Friday , March 29 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Manfaat Mencela Orang Lain

Manfaat Mencela Orang Lain

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Dalam artikel kali ini, saya akan membeberkan: apa saja manfaat mencela orang lain. Betul. Manfaat mencela orang lain. Tapi. Sebelum memulainya, saya minta Anda untuk menyimak apa yang dikatakan oleh alam bawah sadar Anda ketika membaca judul artikel ini.

Apakah Anda mendengarnya? Bahkan saya yang berjarak jauh ini mendengar apa yang terbersit dalam hati Anda. Begini dia bertanya;”Emang ada manfaatnya mencela orang lain?”

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika hati nurani Anda masih sehat. Begitu pertanyaannya. Jika pertanyaan itu tidak muncul. Mungkin Anda perlu pergi ke ruang sunyi. Lalu dengarkan dengan telinga batin. Maka Anda akan temukan bahwa, orang yang jiwanya bersih; paham kalau mencela orang lain itu. Tidak ada manfaatnya.

Saya sering mendapatkan email dari orang yang tidak jelas. Menghina agama yang saya yakini. Padahal saya tidak pernah mengusik agamanya. Menghina nabi yang saya imani. Padahal, jika nabi yang orang itu imani benar utusan Tuhan; maka saya pun beriman pula kepadanya.

Lalu saya bertanya dalam hati; apa yang orang itu dapatkan dengan terus mengirimi saya pesan-pesan seperti itu? Ketika saya yakin dia tidak mendapat manfaat apa-apa, maka saya memutuskan untuk memaafkannya.

Di media sosial. Kita sering mendengar orang mencaci maki orang lain. Pelakunya, dari berbagai macam kalangan. Laki-laki dan perempuan. Orang awam, pengacara, pesohor, gubernur. Dsb.

Seolah caci maki itu sudah menjadi budaya bangsa kita saja. Atau… Mungkinkah itu pertanda bahwa sang pemilik lidah dan jemari tangan itu sedang kurang ‘fit’ jiwanya?

Saya tidak tahu. Tapi. Tak pernah kita mendengar Tuhan berfirman dalam kitab suci yang isinya mencaci maki mahluk yang Dia benci. Padahal, Tuhan pantas marah besar pada kita; mahluk bernama manusia yang ndablek ini. Dia murka pun tak menggunakan kata-kata kotor.

Maka manusia yang gemar menggunakan lidahnya untuk mencela orang lain, perlu introskepsi diri. Jangan-jangan sudah menjadikan dirinya sendiri jauh dari sifat Ilahi. Itu kalau masih percaya adanya Tuhan. Jika punya iman.

Kalau nggak percaya? Jika tak ada iman? Bila tak punya tuntunan? Gampang saja. Cukup renungkan hukum gaung. Setiap ucapan yang kita lontarkan, akan direkam alam. Lalu dikembalikan kepada kita. Seperti Anda berteriak di bibir lembah. Teriakan Anda, akan menggema kembali kepada Anda dalam gaungnya.

Gaung itu, tidak hanya dihasilkan lembah. Sasaran celaan Anda pun bisa. Contoh. Jika Anda menghina ayah orang lain, maka orang itu akan mengina ayah Anda. Jika Anda menghina agama orang lain. Maka orang akan menghina agama Anda.

Jika saya tak suka dikritik lalu memaki orang yang mengkritik saya di kampus sambil menghardiknya; ‘Balikin saja dia ke Pontianak!’ Misalnya.

Maka pendukung sang kritikus itu akan menghardik balik: “Kirim saja si Dadang balik ke Bandung!” Kan begitu. Dan kalau itu terjadi, maka istri saya akan kembali ke Pontianak. Sedangkan saya dideportasi ke Bandung.

Tapi kan mereka duluan yang mencela kita Dang! Tetap luruskan dia. Tapi jangan ikutan menjadi pemilik mulut kotor seperti dia. Kenapa? Wajar dia begitu, karena mungkin tidak ada tuntunan yang mengajarinya akhlak untuk bicara yang baik.

Kita? Tidak pantas bicara begitu. Kenapa? Kalau kita, ada tuntunan dalam Al-Qur’an untuk ‘qul khairon. Au litasmut…’ Juga banyak hadis Nabi SAW tentang itu kan.

Jangan mencela orang lain. Agama lain. Nabi orang lain. Keluarga orang lain. Etnis orang lain. Kalau pun ada ketidakcocokan, pahami saja sebagai dinamika hidup. Dunia kan tidak diciptakan seragam. Dan itu mulut. Baiknya dilatih untuk belajar berkata yang baik-baik. Atau diam saja.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Teruuzzz, mana pembahasan tentang manfaat mencela orang lain yang dijanjikan diawal tulisan ini? Emmh… sebentar. Setelah saya cari-cari, nggak saya temukan manfaatnya sama sekali. Sehingga, saya nggak punya bahan untuk menulis tentang itu. Jadi mohon maaf. Saya batal menulis artikel ini.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, And Public Speaker
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:milleniumconjectures.com

Karena berbagai keterbatasan, maka setiap bulan saya hanya mampu melayani training untuk 2 atau 3 perusahaan saja. Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.