Thursday , May 13 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Sumber Air Penghidupan

Sumber Air Penghidupan

Untuk minum dan keperluan harian lainnya, Anda mendapat air dari mana? Orang-orang dikampung saya, mendapatkan air bersih dari sumur timba. Anda, mungkin dari pdam atau sumur artesis.

Sejak masa kecil dikampung, saya selalu takjub dengan sumur dibelakang rumah kami. Airnya selalu ada, walaupun ditimba setiap hari. Lucunya, tidak pernah meluber hingga membanjiri rumah kami. eMmeeeziiiing… mungkin begitu anak kekinian menyebutnya. Sumur itu, senantiasa setia memenuhi kebutuhan kami. Tak kurang, tak lebih. Pas. Sesuai dengan yang kami butuhkan.

Setelah dewasa. Saya pernah tinggal di beberapa kota. Sumber airnya sama, dari pdam kota setempat. Airnya selalu ada? Bisa dikatakan demikian. Lancar terus. Tanpa kendala.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mengandalkan suplay air dari pdam itu, laksana kita mengandalkan sumber penghidupan kepada gaji tetap dari pekerjaan. Stabil. Ada terus. Jumlahnya ditakar dengan meteran. Selama kita masih terhubung dengan perusahaan pemberi kerja, maka gaji itu terus mengalir. Sama seperti air pdam itu. Air akan mengalir bila kita masih terhubung dengan pdam. Tapi…. apakah bakal terus mengalir bila terjadi pemutusan hubungan dengan pdamnya? Begitulah dinamika dunia kerja.

Suatu ketika, ada persoalan di pdam kota kami. Entah apa persisnya. Mungkin air baku yang bermasalah atau ada kebocoran pipa. Yang jelas, suplay airnya jadi terhenti. Kami kalang kabut dibuatnya. Anda pernah mengalaminya juga? Jarang. Tapi bisa terjadi kapan saja kan ya.

Inilah yang terjadi ketika kita masih punya hubungan kerja dengan perusahaan, tapi; perusahaan tercinta itu sedang bermasalah. Maka aliran air penghidupan kita jadi ikut terkendala. Dan inilah pula yang tengah terjadi di industri kita akibat pandemi ini. Bukankah banyak orang yang mengalami hal ini sekarang?

Lalu bagaimana dengan sumur timba orang tua saya itu? Melelahkan. Setiap pagi saya harus menimbanya kemudian memasukkannya ke bak penampungan. Untuk minum, air timbaan itu ditampung diember. Lalu diangkut ke dapur. Itu tugas harian rutin saya untuk membantu ibunda. Beda dengan teman-teman saya di kota yang tinggal puter keran saja, air segera tersedia.

Sumur timba itu, ibarat sumber mata pencaharian yang dibikin secara mandiri. Tidak bergantung kepada pdam. Tapi airnya ada terus. Di pdam, Anda bisa memenuhi bak kamar mandi sampai meluber. Di sumur timba, kami mengambil secukupnya saja. Di pdam, Anda tinggal puter keran. Disumur, kami harus menaik turunkan timba yang diikat dengan tali kerekan.

Memang cara kami ini lebih melelahkan. Tapi, ketika pdam sedang bermasalah; kami tidak ikut merasakan kesulitan. Anda, pasti harus membayar ke pdam setiap bulan. Seperti halnya Anda setiap hari harus bekerja kantoran sekitar 8 jam. Kami, tidak perlu melakukan itu. Tapi kami harus mau menarik dan mengulur tali timbanya. Memang, kadang air di sumur kami jadi sangat sedikit ketika musim kemarau tiba secara berkepanjangan. Tapi, demikianlah seni hidup yang kita semua hadapi kan?

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ini, bukan soal mana yang lebih baik dalam cara kita memenuhi kebutuhan air penghidupan. Bukan pula soal mana yang lebih baik dalam cara memenuhi nafkah keluarga. Menjadi karyawankah yang lebih baik? Ataukah menjadi pekerja mandiri? Bukan. Bukan soal itu.

Ini adalah soal betapa luasnya karunia yang Allah tebarkan. Ada banyak jalannya. Banyak bentuknya. Maka memahami hal ini menjadi sangat tinggi urgensinya. Khususnya ketika ada kemungkinan sumber penghidupan kita terancam oleh keadaan yang tidak sesuai harapan.

Pernah ada masa dimana saya, memiliki sambungan air pdam. Dan pada saat yang sama juga punya sumur artesis yang dihubungkan dengan pompa menuju ke torn. Duh, jika mengenang masa itu; tenaaaang rasanya hidup. Tidak khawatir jika tiba-tiba pdam memutuskan hubungan. Tidak takut juga bila sewaktu-waktu pdamnya bermasalah. Sumur artesis kami siap sedia untuk mengambil alih suplay air yang kami butuhkan.

Eh. Kita ini ngomongin soal apa sih? Sumber air? Sumber penghidupan? Atau kehidupan? Suka-suka Anda saja mau mengambil hikmah pada bagian mananya ya. Anyway, selamat menjalani ibadah Ramadhan teman-teman.

By the way, dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau kami dengan rutin minum probiotik. Ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Bukan tanpa alasan kalau saya dan keluarga menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau tahu tentang ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel Sebelumnya:

Potensi? Atau Kompetensi?

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/6281219899737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB: Bila Anda mengalami batuk membandel yang tidak sembuh dengan berbagai macam obat, Anda boleh coba RED-A-COUGH remedi racikan kami. Khusus diracik hanya jika ada permintaan saja. Tinggal kabari wa.me/62812-1989-9737. Insya Allah kami racik khusus buat Anda.

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:watersystemcouncil

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.