Thursday , May 13 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Semoga Segera Bertemu Tuhan

Semoga Segera Bertemu Tuhan

Guru saya itu luar biasa. Cara mendidiknya bukan dengan menyuapi atau memberi tahu. Beliau mendorong saya untuk berpikir. Kita ini diciptakan Allah dengan kelebihan berupa akal pikiran. Bahkan dalam Al-Quran, Allah berulang kali memerintahkan kita menggunakan akal untuk berpikir.

Saya teringat ketika beliau menyampaikan bahwa bagi orang yang sedang shaum, ada 2 kebahagiaan. Kebahagiaan pertama didapatkannya ketika berbuka. Sedangkan kebahagiaan kedua didapatkannya ketika bertemu dengan tuhannya.

Itu adalah hadits qudsi yang masyhur. Setiap Ramadhan tiba, para ulama mengajak jemaah kembali mengkajinya. Adapun guru saya, mengakhiri pelajaran dengan mengatakan;”Semoga kalian segera mendapatkan kebahagiaan yang ke-2…”.

Wah, bercanda ini. Tapi, beliau bukan tipe yang gemar bercanda. Setiap kata yang disampaikannya terukur, dan memang dimaksudkan demikian. “Apakah guru mendoakan agar saya segera……?” Saya tidak kuasa menyebutkan kata itu. Beliau menjawab; ‘sabar saja…’ katanya.

Wah, gawat ini. Konon, ucapan seseorang yang sudah mencapai level tertentu itu ibarat isyarat atas sebuah peristiwa yang akan segera kejadian. Jangan-jangan, beliau sedang memberi saya isyarat tentang…. ah sudahlah. Sabar saja, kan begitu katanya.

Sabar saja… sabar saja… sabar saja… demikian kata-kata yang terus terngiang dalam benak saya. Sabar sih sabar. Tapi… apakah Anda sudah siap bertemu dengan tuhan? Jujur saja, saya; belum. Sabda Rasulullah, kebahagiaan orang yang shaum itu ada 2. Pertama ketika berbuka. Dan kedua,….

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Percaya kepada guru memang ada resikonya. Saya, sudah dag dig dug saja bawaannya. Pengen mendapatkan penghiburan dan ucapan yang menenangkan. Tapi guru saya hanya berkata, ‘sabar saja’. Kan makin nggak karuan.

Suatu waktu, sampailah tadarus saya pada akhir ayat ke 153 surah Al-Baqoroh. “…innallooha ma’ashshoobiriiin….” Oh… barangkali ini yang beliau maksudkan. Saya pun bergegas menghadap kepadanya. Tak berbasa-basi, langsung menanyakan. Lantas apa jawaban beliau? Dilemparinya saya dengan seulas senyuman. Lalu beliau kembali kedalam dzikirnya.

Sekarang saya paham. Barangsiapa hendak bertemu dengan tuhannya. Maka dia tidak selalu harus memasuki pintu bernama kematian. Sebab sesungguhnya Allah tuhannya, berada dekat sekali dengannya. Dan Dia, mengkhususkan diri dengan membersamai orang-orang yang sabar. Innallooha ma’ashshoobiriiin.

Maka seseorang yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan, hendaklah menyempurnakan ibadahnya dengan kesabaran. Sebab Allah, bersama orang-orang yang sabar. Dan sesungguhnya, kesabaran itu mewujud dalam beragam bentuk dan manifestasinya. Ada orang yang harus sabar dengan kekurangan makanan. Ada yang mesti sabar dengan kehilangan. Ada yang sabar dengan urusan kesehatan. Ada yang harus sabar dengan perasaan hati yang hancur berkeping-keping. Ada yang dituntut sabar oleh amarahnya. Ada begitu banyak bentuk kesabaran.

Maka, ada begitu banyak pula cara bagi orang yang shaum untuk berbahagia karena bertemu dengan tuhannya. Karena Allah, bersama orang-orang yang bersabar. Semoga, Anda segera merasakan kebahagiaan bertemu dengan Allah…

Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan Sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Latihan Merasakan

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/62812-1989-9737.

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB. Dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau dengan probiotik, ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/62812-1989-9737

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Anadolu Agency

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.