Thursday , May 13 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Krisis Keuangan

Krisis Keuangan

Salah satu dampak paling signifikan dari pandemi adalah timbulnya krisis keuangan. Ini terjadi di berbagai sektor kehidupan. Sektor rumah tangga, tentu paling relevan dengan kita. Perhatikan deh, kalau teman Anda tiba-tiba ‘pinjam uang’ padahal sebelumnya tidak pernah; maka itu indikasi yang kuat banget.

Bila saat ini Anda tidak terkena dampaknya, tetap perlu waspada juga. Sebab jika krisis finansial ini berkepanjangan; maka cepat atau lambat akan berpengaruh kepada semua lapisan. Lalu, bagaimana supaya kita bisa bertahan lebih lama?

Saya sengaja memakai frase ‘lebih lama’. Soalnya yang kita bicarakan adalah tentang bagaimana sumber daya yang terbatas bisa kita gunakan ‘selama mungkin’. Kan para penasihat keuangan menganjurkan agar kita pegang uang cash yang cukup untuk biaya hidup untuk 12 bulan kedepan ya. Jadi kalau pendapatan bulanan kita tiba-tiba jadi NOL, maka kita masih bisa mencukupi kebutuhan hidup selama 12 bulan kedepan.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Enak di teori sih. Jaman sekarang, yang punya tabungan buat 12 bulan itu bukan perkara yang umum. Biasanya kan terimakasih aja alias ‘terima’, langsung ‘kasih’ lagi. Punya persediaan untuk 3 atau 4 bulan saja sudah alhamdulillah banget.

Nah, kita butuh belajar untuk bisa membuat persediaan yang hanya 4 bulan itu mencukupi kebutuhan dasar selama 1 tahun kedepan bahkan lebih lama lagi.

Pilihan paling logisnya tentu bukan beli saham. Bukan pula menyimpannya di bank. Invest di emas? Tidak cocok untuk tujuan ini. Menurut hemat saya, yang paling realistis adalah berproduksi atau berdagang. Atau kombinasi 2 hal itu.

Bila berproduksi, maka sebagian bekal itu mesti kita gunakan untuk memproduksi sesuatu yang dibutuhkan orang lain. Bila berdagang, maka kita gunakan untuk belanja dagangan. Tentu, pilihan produknya mesti yang dibutuhkan orang lain.

Bila ada diantara Anda yang bilang; teori mah gampang, Anda benar. Tapi prakteknya pun tidak selalu sulit; kalau kita mau belajar caranya sampai bisa. Sesuatu dibilang sulit hanya oleh mereka yang tidak bisa kan? Bagi orang yang bisa, gampang banget. Itulah pentingnya berubah dari tidak bisa menjadi bisa.

Saya pribadi, terlena dengan pendapatan yang mencukupi kebutuhan keluarga sebelum pandemi. Makanya, lumayan kelabakan juga. Saya juga merasakan betapa sulitnya mengubah diri sendiri, dan merasakan pula betapa susahnya belajar lagi. Alhamdulilah ada kesempatan belajar lagi walaupun lecet-lecet dan babak belur. Lumayanlah. Jadi kalau Anda dapat WA dari saya berisi kalimat;”Mas, bisa pinjam uang 2 juta nggak? Insya Allah bulan depan dibalikin.” Maka kemungkinan itu dari hacker. Cuekin aja. Doakan saya tidak sampai begitu ya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

So what do I do? Ya pakai cara diatas itu. Bekal persediaan untuk 3 atau 4 bulan kedepan itu saya gunakan untuk berproduksi dan dagang. Targetnya supaya bisa dapat laba yang mencukupi buat beli beras dan lauk pauk sehari-hari.

Dengan asumsi bahwa taget laba rata-rata itu bisa memenuhi kebutuhan harian, maka bekal yang semula bisa habis dalam 4 bulan itu bakal bisa utuh dalam 4 bulan kedepan. Kita, mesti punya pola pikir demikian. Bila pola pikir itu benar-benar berhasil diterapkan, maka tidak ada krisis yang menakutkan. Sebab dalam krisis ini, sumber nafkah kita bisa mengalir seperti sumur timba yang kemarin saya ceritakan. Caranya gimana? Saran saya, produksi atau dagang, atau kombinasi dari keduanya. Insya Allah. Aamiin…

By the way, dimasa pandemi ini, bagaimana cara Anda memperkuat imunitas tubuh? Kalau kami dengan rutin minum probiotik. Ada 2 opsi solusi: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Bukan tanpa alasan kalau saya dan keluarga menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau tahu tentang ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Sumber Air Penghidupan

Infeksi virus itu bersifat SELF-LIMITING. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan catatan, sistem pertahanan atau imunitas tubuhnya berfungsi dengan baik. Perkuat imunitas tubuh Anda.

NB. Sekarang mungkin Anda belum merasa perlu. Tapi jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya; Anda tahu caranya. Ada 2 opsi cara memperkuat imunitas tubuh dengan probiotik: 1). Sarbu-SB19 (BPOM RI MD 266611004201) berisi probiotik dalam saribuah. Dan 2). INNERIMMUNE (Premium) berisi Probiotik Murni. Saya pribadi menggunakan INNERIMMUNE. Jika Anda mau coba ke-2 opsi itu; wa.me/0812-1989-9737.

Untuk bergabung dengan WAG Inspirasi kami, silakan ketik: Nama Lengkap # Dekadarus&Friends. Kirim ke wa.me/6281219899737

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

NB: Bila Anda mengalami batuk membandel yang tidak sembuh dengan berbagai macam obat, Anda boleh coba RED-A-COUGH remedi racikan kami. Khusus diracik hanya jika ada permintaan saja. Tinggal kabari wa.me/62812-1989-9737. Insya Allah kami racik khusus buat Anda.

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

NB: Dulu saya sering sariawan. Perih. Lama sembuh. Kerap kambuh. Sekarang saya punya PROMOUTH yang diracik secara tradisional. Efektif, tidak perih, dan praktis cara pakainya. Dulu, anak saya gonta-ganti dokter karena kulitnya gatal akibat alergi dan dermatitis atopik. Sekarang kami punya PROBISKIN yang juga diracik secara tradisional. Problem solved. Saya tidak mengatakan bahwa racikan ini cocok buat semua orang. Tapi jika Anda punya masalah yang sama, mungkin racikan tradisional ini bisa menjadi solusinya. Wa.me/0812-1989-9737. Kami buatkan racikannya untuk Anda.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:all-free-download.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.