Tuesday , January 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / ADAPTING TO CHANGE (In-house Training)

ADAPTING TO CHANGE (In-house Training)

Dalam pengamatan saya, banyak perusahaan yang mengalami kendala ketika mengimplementasikan rencana proses perubahan – Apakah perubahan itu terkait akuisisi, penerapan kebijakan, atau perubahan proses bisnis – karena kurangnya dukungan dari karyawan. Meskipun diatas kertas rencana perubahan sudah dibuat sedemikian baiknya, namun tanpa dukungan penuh dari karyawan rancangan perubahan itu tidak akan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Jika perusahaan Anda sedang mencanangkan adanya perubahan, kami merekomendasikan program pelatihan “Adapting To Change“ yang kami rancang untuk membuka kesadaran karyawan agar bersedia mengikuti proses perubahan yang dicanangkan perusahaan. Standard program 1 hari, bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

Perubahan selalu terjadi di perusahaan manapun yang menginginkan masa pertumbuhan bisnisnya secara berkelanjutan. Tantangannya adalah: bagaimana caranya mengajak para karyawan untuk memiliki paradigma yang tepat terhadap perubahan sehingga mereka secara sukarela bersedia menjadi bagian dari proses perubahan yang berlangsung? Training “Adapting To Change” yang kami rancang ini membantu top management untuk mencapai tujuan tersebut.

Terlebih lagi menjelang pergantian tahun. Tentunya banyak hal yang harus berubah. Mungkin cara berbisnis. Kebijakan perusahaan. Bahkan komposisi orang-orang dalam team. Keberhasilan penerapannya tahun depan sedikit banyak ditentukan oleh kemampuan para karyawan dalam beradaptasi dengan perubahan yang direncanakan.

Ada 5 kategori atau tipe manusia dalam menyikapi perubahan, yaitu:
(1) Orang-orang yang pasrah pada perubahan. Mereka hanya akan menjadi obyek bagi proses perubahan, atau menjadi korban yang tidak berdaya.
(2) Orang-orang yang tidak peduli pada perubahan. Mereka akhirnya akan ketinggalan zaman dan tidak bisa merasakan kenikmatan yang dihasilkan dari perubahan.
(3) Orang-orang yang marah terhadap perubahan. Mereka menentang proses perubahan meskipun tahu bahwa tindakannya hanya akan menghasilkan rasa sakit seperti saat menabrak tembok.
(4) Orang-orang yang menyesuaikan diri dengan perubahan. Mereka bisa mengikuti kemana arah perubahan sehingga mempunyai kesempatan untuk turut menikmati hasil menyenangkan dari perubahan.
(5) Orang-orang yang mengelola perubahan. Mereka bukan hanya mengikuti arus perubahan, namun turut menentukan kemana perubahan itu diarahkan. Mereka berperan secara aktif hingga menjadi ‘tuan’ bagi perubahan.

Setiap orang berhak untuk menentukan pilihannya sendiri apakah ingin menjadi tipe orang nomor 1, 2, 3, 4, atau 5. Tetapi bagi seorang pribadi yang ingin sukses menjalani proses perubahan, pilihan terbaiknya adalah menjadi ‘pengelola’ bagi proses perubahan itu. Pada tingkatan individu, mengelola perubahan berarti memposisikan diri sebagai subyek bagi perubahan bukan sekedar menjadikan diri sendiri sebagai obyeknya.

Dalam program pelatihan ini kami mengajak peserta untuk mengambil posisi sebagai pengelola perubahan (kategori ke-5), atau minimal mampu dan mau menyesuaikan diri dengan perubahan (kategori ke-4). Hal itu bisa tercermin dalam bentuk sikap positif terhadap perubahan, timbulnya kesadaran bahwa perubahan itu memang diperlukan untuk pertumbuhan dirinya, serta kesediaan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan arah kebijakan atau perubahan yang dicanangkan perusahaan.

MANFAAT PROGRAM:
Program training ini membantu peserta untuk membangun paradigma dan mentalitas yang tepat terhadap perubahan sehingga mereka bisa memandang perubahan bukan hanya sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari, melainkan merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidupnya sendiri.

