Tuesday , January 18 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Berita Tentang Kematian

Berita Tentang Kematian

Telah Meninggal Dunia: Dadang Kadarusman“. Kelak Pun Akan Ada Berita Seperti Itu.

Kalimat itu adalah postingan saya di sosmed pada tanggal 14 juli lalu. Dan itu, menjadi postingan yang paling banyak dikomentari dibandingkan postingan lainnya. Postingan saya rata-rata garing. Jadi jarang yang ngelike atau komen. Tapi postingan yang satu itu, lumayan beda.

Ditengah sedemikian seringnya kita baca berita duka cita, bisa Anda bayangkan isi komennya? Saya bahagia, karena berasa banget bahwa saya punya true friends yang peduli pada hidup dan mati saya. Alhamdulillah. Walaupun ada sahabat yang marah sama saya; bikin mangkel gue, katanya.

Dua hari kemudian – pada tanggal 16 Juli – saya posting lagi. Isinya sebuah foto perempuan sepuh yang masih tampak cantik. Pada caption-nya saya tulis begini: “Ini Oma Saya”. Dah, begitu saja. Tahukah Anda bagaimana sahabat saya meresponnya?

Jempol, like dan pujian tentang betapa cantiknya Oma saya. Juga doa agar Oma sehat terus. Secara keseluruhan, semua dipenuhi aura gembira yang dirasakan. Bahagia. Itu saja suasananya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ketika memposting ke-2 hal itu, tidak terbersit dalam pikiran saya untuk bereksperimen. Sekedar posting saja. Dan seperti Anda sudah tahu, saya suka memposting hal-hal nggak penting. Remeh dan cemen.

Tapi dari ke-2 postingan itu saya mendapatkan pelajaran berharga. Tentang bagaimana kita mempengaruhi perasan orang lain. Ketika kita memposting hal-hal sedih, orang lain yang peduli kepada kita ikut sedih. Mereka sayang sama kita. Jadi mereka berduka ketika kita menebarkan kabar duka tentang kita.

Bahkan ketika… sebetulnya kita sedang berduka. Namun berita duka itu disampaikan dengan cara yang ‘berbeda’. Teman-teman karib kita, tidak ikut terluka hatinya. Contoh. Ketika memposting tentang Oma saya yang cantik itu, sesungguhnya saat itu saya sedang berduka karena ditinggal pergi beliau untuk selama-lamanya. Oma, yang setiap kali berjumpa denganya; saya selalu memeluknya. Saya, hanya memeluk orang tertentu saja.

Bisa saja bila saya mengumumkan kabar duka itu. Tapi Allah membimbing saya untuk menampilkan Oma dengan indahnya. Jadi, yang dikenang orang tentang beliau bukanlah tentang kepergiannya. Melainkan tentang kesan indah yang masih tersimpan dalam memori saya.

Saya bagikan kisah ini sekarang. Karena, semuanya sudah berlalu. Peristiwanya sudah tidak relevan lagi. Namun….sarat dengan pelajaran. Lantas, pelajaran berharga apa yang Anda dapatkan?

By the way, sekarang varian virusnya sudah semakin beragam ya. Mungkin butuh perlindungan berlapis untuk menghadapinya. Kalau Anda punya waktu luang, lakukan 2 hal ini. Pertama, tanyakan kepada dokter Anda; “Adakah cara yang lebih rasional untuk menghadapi pandemi ini selain meningkatkan imunitas tubuh?”. Kedua, Cari info di google dengan menggunakan key word “The role of probiotics in immune system”. Sekarang Anda paham, mengapa saya pribadi minum INNERIMMUNE setiap hari. Jika Anda mau; wa.me/+6281219899737.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

The Lady With An Angel Heart

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari: Kumparan

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.