Monday , May 21 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership

Category Archives: Leadership

Feed Subscription<

Agar Didengar Oleh Anak Buah

Tidak ada satu orang pun atasan yang bisa bekerja secara efektif, jika anak buahnya tidak mau mendengar kata-katanya. Logis ya? Tentu dong. Jika tidak mau mendengar kata-kata atasannya, bagaimana mungkin seseorang bisa bekerja sesuai dengan harapan atasan? Tidak mungkin, bukan? Oleh karena itu, setiap atasan ingin anak buahnya mendengarnya. Karena seseorang yang yang suaranya didengar, menunjukkan jika orang itu dihormati. ... Read More »

Apa Kabar Anak Buah Anda?

Ya. Apa kabar anak buah Anda? Lho. Nggak sopan. Yang ditanya kok anak buah Anda. Mesinya kan saya bertanya tentang kabar diri Anda sendiri. Itu kan tata krama yang semestinya kita jaga. Mohon maaf nih. Saya bukan tidak tahu tata krama. Saya hanya bermaksud untuk bertanya langsung kepada sumber utamanya. Mengapa demikian? Karena saya yakin, kondisi Anda akan baik-baik saja, ... Read More »

Memperbaiki Terus Cara Memimpin Kita

Saya yakin Anda sepakat dengan pernyataan bahwa ‘percaya diri’ merupakan salah satu kualitas penting bagi seorang pemimpin. Tanpa rasa percaya diri itu, mana mungkin kita bisa memimpin orang lain, bukan? Namun, rasa percaya diri juga bisa menyebabkan hal-hal penting lainnya luput dari perhatian kita. Misalnya, kita percaya diri sekali bahwa team kerja yang kita pimpin itu baik-baik saja. Sehingga kita ... Read More »

Dibutuhkan – Para Suksesor Leader

Saya sudah bicara dengan cukup banyak perusahaan. Dan saya menemukan bahwa salah satu PR terbesar perusahaan-perusahaan bagus adalah menemukan suksesor bagi posisi-posisi penting. Apa sih suksesor itu? Gampangnya, orang yang memiliki kapasitas yang memadai untuk menggantikan para pemimpin dimasa depan. Banyak perusahaan yang kesulitan memenuhi kebutuhan ini. Apakah ini berita baik atau buruk? Kalau buat saya, tentu saja berita baik. ... Read More »

Pemberian Pribadi Kepada Anak Buah

Sebagai atasan, saya percaya Anda sudah sering memberi sesuatu kepada anak buah. Betul begitu? Misalnya, ketika keluar kota Anda membelikan mereka oleh-oleh berupa dasi, makanan kecil, atau pernak-pernik yang lucu-lucu. Anda membelinya dengan uang sendiri. Tidak diklaim. Karena kalau kemudian kuitansinya di klaim ke kantor ya tidak termasuk pemberian pribadi. Emang bisa di klaim? Setahu saya sih, ada saja cara ... Read More »

Warisan Buat Bawahan

Bukan harta yang saya maksudkan. Juga bukan sesuatu yang kita tinggalkan setelah meninggal. Maksud saya dengan judul ini adalah; setelah kita tidak lagi bekerja ditempat ini – entah karena pensiun atau pindah ke tempat lain – kita akan meninggalkan apa bagi orang-orang yang sebelumnya kita pimpin? Kok mikirin banget sih! Memang mesti kita pikirkan. Kita rencanakan. Dan secara sengaja kita ... Read More »

Memarahahi Anak Buah

Anda pernah kesal kepada anak buah? Pernah ya. Makanya, pada situasi tertentu; kita marah kepada mereka. Jika tidak pernah kesal kepada anak buah, ada dua kemungkinan. Pertama, Anda belum lama menjadi atasan. Kedua, Anda tidak peduli dengan perilaku atau kinerja team Anda. Dengan kata lain, kesal kepada anak buah itu merupakan suatu kondisi yang normal. Sah. Manusiawi. Yang kemudian menjadi ... Read More »

Menjadi Pemimpin Pujaan

Dipromosi itu memang menyenangkan. Tidak ada yang meragukan hal itu. Tapi, rasa senang itu bisa berkurang jika tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang yang nanti akan kita pimpin. Dalam banyak kasus, orang dipromosi sering menghadapi tantangan seperti itu. Ada saja yang menilainya ‘masih terlalu muda’. Atau masih minim dengan pengalaman. Atau, bahkan mempertanyakan; kenapa dia yang dipromosikan. Tidak heran jika para ... Read More »

Mengatasi Konflik Anak Buah

Sebenarnya, solusi tidak harus selalu datang dari atasan. Lebih baik jika para bawahan pun mempunyai kemampuan untuk menemukan solusi atas masalah yang tengah dihadapinya. Terlebih lagi jika masalah itu melibatkan orang lain. Misalnya saja, masalah yang saat ini tengah marak terjadi di lingkungan masyarakan kita. Urusan sepele, bisa menjadi konflik yang membahayakan. Lalu, para pemimpin mengatakan; “Seharusnya Anda bisa menyelesaikan ... Read More »

Pemimpin Yang Memberi Manfaat

Atas dasar apa seseorang layak disebut sebagai seorang pemimpin? Karena jabatannya yang lebih tinggi dari orang lain? Mungkin. Tapi banyak orang yang memegang jabatan tinggi tidak menunjukkan kepantasan sebagai seorang pemimpin. Seseorang sering disebut pemimpin, tapi sebenarnya bukan. Makanya, kualitas kepemimpinan seseorang tidak terkait langsung dengan jabatannya. Sebaliknya, sekalipun belum punya jabatan tinggi; Anda dan saya punya kesempatan untuk menunjukkan ... Read More »