Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence (page 4)

Category Archives: Natural Intelligence

Feed Subscription<

Tumbuhnya Benih Kejujuran

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Orang jujur itu susah dicari. Begitu pendapat beberapa kalangan. Mungkin karena kurang gigih saja mencarinya barangkali. Atau, mencari tidak pada tempatnya. Makanya agak susah mencari orang jujur. Apa lagi tayangan televisi kita dipenuhi adegan-adegan yang bertolak belakang dengan nilai-nilai kejujuran. Orang yang ’kepergok’ saja tetap ngotot mengelak telah melakukannya. Atau, setidaknya ada justifikasi yang membuat mereka ... Read More »

Bawahan Baik Jadi Atasan Baik

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Semua orang yang belum menjadi atasan, ingin menjadi atasan yang baik. Tepatnya, semua percaya bahwa jika kelak dirinya menjadi seorang atasan; tentu mereka bisa menjadi atasan yang baik. Kepercayaan ini setengahnya merupakan sifat percaya diri, dan setengahnya lagi tidak lebih dari sekedar klaim kosong belaka. Sebenarnya sekedar klaim juga tidak apa-apa jika memang bisa dibuktikan dengan ... Read More »

Spiritual Insight #1: Bekerja Ikhlas

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Ikhlas dalam bekerja? Kedengarannya kok seperti ceramah agama, sih! Beruntung sekali saya bukan ahli agama, sehingga apa yang akan kita bahas sekarang bukanlah soal agama, melainkan soal kehidupan kerja kita. Karenanya, terlepas dari apapun agama dan keyakinan Anda; maka urusan bekerja dengan ikhlas ini mungkin berkaitan langsung dengan hidup Anda. Mengapa demikian? Karena dengan keikhlasan itu, ... Read More »

Natin Mengasah Keterampilan

Pada awalnya terasa janggal juga. Nggak tahu saja harus mulai dari mana. Ternyata, nggak gampang loh untuk memahami pekerjaan orang lain. Meskipun kelihatannya sepele sekali. Tapi rupanya pekerjaan orang lain tidak segampang yang kita kira. Meskipun secara teknis bisa mengerjakannya, tapi secara mental belum tentu siap melakukannya. Pekerjaan data entry misalnya. Sepele banget kan? Tapi waktu mencobanya, baru tahu kalau ... Read More »

Natin Mengisi Waktu Luang

Ada kalanya pekerjaan itu sangat banyak sekali. Sampai mau napas aja rasanya sesak banget. Tapi ada kalanya juga pekerjaan sangat sedikit sekali. Dikerjain beberapa jam aja sudah kelar. Seperti hari ini. Nggak tahu kenapa. Kok semua orang dikubikal seperti janjian aja. Pada sudah selesai dengan tugas-tugasnya. Padahal waktu baru menunjukkan pukul setengah sepuluh. Mungkin ini kali yang disebut kurang kerjaan ... Read More »

Natin Melakukan Continuous Improvement

Tiga tahun lalu, perusahaan sudah mencanangkan proyek Continuous Improvement. Di tahun pertama inisiatif itu dijalankan semua bagian perusahaan terlibat secara aktif. Para manager dari kantor pusat rajin keliling ke setiap kantor. Termasuk kantor cabang. Banyak kegiatan yang dilakukan. Seru. Dan boleh dibilang sampai heboh banget. Semuanya pada antusias. Dilombakan. Ada hadiahnya segala. Di tahun kedua, masih ada beberapa kegiatan yang ... Read More »

Natin Menemukan Semangat Baru

Jika Anda membutuhkan trainer untuk perusahaan Anda, Silakan Hubungi Ms. Vivi di 0812 1040 3327 Pindah ke kubikal yang baru. Mestinya hal itu bisa menjadi momen untuk berubah menjadi pribadi baru. Tapi susah juga sih kalau hati sudah keras seperti batu. Semua hal baik yang dilakukan oleh managemen bisa diterjemahkan sebagai tindakan buruk. Padahal, dalam acara peresmian kubikal baru itu ... Read More »

Natin Meresapi Nilai Luhur Perusahaan

Khoek. Puh! “Ini kopi apa-an sih?!” Teriak Opri. “Elo yang bener dong kalau bikin kopi buat gue.” Matanya melotot kearah Jeanice. Ini adalah hari melayani. Orang yang kebagian bertugas untuk melayani, harus menyediakan minuman untuk temannya yang sedang kebagian giliran untuk dilayani. Jeanice. Kebagian melayani Opri. “Elo nggak tahu kalau gula itu yang mana?” hardiknya lagi. Jeanice hanya bisa mengkerut. ... Read More »

Natin Membawa Ilmu Ke Tempat Kerja

Tambah item. Itu yang pasti. Kulit semua orang sudah pada lebih gelap dari sebelumnya. Selain Opri, semua gadis disitu pada menggerutu. Kayaknya. Nggak rela kulit yang sudah diputih-putihin selama berbulan-bulan itu langsung menjadi coklat tua hanya dalam waktu dua hari saja. Sudah resiko lah itu. Berani pergi ke pantai. Mesti berani juga mengambil resiko kulit terbakar matahari. “Item itu seksi, ... Read More »

Natin Menyelami Potensi Diri

Potensi diri. Itulah frase yang sering digadang-gadang oleh para ahli motivasi. Dan pakar-pakar psikologi. Malah ada yang mengatakan kalau potensi manusia itu nggak terbatas. Sulit dipercaya sih. Apa iya, ya. Potensi diri kita ini nggak terbatas. Nggak selalu langsung bilang begitu sih. Kadang dibilanginnya suka kayak gini; “Anda bisa melakukan apa saja!!!!!” sambil ngacungin kepalan tangan ke atas. Outing taon ... Read More »