Thursday , August 11 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Dikurung Atau Digembleng?

Dikurung Atau Digembleng?

Dulu kita kepingin sekali bisa WFH. Di tempat saya bekerja, sudah dilakukan study bahkan diuji coba. Dan manajemen berkesimpulan bahwa WFH is not the best option. Itu dulu. Sekitar 20 tahun lalu.

Hari ini, ceritanya sudah sangat berbeda. Kita merasakan betapa tidak enaknya WFH. Di negara lain. Orang sudah ‘dikurung dirumahnya sendiri’ lebih lama dari kita. Bahkan situasinya lebih buruk lagi. Kita pun tidak tahu, sampai kapan mengalami ini. Lalu, kemana semuanya ini akan bermuara? Itulah pertanyaan terpentingnya.

Anak perempuan saya, teriak histeris. “Ayaaah,” katanya. Saya terkesiap. “Ada apa?” Tanya saya.

Rupanya ada ‘benda aneh’ menempel di dinding kamar mandi kami. Setelah saya periksa, tenyata itu adalah kepompong ulat.

Deg. Hati saya seperti ditumbuk. Kok bisa ada kepompong didalam rumah? Kan lazimnya diluar saja. Kenapa harus didalam rumah? Ini aneh. Tapi kemudian saya mengerti bahwa itu, adalah jawaban atas pertanyaan saya tadi; kemana semuanya ini akan bermuara? Setelah WFH berkepanjangan ini, kehidupan kita bakal seperti apa?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Allah sengaja mengirim ulat itu untuk membuat kepompong didalam rumah, agar saya bisa mengambil hikmah. Tepatnya, hikmah dari keterjebakan kita didalam rumah ini.

Ketika ruang gerak kita dibatasi secara ekstrim, kita frustrasi. Ngeri membayangkan bagaimana mendapatkan nafkah. Itu utamanya. Kita, serasa dikurung dalam ketidakberdayaan.

Hari ini, sang kepompong mengingatkan saya bahwa berada didalam rumah itu bukanlah keadaan tiada berdaya. Melainkan momen paling menentukan dalam hidup kita. Persis seperti fase kepompong dalam kehidupan ulat menuju bentuknya yang sempurna sebagai kupu-kupu.

Kita ini tidak sedang dikurung. Melainkan sedang digembleng. Seperti ulat yang dilockdown didalam kepompong. Untuk mengubah diri sendiri dari dalam. Sehingga kelak, dia bisa berubah menjadi kupu-kupu.

Lewat kepompong yang iseng nyelonong ke rumah itu, saya mulai paham; kemana semua ini bermuara?

Bagi orang yang menyerah, situasi ini akan menyeretnya kepada keadaan yang tidak menyenangkan. Bisnis berantakan. Jejang karir bakal tertahan. Gaji pun nggak dijamin bakal tetap dibayarkan. Bahkan tetangga kita, sudah banyak yang kena pehaka.

Tapi bagi orang yang bersedia membenahi diri sendiri. Maka keadaan ini akan bermuara kepada harapan baru. Untuk tampil menjadi pribadi yang baru. Seperti ulat, yang menjelma menjadi kupu-kupu.

Ngomong mah enak Dang. Aku ini tak punya bekal apa-apa. Tabungan ludes.Tak punya pengalaman sebagai pengusaha. Tada ada histori menjadi pribadi mandiri. Apa yang bisa diharapkan dari situasi yang serba sulit ini?

Hey. Bahkan kupu-kupu pun beragam macam. Ada yang besar, ada yang kecil. Ada yang warna warni, ada yang abu-abu saja. Tapi apapun kondisinya, tetaplah mereka itu ulat yang berhasil menjadikan keterjebakannya didalam ‘rumah’ mereka, sebagai momen untuk mentransformasi diri sendiri. Sehingga setelah masa terkurung ini, mereka bisa terbang lagi. Dan bisa meneruskan siklus kehidupannya lagi.

Maka. Tak jadi soal jika kita punya bekal banyak atau sedikit. Bukan masalah, jika kita berpotensi menjadi besar atau kecil. Yang terpenting bagi kita mah, mulai menyadari bahwa; Kita ini tidak sedang dikurung. Melainkan sedang digembleng. Ok?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
https://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:inspiringthruquoteswp

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.