Tuesday , May 17 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / Rindu

Rindu

Sejak awal januari tahun ini saya tinggal di lingkungan yang eksklusif dan menarik. Terletak di tengah hutan belantara, tapi sangat ketat dalam pencegahan penyebaran covid. Saya hanya bertamu disini untuk tinggal hingga beberapa bulan kedepan. Setiap pekan, kami menjalani 2 kali swab antigen dan 1 kali pcr. Seru kan?

Bagi orang yang tidak paham, 2 kali swab antigen dan 1 pcr rutin setiap pekan itu mungkin dianggap berlebihan. Apalagi saya rutin minum dan membawa Innerimmune. Kalem aja. Tapi bagi komunitas ini sangatlah penting karena menyangkut keamanan dan keselamatan ribuan orang serta keberlangsungan proses produksi perusahaan. Tentu, kepentingan yang lebih besar mesti didahulukan.

Ada pelajaran penting yang saya dapatkan disini. Kita, sering mengira keadaan diri kita tidak seenak orang lain. Nyatanya, tidak. Justru dalam banyak hal, keadaan kita; jauh lebih baik dari orang lain. Walaupun memang dalam hal-hal tertentu ada kurangnya juga. Plus minus deh. Tapi tetap lebih banyak plusnya. Bagian plusnya, lebih banyak dari minusnya.

Disini misalnya. Standar gaji para pegawainya diatas rata-rata pegawai di industri lain pada umumnya. Saya yakin banyak orang yang kepingin dapat standard gaji seperti disini. Selain itu, tempat tinggal, laundry, makan 3 kali sehari; sudah disediakan semua. Nggak perlu macet-macetan pula macam di Jakarta. Menang banyaklah pokoknya. Tapi kalau direnungkan lebih jauh, pengorbanannya juga banyak banget. Nget. Nget…

Misalnya, disana Anda bisa bertemu keluarga tercinta setiap hari. Bahkan setiap saat, bila wfh. Disini, mayoritas pekerja harus berjauhan dengan keluarga dalam hitungan bulan sebelum mendapat jatah cuti 2 atau 3 pekan. Dan setiap kali selesai cuti, sebelum masuk kembali kedalam kompleks steril ini mereka mesti menjalani masa karantina di fasilitas khusus selama 7 hari. Selama masa karantina itu nggak boleh ketemu orang kecuali teman sekamarnya.

Disini saya bertemu dengan ratusan bahkan ribuan orang yang rindu pada orang-orang tercintanya. Adegan video call seorang ayah dengan balitanya merupakan pemandangan harian. Terbayang betapa besar rasa rindunya. Mereka membawa pulang lebih banyak uang. Tapi kerinduan mereka, sering tak terperikan.

So overall, memang ada hal-hal tertentu yang kita rasa orang lain lebih beruntung dari kita. Tapi dalam banyak hal lainnya, kita telah dan tengah mendapatkan beragam anugerah yang jumlahnya begitu melimpah. Maka bersyukurlah. Alhamdulillah.

Salam hormat sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel sebelumnya:

Pingin Naik Gajih

Gambar dari: Medium

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.