Saturday , June 25 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Kesehatan / Ketakutan Yang Berlebihan

Ketakutan Yang Berlebihan

Kalau boleh tahu, apa yang paling Anda takutkan dalam hidup? Takut miskin, takut mati, takut kalah, takut diberhentikan pulisi di jalan, takut apa lagi? Banyak ya. Walau takutnya kepada hal yang mungkin berbeda, tapi kita semua; memiliki ketakutan. Itu, normal.

Dan hari ini, manusia diseluruh penjuru dunia dihantui ketakutan yang sama. Yaitu, takut terinfeksi covid beserta seluruh dampak bawaannya. Tak jarang rasa takut itu menimbulkan ansietas atau depresi.

Saya, tahu itu karena berada di forum yang hampir setiap hari membahas tentang pandemi. Orang pada takut terinfeksi. Dikalangan mereka yang sudah terjangkit, depresi menjadi gejala umum yang mereka alami. Mengapa? Karena takut secara berlebihan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apa yang mereka takutkan secara berlebihan itu? Pada umumnya, kematian. Dari situ, kemudian merembet kepada ketakutan terhadap konsekuensi lainnya seperti; gimana nanti anak-anak, gimana nanti pekerjaan, dan ‘gimana nanti gimana nanti’ lainnya. Peristiwanya belum kejadian. Tapi rasa takutnya, sudah sampai duluan.

Disamping terbatasnya kapasitas pelayanan RS dan simpang siurnya penanganan wabah oleh pemerintah, ketakutan itu juga berkorelasi dengan pengetahuan dan kesiapan mental. Dua hal terakhir ini, 100% dibawah kendali kita. Maka penting bagi kita untuk memiliki kesiapan mental dan pengetahuan yang memadai. Bukan berharap kena infeksi, tapi bersifat antisipasi.

Soal kesiapan mental, kita mesti paham bahwa hari ini; siapapun berpeluang terinfeksi. So, seandainya, catet; seandainya loh ya, kita terinfeksi. Apa yang akan kita lakukan. Mesti siap tuch. Jangan sampai songong sekarang, tapi kalang kabut belakangan. Orang yang sudah punya persiapan, lebih rendah peluang stressnya.

Soal pengetahuan. Infeksi ini bersifat akut. Dan sembuhnya relatif cepat. Dengan tingkat kesembuhan yang tinggi. Bahkan sebagian besar orang, sembuh dengan isolasi mandiri. Pikiran kita, mesti fokus kepada fakta baik ini. Tentu, dengan tetap mempertimbangkan dan memonitor kondisi kesehatan. Khususnya bila ada penyakit penyerta. Terinfeksi? Boleh sedih dikit. Tapi segera konsolidasi diri; insya Allah, sembuh.

So. Takut terinfeksi itu baik. Tapi jangan belebihan. Cukup punya rasa takut yang bisa mendorong kita berhati-hati saja. Jadi patuh pada protokol serta berdisiplin menerapkannya. Dan takut pada mati juga tidak usah berlebihan. Cukup takut mati yang bisa membuat kita sadar saja bahwa, ada bekal yang mesti kita siapkan untuk kehidupan setelah kematian. So, jangan culas pada orang lain, jaga amanah, dan tekun beribadah.

Oke ya. Semoga kita semua sehat terus. Dan bila dintara kita ada yang terinfeksi juga, semoga segera Allah sembuhkan. Aamiin…

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Hindari Ini Saat Pandemi

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:healthline

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.