Tuesday , May 17 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Kesehatan / Masihkah Dia Perlu Ditakuti?

Masihkah Dia Perlu Ditakuti?

Apakah kita masih harus takut kepada covid? Saya kira tidak. Setidaknya, tidak perlu takut secara berlebihan. Kalau pun takut, sedikit saja. Atau bahkan tak perlu takut lagi. Kenapa?

Sebab kondisi kita semua tidak sama seperti saat-saat awal pandemi. Di awal pandemi, virus itu bisa sangat mematikan karena dia merupakan mahluk yang benar-benar asing buat tubuh kita. Makanya banyak orang yang tewas.

Setelah hampir 3 tahun, virus covid bukan lagi mahluk asing. Sebab tubuh kita sudah sangat mengenalnya. Dan lewat pengenalan itu, sistem pertahanan tubuh membentuk imunitas alamiahnya. Tubuh kita ini, canggih loh. Jangan meremehkan kemampuannya.

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Renungkan pertanyaan ini: Wahai orang yang merasa sehat, apakah Anda tidak pernah terpapar covid? Anda tidak bisa memastikan itu. Bahkan sekalipun Anda bolak balik swab antigen negatif terus, bisa jadi sebenarnya Anda sudah sering terpapar. Hanya saja, jumlah virus dalam tubuh Anda terlampau sedikit untuk bisa dideteksi oleh alat yang dipakai mengetesnya. Jadi, nggak ketahuan.

Dan malah itu bagus. Karena dengan paparan yang Anda alami selama ini – dari pasar, dari kantor, dari sekolah, dari mana-mana – yang jumlahnya sedikit tapi sering itu, tubuh Anda membangun imunitasnya secara bertahap. Jadi, pada dasarnya; virus itu bukan ancaman lagi sekarang. Virus itu, tidak mungkin lagi seberbahaya dan semematikan seperti pertama kali menyerang 3 tahun lalu.

Oleh karenanya, mari kita mulai sedikit melonggarkan ketegangan dan melepaskan ketakutan itu. Relax. Dan jalani hidup yang lebih manusiawi lagi. Bahwa virus itu masih ada, iya. Dan bahwa virus itu masih bisa menginfeksi juga iya. Tapi, tubuh kita; tidak serapuh dulu lagi. Kita semua sudah punya penangkal alaminya. Begitulah fitrahnya. Kalau terinfeksi pun, tidak akan separah dulu.

Sebentar lagi, virus itu akan menjadi mahluk harian yang kapan saja bebas berpapasan dan bersentuhan dengan kita seperti halnya mahluk super kecil lainnya; yang tidak memiliki kesanggupan buat mencelakakan kita. Paling juga berasa nggak enak badan gitulah. Sebab tubuh kita, sudah lebih kuat. Dan jauh lebih kuat dibandingkan 3 tahun silam.

Tapi, bukankah kita masih bisa terpapar hingga jatuh sakit? Bisa. Kalau tingkat paparannya tinggi dan tubuh kita sedang drop, ya kita bisa sakit. Tapi tetap saja; tidak mungkin sakitnya separah 2 atau 3 tahun lalu. Tidak mungkin. Kecuali, ada penyakit komorbid. Bila tidak ada komorbid, paling juga kayak meriang, batuk, pilek dan flu seperti dulu saja. Sejak jauh sebelum pandemi pun kita sekali-sekali kena sakit seperti itu kan? Iya.

Makanya… nggak usah terlalu takut lagi sekarang. Virus itu, tidak seberbahaya masa-masa awal kedatangannya kok. Tubuh kita, sudah lebih siap menghadapinya. Jadi, khawatirnya sisakan sedikit ajalah. Kalemnya yang dibanyakin.

Salam hormat sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
Jika Kantor Anda Membutuhkan Offline Atau Online Training. Hubungi Kami.

Artikel Sebelumnya:

Satu Tingkat Lebih Tinggi

Jika kantor Anda membutuhkan offline atau online training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:The Wall Street Journal

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.