Monday , June 26 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / – Coaching Counseling Mentoring –

– Coaching Counseling Mentoring –


Meskipun sering dianggap sama atau mirip, namun sesungguhnya Coaching dan Counseling merupakan dua hal yang berbeda. Bukan sekedar pengertiannya yang berbeda, melainkan juga teknik melakukannya serta batasan-batasannya. Begitu banyak orang yang berbicara tentang Coaching & Counseling namun tidak benar-benar memahami apa sebenarnya makna kedua istilah itu. Padahal, keliru memahaminya bisa menyebabkan keliru juga melakukannya. Oleh karenanya, proses Coaching dan Counseling sering tidak berhasil mencapai tujuannya masing-masing.

Pada level tertentu, proses Mentoring bisa bisa berperan lebih efektif dan lebih menyenangkan daripada Coaching dan Counseling. Jadi, kapan saat yang tepat memilih proses mana yang paling sesuai? Ilmu itulah yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang leader. Kabar baiknya, hal itu dipelajari disini.

Seorang Leader yang handal memiliki kemampuan yang tinggi dalam membangun hubungan pada ketiga situasi tersebut, bergantung pada posisinya dalam konteks hubungan situasional yang sedang berlangsung. Apakah sebagai Coach, Counselor, atau Mentor.

Atasan yang berhasil menjadi Coach, Counselor & Mentor yang baik mempunyai kemampuan untuk mendorong bawahan menghasilkan kinerja tinggi, sekaligus juga berhasil membangun hubungan emosional yang positif sehingga proses transfer pengetahuan, berbagi pengalaman, serta pembimbingan bisa berjalan beriringan. Hasil akhirnya, seorang Coach, Counselor & Mentor tidak sekedar dipatuhi melainkan juga dihormati oleh bawahannya.

MANFAAT PROGRAM:
Pertama, Program training ini membantu peserta untuk memahami prinsip fundamental dari Coaching Counseling dan Mentoring sebagai TIGA area yang berbeda dengan kelebihannya masing-masing sehingga peserta mendapatkan pemahaman komprehensif terhadap proses dan fungsinya.

Kedua. Program ini membantu peserta untuk mengintegrasikan prinsip Coaching Counseling dan Mentoring menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga sebagai atasan mereka mempunyai kemampuan untuk mengamankan target-taget kinerja setiap anggota teamnya, sekaligus juga mempunyai hubungan personal dan emosional yang baik dengan para bahwannya.

Ketiga. Dalam program ini, peserta diajak untuk memahami bahwa pada prakteknya Coaching Counseling dan Mentoring bisa dikombinasikan sehingga efektivitas pembinaan bawahan bisa menjadi semakin meningkat.

POKOK-POKOK PEMBAHASAN:
Hari-1:Fundamental dalam CC & M
Sesi-1: 4 Dimensi Coaching Counseling & Mentoring
Sesi-2: Prinsip dasar pembelajaran: “Life is about learning, not being perfect.”
Sesi-3: Membangun value pribadi sebagai Coach Counselor & Mentor
Sesi-4: Memahami keunikan orang lain dan diri sendiri

Hari-2: Proses dan Penguasaan Teknik CC&M
Sesi-1 : The 6-Steps CC&M Model
Sesi-2: Teknik berkomunikasi dalam setiap langkah CC&M
Sesi-3: Praktek individu dan role play
Sesi-4: Praktek individu dan role play

Dalam setiap sesi ada proses aktivitas pribadi dan atau kelompok yang memungkinkan peserta lebih banyak berlatih dan berinteraksi dalam proses penerapannya. Peserta didorong untuk menyampaikan case-case aktual yang dihadapinya sehari-hari untuk dibahas, dipraktekkan, dan dilatih selama program training berlangsung.

MATERI DAPAT DIMODIFIKASI SESUAI KEBUTUHAN SPESIFIK PERUSAHAAN

Jadi, tunggu apa lagi? Segera undang DeKa untuk memberikan training ini di perusahaan Anda. Hubungi 0812 19899 737 atau dkadarusman@yahoo.com

Atau Anda ingin mengetahui program pelatihan kami yang lainnya? Silakan Mengenali Detailnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*