Thursday , August 11 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Bosan Can Kill

Bosan Can Kill

Bosan can kill. Percaya nggak? Saya sih percaya bahwa kebosanan itu bisa membunuh. Emang ada yang membunuh atau terbunuh gara-gara bosan? Yang saya maksud adalah; membunuh perasaan bahagia.

Orang yang merasa bosan, tidak mungkin bahagia kan ya? Dan boleh jadi, 5 minggu terakhir ini adalah masa-masa yang paling membosankan dalam hidup kita. Bagaimana tidak? Kita hanya bisa tinggal di rumah. Hanya keluar jika benar-benar perlu saja.

Jadi, kamu merasa bosan Dang? I-iya. Eh. Tapi itu dimasa lalu. Dulu, kalau tinggal di rumah terus, saya cepat bosan. Maklum, mantan orang kerja lapangan. Bahkan ada masa dimana traveling lebih banyak dari pada mukimnya. Begitu tinggal dirumah, langsung gerah.

Tapi itu dulu. Sekarang, staying at home is a new life. Dan itu wonderful. Saya berdoa agar perasaan itu juga yang Anda dapatkan. Lalu, apa yang Anda lakukan sehingga bisa membebaskan diri dari kebosanan? Jika Anda bersedia menceritakannya, saya menyimaknya. Sekarang, giliran saya duluan ya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Begini. Hal yang mesti terlebih dahulu kita pahami adalah; apa penyebab kebosanan itu.

Kebosanan, datang dari 2 hal. Satu, dari pekerjaan atau situasi yang monoton. Anda boleh menyukai sesuatu. Tapi jika terus begitu-begitu melulu; maka Anda akan bosan. Dua, dari ketiadaan kegiatan yang menyenangkan. Bingung loh kalau nggak tahu mesti ngapain. Iyya kan?

Nah. Kalau kita sudah tahu bagaimana kebosanan itu terbentuk, maka kita bisa mencegahnya dengan dua cara juga. Apa yang layak kita coba lakukan?

Pertama, tentu saja menghindari kondisi yang monoton. Itu mencakup tindakan atau kegiatan kita. Bisa juga situasi di rumah kita. Tahukah Anda, apa hal realistis yang saya lakukan?

Hal-hal sederhana aja. Seperti Mandi, misalnya. Kadang di kamar mandi depan. Kadang di belakang. Simple tapi efektif.

Urusan kamar tidur juga. Anak-anak saya diijinkan untuk belajar dan beraktivitas dikamar saya. Begitu pula sebaliknya. Setiap hari selama 5 minggu ini, kami meluangkan waktu untuk sekedar kumpul bareng dan bercanda-canda dikamar gantian. Persis seperti jadwal arisan Anda dalam keadan normal. Pindah-pindah kan?

Apa lagi? Akhir pekan kemarin, saya memindahkan sebuah meja kecil dari ruang ruang tamu ke kamar tidur. Eh, tiba-tiba saja saya punya ‘ruang kerja baru’. Maknyus. Anda boleh mencoba cara lain. Memutar ranjang Anda 180 derajat misalnya. Menggeser lemari pakaian. Memindahkan meja rias. Sedikit saja gesernya. Maka daraaa… you see different ambience.

Kedua. Apa tadi? Kegiatan yang menyenangkan. Yes, itu dia. Di rumah terus, bakal mati kutu kalau hanya mengerjakan hal-hal rutin. Apalagi kalau Anda cewek kantoran kan. Biasa mengerjakan hal-hal seru di kantor, tiba-tiba terjebak dalam urusan dapur dan kasur. Mmmh, gelagat bete terus deh.

Apa yang saya lakukan? Naik ke atap rumah, sambil liat-liatin genteng yang bocor. Menanam bengkuang. Alhamdulillah tumbuh 2 tuch. Menanam jahe, tapi gagal. Menanam benih sirih 3, gagal juga. Ngoprek-ngoprek pompa air. Oh ya, memasak sop kepala ikan. Yang terakhir ini surprise banget. Ternyata, enaaak.

Itu saja sudah menyelesaikan setengah dari masalah yang ditimbulkan oleh penyebab kebosanan nomor dua tadi. Lah, berarti masih ada setengahnya lagi yang belum resolved? Weis, tenang. Masih ada hal menyenangkan lainnya. Yang always and forever for my enjoyment adalah; menulis.

Yes, menulis. Karena sudah menjadi kenikmatan yang mendarah daging. Maka menulis, menjadi hal yang menyenangkan buat saya. Kasih saya alat tulis; maka dunia, selalu menjadi tempat yang steril dari kebosanan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Yang terakhir ini, mesti dimiliki oleh setiap orang. Kenapa? Karena itu akan menjadi ‘healing remedy’ paling mujarab. Dan menjadi ‘teman’ paling setia kita dalam segala keadaan. Dengannya, kita bisa membuat kebosanan tidak berdampak apa-apa. It can kill others. But it is not going to cause any harm to us. Never.

Jika bagi saya healing remedy itu adalah menulis. Bagi teman saya, melukis. Teman lainnya bermain gitar. Ada pula teman yang merangkai bunga. Tidak masalah kan ya? Anda, apa? Find it.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
https://www.dadangkadarusman.com/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:dreamstime

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.