Monday , October 25 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Beda Penilaian Atasan Dan Anak Buah

Beda Penilaian Atasan Dan Anak Buah


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Jika bertanya; ”Apakah Anda sudah memimpin anak buah dengan baik?” Maka kemungkinan besar orang yang ditanya akan menjawab; ”Sudah dong!”. Ada sih yang bakal jujur menjawab ’Belum’. Yaitu mereka yang belum punya anak buah. Yang sudah punya anak buah, biasanya menjawab ’Sudah’. Tapi, kalau kemudian kepada anak buahnya kita bertanya; ”Apakah atasan sudah memimpin Anda dengan baik?”. Kemungkinan besar jawabnya berbeda 180 derajat. Kenapa bisa beda?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Karena untuk menjawab pertanyaan itu, kedua belah pihak menggunakan alat ukur bernama ’perasaan’. Jika kita menyampaikan jawaban sang anak buah kepada atasannya, maka sang atasan akan berkata;”Perasaan saya sudah melakukan yang terbaik buat anak buah. Kok bisa-bisanya mereka menganggap saya belum memimpin dengan baik?” Dan kalau kita menyampaikan jawaban sang atasan kepada anak buahnya, maka sang anak buah akan berkata;”Perasaan atasan saya nggak gitu deh.”

Menurut Anda, perbedaan itu penting nggak? Bisa dianggap nggak penting. Kenapa? Karena dimana-mana hal seperti itu lumrah terjadi. Atasan sering merasa dirinya sudah menjadi atasan yang baik buat anak buahnya. Sedangkan anak buah sering merasa kurang mendapatkan perhatian, pelayanan, bimbingan atau pengembangan dari atasannya.

Kalau menurut saya, sebaiknya dianggap penting. Kenapa? Karena atasan yang sadar akan hal itu memiliki 2 keuntungan. Pertama, paham bahwa tidak peduli seberapa banyak yang sudah dilakukannya untuk anak buahnya itu tidak akan pernah cukup. Selalu kurang. Jadi, dia mesti melakukannya lebih baik lagi, dan lagi, dan lagi. Sehingga anak buahnya akan merasakan benar betapa dia berjuang terus untuk mereka.

Kenyataannya, anak buah respek kepada atasan bukan karena beliau serba sempurna. Melainkan lebih karena anak buah tahu bahwa sang atasan mau memperjuangkan kepentingan anak buahnya. Soal kurang disana sini, tidak terlampau menjadi persoalan.

Kedua. Atasan yang sadar soal itu bakal paham bahwa kualitas kepemimpinan seseorang itu bukanlah sebuah garis finis. Hanya karena berhasil menduduki jabatan itu tidak berarti kita sudah menjadi pemimpin yang hebat loh. Justru dengan mendapatkan jabatan itu kita dituntut untuk meningkatkan kualitas diri.

Misalnya, kalau hari ini Anda supervisor. Lalu besok dipromosi menjadi manager. Tidak berarti bahwa kemampuan Anda memimpin ketika menjadi supervisor itu akan memadai untuk memimpin di level manager kan? Dengan tanggungjawab yang lebih tinggi, otomatis kita dituntut untuk mengasah lagi kemampuan yang selama ini kita miliki.

Jika ada orang yang dipromosi ke posisi yang lebih tinggi tapi tidak mau meningkatkan kemampuan memimpinnya, maka orang itu mesti bersiap-siap bahwa karirnya; hanya akan mentok sampai disitu. Bahkan boleh jadi, suatu saat nanti dia akan dikembalikan kepada posisi atau jabatan sebelumnya.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Supaya tidak mengalami hal seperti itu, maka satu-satunya cara adalah; terus mengasah kualitas kepemimpinan kita. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu, kita akan terus menemukan kekurangan-kekurangan yang masih perlu perbaikan. Dengan begitu – meskipun tidak sempurna – kita bisa menjadi atasan yang semakin baik. Dan anak buah kita akan ikut merasakan dampaknya buat mereka.

Saya punya program in-house training berdurasi 2 hari dengan tema “Leadership in Practice”. Cocok untuk para leader dikantor. Jika Anda tertarik untuk mengusulkannya kepada menejmen, silakan email ke dkadarusman@yahoo.com dengan subyek “Leadership in Practice”. Mohon sertakan nama perusahaan ya.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 13 Agustus 2014 2014
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Bukan hanya anak buah yang mesti terus meningkatkan kualitas pribadi. Atasan, mesti menjadi contoh bagi mereka. Jadi, biarkan mereka melihat sendiri bagaiman kita sendiri pun belajar tanpa henti.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:thehindu.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.