang bisa kita terapkan untuk memperluas jangkauan penjualan produk kita. Silakan dicoba deh. Dan rasakan manfaatnya.

NB: Bila Anda mengalami batuk membandel yang tidak sembuh dengan berbagai macam obat, Anda boleh coba RED-A-COUGH remedi racikan kami. Khusus diracik hanya jika ada permintaan saja. Tinggal kabari wa.me/62812-1989-9737. Insya Allah kami racik khusus buat Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Tak Akan Seperti Dulu Lagi

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/6281219899737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Agencia digital

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.