Sunday , June 20 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Kepada Siapa Meminta Keringanan?

Kepada Siapa Meminta Keringanan?

Ada kalanya kita berada pada situasi yang sangat berat. Maka kita butuh keringanan. Misalnya, di awal semester baru perkuliahan seperti saat ini. Dimana situasi ekonomi keluarga terdampak oleh pandemi. Kalau ada keringanan, bebannya bisa berkurang secara signifikan.

Saya, sangat membutuhkan keringanan. Sebab, lumayan sering berhadapan dengan situasi yang berat. Maka, salah satu favorit saya adalah; meminta keringanan. Nggak apa-apalah. Nggak perlu malu memintanya. Dan nggak perlu malu mendeklarasikannya. Karena keadaannya demikian. Masalahnya, kepada siapa kita meminta keringanan? Mesti ditujukan kepada pihak yang tepat.

Diantara permintaan keringanan favorit saya adalah ini; “Ya Allah, tolong ringankan bagi saya sholat subuh di masjid.” Atau, ya Allah. Ringankanlah hati saya untuk menerima keputusanmu. Atau. Ya Allah, Ringankanlah persoalan yang saya hadapi. Semacam itulah kira-kira.

Kalau meminta keringanan uang kuliah ke kampus, kita mesti agak merem. Karena, sebetulnya malu juga melakukannya. Soalnya, gimana ya. Itu menjatuhkan reputasi kita juga kan. Bayangkan kalau sampai teman kita tahu. Padahal dihadapan mereka, kita selalu tampil ‘menawan’. Jadi, tak bisa dipungkiri bila ada ganjalan di hati. Tapi karena butuh keringanan itu, ya apa boleh buat kan. Kuncinya ini; jika kita tidak suka membuka aib orang lain, maka Allah akan menutupi aib-aib kita. Dalam hadits, Rasulullah bersabda demikian. Jangan suka membuka aib orang lain. Maka Allah akan menutupi aib-aib kalian.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi kalau meminta keringanan kepada Allah, nggak perlu malu atau menyembunyikan sesuatu. Sebab, pertama; Allah itu Maha Tahu. Semua hal tentang kita, Dia sudah tahu kan. Kedua, Allah Maha Pengasih. Sehingga keringanan yang kita minta, pasti Dia kasih. Dan cara Allah mengabulkan permintaan keringanan itu unik. Kalau kita minta keringanan uang kuliah ke kampus, biasanya kampus memberi diskon. Misalnya dari 8 juta didiskon jadi 5 juta. Kan, beban ekonominya berkurang.

Namun cara Allah memberi keringanannya, beda. Bila kita bilang; “Ya Allah, ringankanlah uang kuliah anak saya”. Bisa jadi cara Allah meringankannya bukan dengan mendiskonnya. Melainkan dengan memberi rezeki senilai itu, sehingga kita masih bisa tegak kepala dihadapan manusia. Kita bayar sesuai standarnya. Bukan karena kaya. Tapi, Allah kasih rezeki untuk membayarnya. Jadi ringan kan? Allah mengabulkan, bila kita; meminta keringanan kepadanya.

Maka kalau kita bilang: “Ya Allah, ringankanlah bagi saya sholat subuh di masjid.” Allah meringankannya bukan dengan cara mengurangi jumlah rakaat atau memindahkan masjid ke halaman rumah kita. Melainkan dengan melapangkan hati, menyehatkan fisik, dan mengokohkan tekad. Agar sanggup bangun subuh-subuh. Lalu bersih-bersih. Kemudian melangkahkan kaki menuju masjid. Dia menjadikan perjalanan menuju ke masjid untuk sholat subuh terasa ringan buat kita.

So, untuk segala sesuatu yang terasa berat bagi kita. Selalu ada pintu yang bisa kita ketuk. Untuk meminta keringanan atasnya. Jika permintaan itu disampaikan kepada pihak yang tepat, pasti akan dikabulkan. Dan nama baik kita, tetap terjaga. Insya Allah.

Selamat Hari Jumat Sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Kehidupan Dan Kematian

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/62812-1989-9737.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Griya Al-Quran

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.