Friday , August 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development

Category Archives: Personal Development

Feed Subscription<

Ambil Dari Kantor, Bawa Ke Rumah

Tolong jangan bilang-bilang bahwa saya yang memprovokasi Anda melakukan hal ini ya. Tapi. Memang Anda berhak mendapatkannya kok. Jadi, saya sarankan Anda untuk mengambilnya dari kantor. Lalu bawa pulang ke rumah. Ambil diam-diam aja. Karena kalau sampai orang lain tahu; bisa runyam urusannya. Pertanyaannya adalah; Apa yang Anda ambil dari kantor itu? Kalau penjepit kertas, stapler, cutter; dari kantor dibawa ... Read More »

Menyesuaikan Diri Tanpa Terbawa Arus

Setiap kali berada dalam situasi yang baru, kita selalu dituntut untuk dapat menyesuaikan diri. Jika tidak, maka kemungkinan besar kita tidak bisa bertahan lama. Atau keberadaan kita disana menjadi tidak bermakna. Sekalipun demikian, ada efek samping serius dari proses menyesuaikan diri. Yaitu, tenggelamnya nilai-nilai pribadi dalam system nilai kelompok sehingga kehadirannya sama sekali tidak memberi nilai tambah selain memperkuat status ... Read More »

Kematangan Emosi Dalam Profesi

Kalau kita melihat para senior yang sudah hebat-hebat, kadang-kadang ada perasaan campur aduk ya. Kagum pada kecanggihan dan kepiawan mereka. Juga minder setiap kali berhadapan dengan mereka. Jika kita perhatikan; semakin canggih mereka, semakin percaya diri penampilannya. Rasanya kita ini tidak ada apa-apanya dihadapan mereka. Lalu seribu tanya pun memenuhi benak kita. Adakah dimasa depan kita mempunyai peluang untuk meraih ... Read More »

Mengatasi Kolega Yang Buruk

Keberadaan teman di kantor bisa menjadi penyemangat sekaligus tempat berbagi perasaan. Namun, manfaat seperti itu tidak akan didapatkan jika kita tidak berhasil membangun hubungan yang baik dengan kolega kita. Mungkin memang sangat jarang sekali ada sesama karyawan yang bertengkar di kantor. Namun, soal ‘perang dingin’ boleh jadi masih banyak yang mengalaminya di zaman perdamaian ini. Ada begitu banyak alasan untuk ... Read More »

I Wish I…

Melihat orang lain merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Walau berusaha sekuat tenaga, selalu saja sosok orang lain membayangi imajinasi kita. Dan dalam hati, kita berkata; “Seandainya saya seberuntung dia. Maka…” Berusahalah sekuat tenaga untuk tidak memiliki pikiran seperti itu. Anda akan berhasil…untuk sementara waktu. Disaat-saat tertentu. Ketika roda kehidupan sedang berada di bawah, khususnya. Pikiran itu bakal kembali ... Read More »

Working Spirit Booster

Selain gaji. Apa yang membuat Anda bersemangat dalam bekerja? Ya… Selain gaji. Apa yang membuat Anda benar-benar bergairah terhadap pekerjaan? Ketemu? Kalau belum, sebaiknya Anda berusaha lebih intens sampai menemukan jawabannya. Kenapa? Karena, bekerja dengan dorongan gaji itu hanya akan menempatkan kita di posisi ‘apa boleh buat’. Kalau nggak kerja, gimana? Butuh sih. Makanya kerja aja. Maka seseneng-senengnya kita dalam ... Read More »

Konsisten Di Aspek Ini

Karir yang bagus antara lain ditandai dengan adanya pertumbuhan. Gaji sih pasti tumbuh. Minimal, sekali dalam setahun kan. Itu berlaku pada semua orang. Yang berlaku hanya pada sedikit orang adalah pertumbuhan karirnya. Maka orang yang karirnya tumbuh, pasti memiliki perbedaan dengan karyawan lain pada umumnya. Ada dua aspek utama dalam mengukur kualitas profesional seseorang. Pertama, KOMPETENSI. Dan kedua, KOMITMEN. Kompetensi ... Read More »

Saat Paling Bergairah

Menurut pendapat Anda. Kapan saat gairah kerja Anda berada pada puncak tertingginya? Pagi hari? Mungkin. Tapi jika malamnya Anda nggak tidur cukup, pagi hari malah lelah. Siang hari? Mungkin iya. Mungkin juga tidak. Sore? Hmmh. May be. May not be. Jadi kapan dong? Yang jelas, Anda sangat bersemangat ketika baru saja membuat sebuah pencapaian yang bermakna kan ya? Benar. Dan ... Read More »

Karyawan Yang Dipertahankan

Dalam kamus korporasi, ada istilah ‘Transformasi’ untuk menggambarkan perubahan signifikan di perusahaan. Kalau suatu saat nanti terjadi transformasi di perusahaan Anda; apa yang terjadi pada Anda? Suka atau tidak, perusahaan tempat kita bekerja pasti dihadapkan pada keharusan untuk melakukan perubahan. Jika perubahan itu signifikan, hampir bisa dipastikan terjadi pergeseran fungsi dan peran karyawan. Kalau tuntutan perubahan itu sudah sangat mendesak, ... Read More »

Salary Increment, Mau?

Tadi malam saya bermimpi. Tentang teman yang lagi bete. Karena, gajinya yang kecil banget. Intinya sih lagi galau. Mau terus kerja disitu nggak seru. Mau pindah juga belum dapat tempat kerja baru. Jadinya males-malesan deh sekarang. Hanya mimpi loh itu. Tapi terasa seperti nyata sekali. Dan kalau dipikir-pikir, tema mimpi itu memang banyak terjadi. Apa lagi hari ini harga-harga terus ... Read More »