Tuesday , January 28 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development

Category Archives: Personal Development

Feed Subscription<

Mengejar Jabatan Itu Baik

Jika kata ‘ambisi’ itu berkonotasi negatif. Maka kita tidak selayaknya menyebut orang yang berjuang mengejar suatu jabatan sebagai orang yang ambisius. Kenapa demikian? Karena, dengan menduduki posisi yang lebih tinggi; kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak lagi. Kata kuncinya ini; ‘berkontribusi lebih banyak lagi’. Bukan ‘berpenghasilan lebih besar lagi’? Bukan. Mari perhatikan kedua frase itu. (1).Bekontribusi lebih banyak lagi. ... Read More »

Andakah Orangnya?

Pernahkah Anda merasa menyesal telah berbuat kebaikan untuk orang lain? Nggak dong ya, kan Anda orangnya ikhlas. Tapi coba cek lagi. Kalau dalam hati Anda kadang ada perasaan ‘tidak dihargai oleh atasan atau perusahaan,’ misalnya. Itu indikasi, bahwa Anda tidak benar-benar ikhlas dalam menjalankan tugas. Kita jarang menyaradari hal itu. Khususnya kalau berkaitan dengan urusan pekerjaan. Kenapa? Karena boleh jadi, ... Read More »

Dua Hal Penting Penyokong Ego

Ketika melihat foto rame-rame bersama teman Anda; wajah siapa yang Anda cari pertama kali? Wajah Anda sendiri. Itu sudah pasti. Itu menunjukkan bahwa ego, mendominasi alam bawah sadar kita. Dan itu normal banget. Berkah dari ego itu banyak. Dengan ego, kita terdorong untuk memperjuangkan sesuatu, terus bertumbuh kembang, dan tidak cepat berpuas diri. Sehingga, kita bisa tiba pada pencapaian tertinggi ... Read More »

Kisah Kartijah

Masa-masa awal bekerja itu selalu mengesankan. Coba ingat di hari pertama Anda diterima kerja. Seneng banget kan. Masih adakah rasa senang itu belasan tahun kemudian? Yaaa begitulah. Lalu, bagaimana caranya mengembalikan rasa senang itu kedalam hati kita hingga kadarnya tidak berkurang? Mari bercermina pada kisah ini. Kartijah, anggap saja begitu namanya. Ibu rumah tangga di kampung. Harus membantu memenuhi kebutuhan ... Read More »

Kapasitas Dan Kualitas 2020

Apakah di tahun yang baru ini Anda ingin menjadi lebih baik? Ini pertanyaan bodoh. Karena kita semua, pasti ingin lebih baik. Udah tahu itu bodoh, tapi kok masih ditanyakan juga? Soalnya ada yang aneh dengan diri kita. Kita ini ingin segala sesuatunya menjadi lebih baik. Tapi sering tidak menyadari bahwa; kebaikan yang kita dapatkan mesti ditopang oleh kebaikan pribadi kita. ... Read More »

Berhentilah Bekerja Sekarang Juga

Jika saya anjurkan Anda untuk berhenti kerja, mungkin Anda langsung menolak ya. Tapi jika saya bilang; “Behentilah Bekerja. Dan mulailah berkarir.” Mungkin Anda jadi berpikir. So let’s think. “Apa sih bedanya bekerja dengan berkarir?” mulailah dari pertanyaan itu Diantara para professional, ada yang datang ke kantor hanya untuk sekedar menyelesaikan tugas-tugasnya. Ketika tugas sedang banyak-banyaknya, mereka sibuuuk banget. Tapi disaat ... Read More »

Makin Sering Digunakan

Kalau diperhatikan, orang kerja itu tidak selalu sibuk ya. Kadang nyantai juga kok. Apalagi kalau bidang pekerjaan itu sudah dijalani bertahun-tahun. Sambil merem aja kelar, ibaratnya. Nggak usah susah-susah. Enak kerja kayak ginian mah. Tapi wait, apakah kondisi seperti itu baik buat Anda? Kemarin STNK motor saya diperpanjang. Tidak terasa, sudah 5 tahun rupanya. Tapi, odometernya menunjukkan angka 7,890 kilo ... Read More »

Siap-Siap Dari Sekarang

Kemarin saya ada tugas di forum pembekalan pra purna bakti para profesional senior. Jika Anda pegawai, maka hal itu berkaitan juga dengan Anda. Salah satu aspek penting yang harus diatasi oleh calon pensiunan adalah beban psikologis berupa kekhawatiran. Dan ini menghabiskan porsi terbesar dari energi kita; lahir dan batin. Luar dan dalam. Makanya, walaupun masa pensiunnya baru akan tiba 3 ... Read More »

Bergantung Seberapa Pentingnya Bagi Kita

Apa yang membuat seseorang bekerja dengan dedikasi tinggi? Jika tahu jawabannya, mungkin Anda tak akan pernah kehilangan gairah dalam bekerja. Beberapa waktu lalu saya mendapati sejumlah orang bekerja dalam sebuah team. Dalam team itu, ada 1 orang yang menurut penilaian saya sangat antusias dalam bekerja dan selalu bersikap positif. Dia bahkan tidak ragu menyampaikan gagasan-gagasan. Anehnya, gagasan itu ditanggapi dingin ... Read More »

Sebaik-baiknya Karyawan Itu

Untuk menjadi karyawan terbaik, Anda tidak harus menyisihkan atau mengalahkan orang lain loh. Bagaimana caranya? Begini. Di jaman ini, tidak ada pekerjaan yang terlepas dari pekerjaan lainnya. Pekerjaan Anda, terkait dengan pekerjaan teman-teman Anda. Kadang kerjaan Anda terhambat gara-gara ada orang yang lelet. Atau, sebaliknya; Anda yang bikin kerjaan orang itu tertunda. Karena Anda yang tidak dapat diandalkan. Atas dasar ... Read More »