Program ini membuka kesadaran peserta akan pentingnya mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan dan ikut serta secara aktif dalam mengelola perubahan dalam organisasi dengan kesadaran sendiri, sehingga mereka bisa menjalaninya tanpa keterpaksaan.

Dalam program ini peserta juga diajak untuk menemukan korelasi antara perubahan yang sedang dirancang oleh perusahaan dengan harapan-harapannya sehingga bisa memiliki spirit yang tinggi untuk menyongsongnya.

POKOK PEMBAHASAN PROGRAM:
1.Sesi-1: Paradigma dan mentalitas menghadapi perubahan
2.Sesi-2: Memberdayakan diri
3.Sesi-3: Menjadi mitra bagi rekan kerja dan atasan
4.Sesi-4: Menyokong kebijakan dan strategi perusahaan

Ingin mendapatkan detail materi/proposal lengkap? Hubungi kami segera di 0812 1040 3327

MATERI DAPAT DIMODIFIKASI SESUAI KEBUTUHAN SPESIFIK PERUSAHAAN

Peserta dan Durasi:
•Staff s/d Manager: jumlah 20 s/d 200 orang.
•Training in-house 1 hari
•Waktu: 08.00 – 17.00

Metode yang digunakan:
Tutorial, diksusi dan presentasi, fun activities/games individu dan kelompok.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut silakan merujuk kepada file terlampir atau hubungi kami. Saya dapat dihubungi di 0812 19899 737 atau jika sedang tidak dapat menerima telepon Anda dapat berbicara dengan Ms. Vivi di 0812 1040 3327.

Tentang Dadang Kadarusman (Author, Trainer, & Public Speaker):
Selain berpengalaman sebagai trainer dan penulis buku, Dadang juga kaya dengan pengalaman profesional sejak memulai karir sebagai seorang salesman lalu menapaki jenjang karir hingga menangani fungsi-fungsi strategis korporasi. Dadang adalah orang yang telah diundang secara khusus oleh Presiden Direktur Expatriate untuk melakukan pembicaraan 4 mata di ruang kerja beliau sejak masih berkarir pada level salesman. Hal itu menunjukkan jika sejak awal karirnya Dadang telah berhasil menarik perhatian top management melalui pancaran potensi diri dan gagasan-gagasannya, serta kontribusinya yang signifikan bagi perusahaan. Dadang berhasil membangun karir profesionalnya sehingga berpengalaman menangani berbagai bidang seperti Training Management, New Product Planning Management, Customer Retention Management & Business Development, Sales & Marketing Management, dan terakhir Dadang memainkan peran kunci dibalik Strategi Perencanaan Bisnis jangka panjang perusahaan dan bertanggungjawab terhadap materi presentasi Presiden Direktur baik didalam maupun di luar negeri. Prestasi Dadang mendapatkan penghargaan internasional dengan menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan William E. Upjohn Award for Special Accomplishment dari kantor pusat Pfizer di New York. Sekarang, Dadang berkomitmen untuk berbagi tips sukses dalam membangun karir kepada orang-orang yang ingin meraih kesuksesan profesionalnya. Bagi Dadang, kesuksesan karir bukanlah semata-mata jabatan yang mentereng. Melainkan juga pemenuhan atas kepuasan pribadi melalui kontribusi terbaik yang dihasilkan dari proses mengeksplorasi potensi dirinya. Spirit inilah yang mewarnai topik-topik training Dadang.

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan lebih dari 1,000 artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring movement. Artikel-Artikelnya dapat diakses antara lain melalui www.dadangkadarusman.com

Hubungi: Ms. Vivi di 0812 1040 3327

Untuk bantuan in-house training dan pemberdayaan karyawan Anda, hubungi Ms. Vivi di 0812 1040 3327.

Gambar dari www.eaglesspirit.blogspot.com

One comment

  1. Ibu Yuningdyah Wr

    Selamat Sore..

    Saya mau tanya.. Apakah bisa diadakan training hanya untuk kurang lebih 15 orang saja dari mulai level OB sampai dengan level Direktur / Owner?
    Jika bisa, berapa biayanya?
    Apakah tema nya bisa disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perusahaan? Misalnya : Hasrat berprestasi, team work, Communication and Social skill?
    Jika bisa, berapa biayanya?

    Saya tunggu balasannya via E-mail..

    Terima Kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*