Sunday , April 11 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Beda Antara Ilmu Dengan Hikmah

Beda Antara Ilmu Dengan Hikmah

Kita sering melihat, orang yang banyak ilmu; akhlaknya buruk. Banyak juga orang berilmu yang tidak menjadi maslahat buat masyarakat. Dengan ilmunya yang tinggi, bukan menjadi sumber solusi. Malah menjadi penambah masalah. Kenapa?

Karena ilmu yang dimilikinya, tidak disertai dengan hikmah. Padahal dengan hikmah ini, bahkan orang yang ilmunya terbatas pun bisa menjadi manusia yang sangat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya.

Di kalangan para pencari ilmu, ada peribahasa “Ilmu Padi”. Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin rendah hati. Tapi kenapa banyak orang berilmu malah semakin tinggi hati?

Para perindu hikmah memahami bahwa padi yang berbuah, tidak semuanya merunduk. Banyak yang tetap tegak walau pun buahnya banyak. Karena bulir padinya kopong. Kosong melompong. Demikianlah nasib ilmu tanpa hikmah. Kopong. Pemiliknya, punya banyak. Tapi hanya sebatas kebanggaan atas gelar dan ijazah yang tak jarang kemudian mendorongnya kedalam sifat sombong dan songong.

Kalau para pencari ilmu sibuk menambah ilmunya melalui buku atau menimba dari para guru di berbagai perguruan dan padepokan. Maka para perindu hikmah, tidak terobsesi dengan memperbanyak ilmu seperti itu. Mereka, memilih menyiapkan diri untuk menyerap hikmah dari ilmu itu sendiri.

Mereka bukan mencari banyak padi. Melainkan memberi nilai kepada padi yang dimilikinya dengan bobot dan isi. Maka jadilah dia padi yang merunduk bukan karena memiliki lebih banyak ilmu dari orang lain. Melainkan karena hikmah dari ilmu itu sendiri. Dari kesadaran bahwa; banyak ilmu tanpa hikmah, laksana padi yang berbulir lebat tapi kopong.

Lalu bagaimana cara mendapat hikmah itu? Guru saya, seseorang yang tidak terkenal. Dan tidak tampil di ruang publik. Beliau menjelaskan bahwa ilmu itu pasti akan didapatkan oleh orang yang mau mencarinya. Tapi hikmah, diberikan oleh Allah hanya kepada orang yang dipilihnya. Ilmu itu bisa dicari. Hikmah itu, mutlak pemberian ilahi.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lantas bagaimana caranya supaya kita dipilih Allah untuk diberinya hikmah? Beliau mengatakan bahwa; jika Allah menghendaki untuk memberi hikmah kepada seseorang, maka Allah meletakkan hikmah itu pada 3 tempat.

Pertama, akalnya. Sederhananya begini. Bila Allah hendak memberikan hikmah kepada seseorang, maka Allah mudahkan akal orang itu untuk menemukan hikmah dari setiap peristiwa yang dialaminya. Baik peristiwa yang menyenangkan hatinya. Maupun peristiwa yang tidak disukainya. Maka orang yang diberi hikmah; akan sanggup menyikapi peristiwa apapun dalam hidupnya dengan cara yang disukai Allah. Kalau mengalami peristiwa baik dia semakin dekat kepada Allah. Kalau mengalami peristiwa buruk, dia semakin lengket dengan Allah.

Kedua, qalbunya. Simpelnya begini. Bila Allah hendak memberikan hikmah kepada seseorang, maka Allah mudahkan hatinya untuk menerima ‘cahaya’ yang Allah pancarkan. Bila lewat akal, hikmah masih harus diusahakan; dipikirkan. Atau direnungkan. Tapi bila lewat qalbu, hikmah diberikan oleh Allah tanpa perlu usaha apapun selain menerimanya saja. Dan, dengan cara inilah sebagian besar hikmah Allah berikan. Allah pilih orangnya, lalu Allah berikan hikmahnya. Suka-suka Allah saja.

Ketiga, tindakannya. Gampangnya begini. Bila Allah hendak memberikan hikmah kepada seseorang, maka Allah bimbing orang itu untuk bertindak dan berperilaku sedemikian indahnya sehingga kahadirannya menjadi manfaat bagi mahluk Allah yang lainnya. Dia, akan menjadi sebaik-baik manusia dalam akhlak dan tindakannya.

Hikmah inilah yang menentukan; Apakah ilmu akan menjadi manfaat atau madhorot. Maka selain gigih dalam mencari ilmu, hendaknya rindukanlah pula hikmah dari Allah. Agar dibimbingNya kita, untuk mendapatkan bukan sekedar ilmu yang banyak. Melainkan ‘ilman naafi’an. Yaitu ilmu, yang seperti padi yang berisi. Ilmu, yang menjadi manfaat bagi diri dan lingkungannya. Itulah ilmu, yang disertai dengan hikmah.

Selamat Hari Jumat Sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Hikmah

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/62812-1989-9737.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:inilahkoran

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.