Thursday , May 13 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Rasulullah Itu Pemersatu Umat

Rasulullah Itu Pemersatu Umat

Setiap muslim yang kaffah meyakini dan mengimani bahwa Rasulullah adalah pemersatu umat. Jika ada muslim yang menyatakan bahwa rasulullah adalah pemecah belah umat, maka orang itu mengingkari fitrahnya sebagai seorang muslim. Ketahuilah bahwa; Rasulullah itu pemersatu umat. Bukan sebaliknya.

Dijaman jahiliyyah, tuduhan Rasulullah memecah belah umat itu hanya dilontarkan oleh kaum kafir quraisy dan aliansinya. Sungguh mengejutkan bila mendapati orang muslim di jaman ini secara sadar dan intensional menyebut Rasulullah pemecah belah umat. Terlebih lagi bila pernyataan itu datang dari orang-orang yang mengklaim kelompoknya paling nyunnah.

Setidaknya, ada 3 penyebab mengapa seseorang sedemikian biadab dan kejinya menuduh Rasulullah sebagai pemecah belah umat. Pertama, akibat keingkarannya kepada cahaya kebenaran ilahi yang dibawa Rasulullah. Ini yang mendorong sikap dan tindakan kaum kafirin dari masa kemasa terhadap rasulullah. Sejak jaman dahulu, hingga sekarang.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua, akibat taklid kepada guru yang keliru. Taklid pada guru itu ada baiknya. Bila selain mempunyai ilmu yang mumpuni, gurunya itu juga memiliki aqidah dan itikad yang lurus. Tapi kalau guru yang ditaklidinya itu melenceng, akan rugi sekali jika taklid. Sungguh sangat disayangkan, tapi tampaknya; cukup banyak kaum taklid seperti ini.

Bagi mereka, hanya satu jenis guru yang layak digugu dan ditirunya, yaitu guru dari kelompoknya saja. Guru lainnya, tak boleh dihiraunya. Logis, karena kelompok tertentu melarang murid-muridnya untuk berguru kepada yang lain. Makanya kalau berdiskusi, mereka hanya mau didengar pendapatnya. Tidak mau membuka hati untuk menerima pendapat orang lain. Karena buat mereka, kebenaran itu hanya satu. Yaitu kebenaran yang ada pada mereka. Sehingga tak ada halangan bagi mereka untuk mengklaim diri paling sunnah, sembari menghakimi orang lain bid’ah bahkan sampai hati menghukumi keluar dari agama sekalipun.

Bila menganggap Rasulullah sebagai pemecah belah umat, maka kelompok muslim yang merasa paling sunnah itu menganggap pula bahwa memotori perdebatan soal khilafiyah dalam berislam itu adalah juga sunnah. Mengikuti sunnah Nabi memecah belah umat, dikiranya. Makanya dalam berdiskusi, mereka tidak peduli atas pentingnya kesatuan umat. Tidak penting fokus pada hal yang sama. Fokusnya pada hal yang beda. Sebab yang penting buat mereka hanyalah, sampainya berita bahwa paham mereka benar. Yang lain salah. Sekarang, saya menyadari bahwa diskusi dengan jenis orang-orang seperti ini kurang ada manfaatnya. Madhorotnya, jauh lebih banyak.

Ketiga, akibat kurangnya ilmu. Apa yang dikatakan seseorang berbanding lurus dengan ilmunya. Muslim yang secara sadar dan terkonfirmasi menyatakan Rasulullah pemecah belah umat sehingga dengan bangganya menjadi bagian dari penggerak perpecahan umat itu, menunjukkan bahwa ilmunya tentang hakikat kenabian sangatlah dangkal.

Ironisnya, kedangkalan ilmu itu justru diperlihatkan oleh mereka yang tiada bosan-bosannya menyatakan jargon ‘ilmu sebelum amal’, seolah-olah orang lain beramal tanpa ilmu. Mengira hanya dirinya saja yang berilmu. Padahal seorang muslim yang berilmu, paham benar bahwa Rasulullah itu adalah pemersatu umat. Bukan sebaliknya.

Lalu bagaimana mereka sampai sedemikian kejinya menyebut Rasulullah pemecah belah umat padahal mereka muslim dan mereka mengklaim diri sebagai kelompok yang paling sunnah? Itu karena mereka bicara dengan hawa nafsu. Bukan dengan ilimu dan iman. Perhatikan: Ilmu. Dan iman.

Tidakkah mereka pernah mendengar bahwa Allah berfirman;”Kaana annaasu ummatan waahidatan”? Sebagian dari kaum bahlul itu memang tidak pernah menyimak ayat Allah itu. Sehingga mereka berdebat dengan pikirannya sendiri. Dengan rasa benarnya sendiri. Mereka, berdebat tanpa ilmu. Tidak tahu makna ayat itu. Tapi bernafsu untuk memaksakan kebenaran semu yang dianutnya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bukankah ada juga dari mereka yang membaca firman Allah itu? Benar. Paling tidak, gurunya. Mereka punya ilmu itu, tapi mereka menolak untuk mengimaninya. Karena tidak rela, bersanding dengan muslim lain yang berbeda madzhab, beda aliran, beda cara ibadah furuiyahnya. Mereka hanya mengagung-agungkan ilmu mereka sendiri. Padahal ilmu tanpa iman, laksana kegelapan yang tiada disadari. Serasa berada dalam cahaya, padahal kesilauan. Serasa benar sendirian, padahal melenceng dari fitrah ilahiah yang Allah inginkan.

Semoga kaum muslimin diberikan kejernihan pikiran dan kelapangan hati untuk menyadari adanya bahaya yang tidak disadari dalam berislam. Yaitu, ketika dia merasa benar sendiri; sembari menghakimi muslim yang lain salah. Tidak disadarinya bahwa itu, adalah sifat iblis yang merasa kedudukannya lebih tinggi dari Adam. Na’uudzubillaah tsumma na’uudzubillaah. Wallahu a’lam bishowab.

Selamat Menyambut Ramadhan Sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Beda Antara Ilmu Dengan Hikmah

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/62812-1989-9737.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Nikmat Islam

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.