Sunday , June 26 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Ngomongin Kekurangan Atasan

Ngomongin Kekurangan Atasan


Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Anda pernah menggunjingkan atasan nggak? Saya perhatikan, ngomongin atasan seolah sudah menjadi fenomena yang umum akhir-akhir ini. Khususnya di kantin dan toilet kantor. Malahan ada yang pernah ke gap segala. Lagi seru-serunya ngomongin atasan, eh ternyata beliau datang. Apesnya, teman-teman yang ngedengerin nggak sempat ngasih kode supaya berhenti. Ya udah deh, nyerocos terus padahal boss udah berdiri di belakangnya. Mateng deh tuch.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Memang sih bilangnya nggak takut ketahuan. “Yang gue omongin itu bener kok. So what gitu loh.” Begitu katanya. Makanya semangat banget kalau ngomongin atasannya. Nggak nyadar kalau lagi ditanggap teman-temannya yang tukang ngomporin. Pas ketahuan, nggak ada satu pun teman-temannya yang mau ikut nemenin dia waktu dipanggil boss. Biar berani juga, kalau sudah ketahuan mah tetep aja keder kan.

Orang yang suka ngomongin atasan itu mengada-ada nggak? Tidak. Mereka mengatakan apa adanya tentang kekurangan atasannya. Meskipun suka ditambah-tambahin dan sering dijadikan lelucon. Kalau atasan tidak memiliki kekurangan itu, nggak mungkin anak buahnya ngomongin soal itu kan. Tetapi jika mendengar kolega yang ngomongin kekurangan atasan, sebaiknya Anda tidak usah ikutan.

Artinya kita menutup mata dari kenyataan dong? Begini. Bagus, jika mampu melihat kekurangan atasan. Tapi, ada cara yang lebih konstruktif untuk membahasnya selain dengan menggunjing dibelakang. Pertama, menggunjing itu bisa menjadi dosa buat Anda. Kan yang punya kelemahan atasan Anda. Masa yang berdosa jadi Anda? Kedua, ngomongin kekurangan atasan dibelakangnya tidak akan mengubah apa-apa. Anda hanya akan mendapatkan kepuasan berupa cekikikan dan gelak tawa bersama teman. Nggak lebih dari itu kan?

Sekarang, coba ganti pendekatan Anda. Bukan dengan menggunjingkannya dibelakang. Melainkan dengan belajar berbicara kepadanya. Memang nggak mudah. Makanya kebanyakan orang hanya berani ngomong dibelakang. Tapi jika Anda benar-benar ingin perbaikan, maka itulah yang mesti Anda lakukan. Untuk itu Anda hanya perlu dua hal saja, yaitu; (1) Sikap ksatria untuk bicara langsung dengan atasan Anda, dan (2) Kemampuan membicarakannya dengan cara yang elegan.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Dengan kedua modal itu, Anda mendapatkan banyak manfaat. Anda tidak ikut berdosa, itu sudah jelas. Anda juga akan dihargai atasan Anda. Meskipun mungkin saja masukan dari Anda tidak diterimanya, tapi Anda tidak beresiko disebelin sama atasan dibandingkan orang yang suka ngomongin dia dibelakang. Boleh jadi atasan Anda justru menerima masukan Anda kan? Beliau pun akan semakin percaya kepada Anda. Masih banyak manfaat lainnya bagi Anda. Termasuk yang ini: Anda tidak kena karma digunjingkan anak buah, kelak jika Anda menjadi atasan juga.

Meeting tahunan di kantor Anda bisa dilengkapi dengan training 2 jam. Hubungi saya di dkadarusman@yahoo.com atau telepon 0812 19899 737 untuk mendiskusikannya.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman – 1 September 2014
Author, Trainer, and Professional Public Speaker
DK: 0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
PIN BB DeKa : 2A495F1D

Catatan kaki:
Atasan kita mungkin punya banyak kelemahan. Ngomongin dia dibelakang nggak akan bisa memperbaiki kelemahan itu. Tapi jika Anda benar-benar ingin mendapatkan perbaikan, maka Anda mesti belajar menyampaikan gagasan yang lebih baik dengan cara yang lebih konstruktif.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personal Development)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Pesan sponsor: Berikan training yang layak kepada karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda temukan training provider yang bagus, silakan panggil yang Anda kenal. Tapi, kenapa cari yang lain lagi? Kan ada saya. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327. Saya punya banyak topik Leadership dan Pengembangan diri yang bisa di tailor-made. Call me at 0812 198 99 737 or Ms. Vivi 0812 1040 3327.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327

Gambar:express.co.uk

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.