Monday , September 27 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Andai Anda…..

Andai Anda…..

Andai. Andai Anda hanya punya uang untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 6 bulan kedepan. Dan, sumber mata pencaharian utama Anda selama ini terhenti karena pandemi. Apa yang akan Anda lakukan dengan uang itu?

A. Disimpan dan dihemat-hemat pemakaiannya supaya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga setahun.

Atau

B. Diputerin sebagian buat modal usaha

Kedua pilihan itu sama-sama benar ya. Toh itu uang Anda. Terserah Anda mau digunakan buat apa atau bagaimana cara menggunakannya. Jadi apapun pilihan Anda, oke saja.

Sekarang kita akan berhitung mana yang paling baik dari kedua pilihan itu. A itu aman. Nyaris gak ada resikonya. Bakal bisa kita pakai uangnya sampai habis. Kecuali kalau dicuri orang atau kertasnya dimakan rayap kan? Tapi what if setelah uang itu habis kita belum mendapatkan sumber nafkah penggantinya? Layak untuk dipikirkan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

B itu, beresiko. Duwit segitu-gitunya diputer. Sekali gagal, langsung kelaut. Tapi what if setelah diputer itu ternyata Anda jadi punya usaha baru yang walapun hasilnya tidak segede pendapatan sebelum pandemi namun mengalir terus sehingga kebutuhan hidup harian bisa dipenuhi dari laba yang didapat tanpa mengurangi modal yang diputer? Layak untuk direnungkan.

A atau B? Tentu butuh pertimbangan yang matang. Masing-masing ada plus dan minusnya. Hanya saja, pada pilihan B itu tersimpan sikap aktif sedangkan opsi A terkesan pasif. Dimasa ketika segala sesuatunya baik-baik aja, ya mendingan pasif dong ya. Dengan usaha yang sedikit, hasilnya lumayan.

Namun ketika keadaan sedang ‘tidak seperti biasanya’ seperti dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini, maka mengambil sikap proaktif lebih berpeluang untuk memberi akhir yang lebih menggembirakan.

Remember, bila kita sepakat soal kondisi new normal. Maka cara kita bersikap dan bertindak pun mesti new juga kan. Bila dimasa lalu dengan nungguin datangnya tanggal 25 pun rekening kita otomatis terisi lagi, mungkin mesti segera nyadar bahwa akan tiba saat dimana tgl 25nya tetap tiba tapi angka di buku tabungan tidak lagi bertambah. Dan remember juga bahwa, cepat atau lambat; saat itu akan tiba.

Untungnya, ini kan hanya sekedar berandai-andai saja ya. Andai apa tadi? Andai Anda hanya punya uang untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 6 bulan kedepan. Dan, sumber mata pencaharian utama Anda selama ini terhenti karena pandemi. Apa yang akan Anda lakukan dengan uang itu?

Anda kan tidak mengalami situasi seburuk itu ya? Nah. Bila kondisi Anda jauh lebih baik dari itu, maka mestinya tidak ada halangan lagi untuk mengambil pilihan B kan? Kayaknya belum terlambat kalau kita memulainya sekarang kan ya? Ayo kalau begitu.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Siagakan 5 Hal Ini Bila Harus Bertempur

NB. Sekarang kita tahu bahwa vaksin saja ternyata tidak cukup. Tubuh butuh perlindungan berlapis untuk menghadapi pandemi. Kalau Anda punya waktu luang, lakukan 2 hal ini. Pertama, tanyakan kepada dokter Anda; “Adakah cara yang lebih rasional untuk menghadapi pandemi ini selain meningkatkan imunitas tubuh?”. Kedua, cari info di google dengan menggunakan key word “The role of probiotics in immune system”. Sekarang Anda paham, mengapa saya pribadi minum INNERIMMUNE setiap hari. Jika Anda mau; wa.me/+6281219899737.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/+6281219899737.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Clipart Library

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.