Sunday , November 28 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / Pemimpin Yang Keren

Pemimpin Yang Keren

Walaupun bernuansa hura-hura, tapi America’s Got Talent itu event yang keren loh. Simon Cowell, mencontohkan bagaimana menjadi pemimpin yang keren. Dan itu, terjadi dalam banyak moment.

Salah satunya adalah ketika Gruffydd tampil dalam pentas audisi. Simon, menyetopnya ketika sedang bernyanyi. Suaranya bagus sih. Telinga awam saya pun menangkap ada yang kurang pas. Tapi suaranya bagus.

Penonton tercekat. Gruffydd terlebih lagi. Ini pertanda buruk. “Are you nervous?” Begitu tanya Simon. Yaiyyalah. Mau nembak teman kantor aja grogi, apalagi tampil dipentas sebesar itu kan. Gruffydd makin gugup ketika Simon memintanya menyanyikan lagu lain. “Have a glass of water…”, itulah kata-kata Simon yang memutarbalikkan keadaan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gruffydd minum. Lalu dia bersiap untuk menyanyikan lagu cadangannya. Kali ini, tidak boleh gagal lagi. And… you know what? Dia mendapatkan golden buzzer saking kerennya. Deeet is the role of the leader yang ditunjukkan oleh Simon. Memfasilitasi seseorang, untuk meraih pencapaian sesuai dengan kapasitas dirinya.

Ini yang jarang dilakukan oleh begitu banyak pemimpin. Khususnya mereka yang hanya peduli pada pencapaian dirinya sendiri. Atau, yang mengira anak buah sekedar pesuruhnya.

Lalu, bagaimana cara Simon melalukannya?. Saya lihat, ada 3 hal penting yang layak kita pelajari. Pertama, memahami potensi yang dimiliki oleh seseorang. Jangan sampai mata Anda melewatkan anak buah yang berpotensi. Atau terpukau oleh pepesan kosong. Anak buah yang bagus, mesti dikenali dan ditandai. Lalu, pertumbuhan karirnya difasilitasi.

Kedua, memberi penugasan yang paling sesuai dengan talentanya. Simon ini tahu persis kalau orang berbakat menyanyikan lagu yang tidak cocok. Elang tak bisa berenang, intinya begitu deh. Maka pemimpin yang keren bakal memberi penugasan yang memang sesuai dengan kapasitas anak buahnya. Catet…

Ketiga, memberi ruang untuk melakukan perbaikan. Lagu pertama Gruffydd ini ancur lebur. Semua juri, boleh membiarkanya sampai selesai kemudian kasih NO pada akhirnya. Simon, beda. “Kamu berhenti, minum dulu. Nyanyi lagi”. Itu pemimpin keren. Anak buah Anda, mungkin kurang bagus pada saat tertentu. Kita juga kadang begitu kan ya. Maka, apa yang dia butuhkan? Ruang dan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Jadi begitulah contoh bagaimana menjadi pemimpin yang keren. Anda, mungkin sudah menerapkannya. Jika belum, lets start. Now.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Generasi Nggak Nyambung

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:peoplematters

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.