Monday , October 25 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Progress

Progress

Jika sesuatu mengalami kemajuan atau perkembangan atau pertumbuhan, kita menyebutnya progress. Intinya, berubah menjadi lebih baik; itulah progress. Jika berubahnya menjadi kurang baik, maka kita tidak menyebutnya progress. Lantas progress seperti apa yang bisa kita upayakan ditengah situasi yang kurang menguntungkan?

Sebetulnya, situasi pandemi ini merupakan saat yang tepat untuk membuat progress. Mumpung banyak hal yang seolah di-reset lagi dari awal. Kan sekarang banyak orang bergaji 5, 10, 20, 30, 40, 50 juta yang kehilangan pendapatannya. Posisi orang yang dulu bergaji 5 juta, sekarang mirip dengan orang yang dulu bergaji 50 juta. Sepertinya kita sama-sama ‘memulai dari titik nol’ lagi.

Kalau pun beda, sedikit lah bedanya. Plus minus saja. Misalnya, orang yang dulu bergaji 5 juta berarti hartanya lebih sedikit. Sedangkan yang dulu bergaji 50 juta, cicilan hutangnya lebih banyak; walaupun hartanya lebih banyak. Jadi kalau dihitung bobotnya, impaslah. So, memulai dari nol lagi bisa menjadi baseline pengukuran progress kita. Lalu kita mulai lagi deh racingnya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Intinya, dari titik nol ini; kita mampu membuat kemajuan sejauh apa? Itu yang paling penting. Sebab adanya kemajuan itu, menjadi penanda bahwa kita survive di keruwetan zaman ini. Dan kemampuan untuk survive itu, menunjukkan bahwa kita punya harapan untuk bertahan. Sampai suatu saat dimana keadaan berubah menjadi lebih baik. Atau. Sampai saat dimana kita mampu mengubah situasi yang buruk, menjadi baik.

Lalu sebesar apa progress yang mesti kita buat? Jangan pusing dengan besar dan kecil, sedikit dan banyak. Walau sedikit, progress ya tetap progress. Jadi, tidak masalah jika kita baru bisa membuat progress yang kecil dibandingkan orang lain. Kan kapasitas kita berbeda-beda juga. Pokoknya, bikin progress. Dari progress kecil pun kalau terus menggelinding bisa mendapat efek bola salju. Lagian, yang kita butuhkan itu bukan besarnya. Melainkan dampak positifnya kepada kehidupan kita.

In the nut shell, kita bertekad yuk. Jika keadaan kurang menguntungkan, kita bertekad untuk tidak menyerah. Kita bertekad, untuk terus berjuang. Sampai kehidupan kita berasa nikmat lagi. Maka mari, mulai dari titik nol lagi. Lalu, kita bangun terus progressnya. Oke?!

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Keindahan Setiap Zaman

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Freepik

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.