Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development

Category Archives: Personal Development

Feed Subscription<

Rutinitas Itu Seru

Adakah orang yang setiap hari melakukan pekerjaan yang berbeda dari hari-hari sebelumnya? Nggak ada. Sebab, setiap pekerjaan mengandung pengulangan kegiatan dari waktu ke waktu. Maka kalau memilih menjadi pekerja, ya mesti paham dengan konsekuensi itu. Dan menerimanya. Tapi nggak mudah kan ya. So, gimana dong? Sore itu, kami membutuhkan tambahan keperluan untuk acara kecil di rumah. Tidak banyak sih. Hanya ... Read More »

Melakukan Kesalahan Itu Baik

Kita kadang melakukan kesalahan kan ya. Lumayan bikin kesal. Apalagi jika kesalahan itu terjadi didepan umum. Bikin malu banget. Saya cukup sering mengalaminya. Tapi tahukah Anda bahwa melakukan kesalahan itu justru baik buat kita? Setidaknya ada 3 alasan. Pertama. Kesalahan yang kita lakukan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mesti kita perbaiki. Belajar dari kesalahan itu, sangat efektif sekali. Bayangkan Anda ... Read More »

Buah Ketulusan Dalam Bekerja

Dari sisi bapak, kami termasuk keluarga yang sederhana. Secara materi, kami sangat bersahaja. Maka jika ada sepupuan yang karirnya bagus, merupakan kebanggaan bagi keluarga kami. Salah satunya adalah adik sepupu saya. Anak kecil ingusan itu, kini sudah bertransformasi menjadi lelaki gagah dengan gaji khas orang pertambangan. Anak itu memang ulet banget. Pinter juga. Cuman karena ekonomi keluarga dengan 9 kakak ... Read More »

Dipromosi dan Dihormati

Seorang sahabat muda mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan tertentu. Tiba-tiba, teman-temannya berubah sikap kepadanya. Kenapa? Mereka menilainya tidak layak dipromosikan. Walhasil, eksistensinya sebagai atasan pun dipertanyakan. Kata-katanya dianggap sebagai angin lalu. Instruksinya hanya dijalankan secara asal-asalan. Kinerja team pun tidak sesuai dengan harapan. Ketika mendapatkan surat keputusan promosi itu dia bahagia sekali. Namun sekarang, dia merasakan dadanya sesak seperti terkena ... Read More »

Rival Yang Selevel

Sebenarnya, kalah dalam bersaing itu adalah hal biasa kan ya. Kadang kita yang menang juga kok. Biasa saja, karena kalah dan menang itu dipergilirkan. Gantian. Tapi ada sebuah kekalahan yang sangat menyakitkan sehingga orang yang kalah bisa melakukan blunder yang menimbulkan akibat yang jauh lebih buruk daripada kekalahan itu sendiri. Kekalahan macam apa itu? Kekalahan yang dialami dari rival yang ... Read More »

Dua Jenis Kesiapan

Tepat 7 hari lalu, ketika makan siang. Seseorang menghampiri saya. “Gabung ya Kang,” katanya. Tentu saya senang menyambutnya. “Silakan.” “Bapak bertugas di kota mana?” Demikian pertanyaan saya selagi kami menikmati santapan itu. Setelah menjawab pertanyaan saya, beliau menambahkan;”SK-nya baru saya terima kemarin…” tambahnya. “Senin depan langsung berangkat,” lanjutnya. Itu adalah hari Jum’at. Berarti, hanya ada waktu sabtu dan minggu sebelum ... Read More »

Menjadi Yang Terbaik

Apakah Anda sudah menjadi yang terbaik? Terbaik dalam hal apa? Dalam profesi Anda dong. Sudah? Coba renungkan jawabannya. “Sebelum nanya orang lain, apakah kamu sudah menjadi yang terbaik Dang?” Jika Anda bertanya balik seperti itu, maka beginilah respon saya. Pertama. Terbaik atau tidaknya kita, bukanlah keadaan yang dihasilkan melalui perbandingan diri kita dengan orang lain. Saya misalnya, tidak layak membandingkan ... Read More »

Pilih Uang Atau Ilmu?

Jika Anda boleh memilih salah satu: Ilmu Yang Bermanfaat. Atau uang sejumlah 10Triliun. Anda pilih mana? Jika Anda memilih uang 10T, maka pilihan kita; sama. Saya akan pilih uang juga. Karena dengan uang sebanyak itu, saya bisa mempelajari banyak ilmu yang bermanfaat. Atau setidaknya, bisa menggaji orang-orang berilmu agar bisa mendapat berbagai manfaat. Sekarang, let’s get back to reality. Berapa ... Read More »

Mengejar Jabatan Itu Baik

Jika kata ‘ambisi’ itu berkonotasi negatif. Maka kita tidak selayaknya menyebut orang yang berjuang mengejar suatu jabatan sebagai orang yang ambisius. Kenapa demikian? Karena, dengan menduduki posisi yang lebih tinggi; kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak lagi. Kata kuncinya ini; ‘berkontribusi lebih banyak lagi’. Bukan ‘berpenghasilan lebih besar lagi’? Bukan. Mari perhatikan kedua frase itu. (1).Bekontribusi lebih banyak lagi. ... Read More »

Andakah Orangnya?

Pernahkah Anda merasa menyesal telah berbuat kebaikan untuk orang lain? Nggak dong ya, kan Anda orangnya ikhlas. Tapi coba cek lagi. Kalau dalam hati Anda kadang ada perasaan ‘tidak dihargai oleh atasan atau perusahaan,’ misalnya. Itu indikasi, bahwa Anda tidak benar-benar ikhlas dalam menjalankan tugas. Kita jarang menyaradari hal itu. Khususnya kalau berkaitan dengan urusan pekerjaan. Kenapa? Karena boleh jadi, ... Read More »