Monday , October 25 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Pasti Ada Hikmahnya

Pasti Ada Hikmahnya


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Dalam setiap kejadian, pasti ada hikmahnya. Kita sudah tahu soal itu. Tapi tidak berarti bahwa secara mental kita selalu siap menerima hal itu. Makanya kita masih suka terpenjara oleh duka cita, perasaan tertekan, kecewa atau sakit hati. Kalau benar-benar mengimani bahwa dalam setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya, maka mestinya kita tidak terlampau lama terlarut dalam perasaan buruk seperti itu kan? Pertanyaannya adalah; kenapa ya kok nggak singkron antara penerimaan pikiran kita dengan rasa hati kita?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Kemungkinan besar, hal itu terjadi karena kita hanya menjadikan otak ini sekedar sebagai tempat menyimpan memori. Setiap kejadian buruk kita simpan dalam memori. Makanya, setiap kali ingat soal itu; hati kita terasa sakit lagi. Ingat lagi ya sakit lagi. Maka makin pandai otak kita menyimpan informasi, makin besar peluang kita untuk sakit hati berulang kali.

Akan beda dampaknya kalau kita menggunakan otak ini sebagai pencerna informasi alias sarana untuk berpikir. Bahasa kerennya ‘merenung’. Maka apapun yang masuk kedalam otak kita, tidak sekedar disimpan begitu saja. Melainkan direnungkan; “Apa Hikmahnya?”.Nah, ketika kita bertanya ‘apa hikmahnya?’ itu, maka otak berputar untuk menemukan jawabannya.

Misalnya, kita kena tipu orang. Jika otak hanya difungsikan untuk menyimpan informasi, maka kasus penipuan itu akan menjadi luka abadi didalam dada. Kita akan membenci penipu itu. Mendoakannya supaya mendapatkan balasan setimpal, biar selama hidupnya dirundung sial. Padahal, mungkin sebenarnya orang itu tidak bermaksud menipu kan? Mungkin dia menderita kerugian, tapi tidak berani berterus terang kepada Anda sehingga dia memilih untuk menghindar.

Coba kalau otak kita difungsikan untuk berpikir;”apa hikmah dari kejadian ini?” Dan karena otak kita ini canggih, hampir bisa dipastikan bahwa dia bisa menemukan jawabannya. Misalnya, “Lain kali, mesti lebih hati-hati.” Atau, “Mungkin ini cara Allah menghapus dosa-dosaku dimasa lalu.” Atau, “Semoga menjadi penolak bala…” Apa saja.

Bagaimana seandainya setelah berpikir keras pun kita tidak menemukan hikmahnya? Tenang saja. Karena sekujur tubuh kita terkoneksi dengan alam semesta. Selama akal kita terus diputar, maka energinya akan keluar lalu berbaur dengan aura semesta. Sehingga pertanyaan ‘apa hikmahnya’ yang tidak terjawab akal itu menjadi pekerjaan rumah alam untuk memecahkannya. Hikmah itu bisa jadi tidak datang dari daya cerna akal kita. Melainkan dari peristiwa lain yang mengikutinya.

Baru-baru ini misalnya. Saya punya jadwal training untuk klien yang sudah diagendakan 2 atau 3 bulan sebelumnya. Ada order lain pun saya tolak karena sudah punya komitmen itu. Sayangnya, satu hari sebelum hari H, acara itu dibatalkan. Tentu buat saya hal itu sangat merugikan. Namun sebelum larut dalam kekecewaan, benak ini bertanya; “Apa hikmah dibalik kejadian ini?”

Sungguh. Saya sudah berpikir keras. Tapi tidak bisa menemukan jawabannya. Keesokan harinya ketika seharusnya saya memfasilitas training yang dibatalkan itu ada kejadian aneh. Laptop saya, mendadak tidak bisa dihidupkan. Layarnya bertuliskan “Critical Process Died”. Hadduh. Mattiaku. Padahal, saya belum mempunyai back-up file terbaru yang seharusnya saya gunakan. Betapapun berusaha melakukan tindakan penyelamatan, saya tidak berhasil juga. Seketika itu juga saya paham bahwa; Tuhan membuat klien saya membatalkan acara itu karena Dia tahu kalau sesuatu yang buruk akan terjadi pada alat kerja saya disaat seharusnya bekerja.

Lucunya. Sore hari, laptop saya sembuh dengan sendirinya. Dan keesokan harinya klien saya kembali menghubungi bahwa acara itu jadi dilakukan. Begitulah cara Allah memberikan jawaban kepada setiap insan yang akalnya bertanya;”Apa hikmah dibalik kejadian ini?” Tidak aneh. Karena didalam kitab suci Dia mengisyaratkan bahwa; sesungguhnya dalam setiap kejadian di langit dan dibumi ini pasti ada hikmahnya. Tapi hikmah itu hanya diberikan kepada orang-orang yang bersedia merenungkannya…..

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Jika bersedia merenungkannya, maka setiap kali mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan sekalipun; kita akan selalu bisa memperoleh penghiburan bagi diri sendiri. Mendapatkan pelajaran berharga. Dan menemukan hikmahnya. Sehingga bagi kita, tidak ada kejadian yang sia-sia. Karena segala kejadian yang kita alami – baik berupa kesulitan dan kemudahan, maupun kesedihan dan kesenangan – pasti ada hikmahnya. In sya Allah.

Ingin mendidik karyawan dengan program training 2 jam? Hubungi saya di dkadarusman@yahoo.com dengan subyek “Program 2 Jam”. Atau telepon saja 0812 19899 737.

Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 15 Agustus 2014
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Akal kita, bukan hanya bisa digunakan untuk mengingat kejadian-kejadian yang mengecewakan. Melainkan juga untuk menemukan hikmah dari setiap peristiwa dan fenomena disekitar kita. Sehingga kita, senantiasa terbebas dari duka lara atau rasa kecewa berkepanjangan. Dan kita, bisa berlapang dada menerimanya.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:wallcoo.net

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.