Thursday , August 11 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Finansial / Sisakan Sedikit Saja.

Sisakan Sedikit Saja.

Hore!
Hari Baru, Teman-teman.

Bagi kebanyakan orang, uang itu cepat keluar tapi lambat masuknya. Jadi, kalau dapat uang tuch pengennya dikekepin aja. Kita seneng melihat ada uang di rekening bank. Sekalipun disisi lain, punya banyak hutang. Mungkin bukan karena pelit, tapi khawatir ada kebutuhan mendesak.

Kelihatannya itu cara bijaksana ya. Tapi mari kita lihat pola ini; Tanggal 25 Anda sudah memberi uang kepada anak yang kost di dekat kampusnya. Kapan Anda akan kirim uang lagi? Nunggu tanggal 25 bulan berikutnya, atau disaat ketika Anda tahu bahwa uangnya habis buat keperluan penting? Saya yakin, Anda tidak akan menunggu tanggal 25 lagi kan? Kira-kira seperti itulah Allah. Dia memberikan rezeki kepada hambanya tepat ketika sang hamba membutuhkannya.

Tidak usah banyak-banyak nyimpan uang direkening bank. Maksud saya; kalau ada uang, jangan pelit pada diri sendiri. Kalau ada uang, segera lunasi hutang. Kalau masih ada kelebihan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, gunakan buat infaq, untuk investasi, dan untuk hal-hal baik lainnya. Sisakan sedikit saja di tabungan. Nanti Allah kasih lagi. Kenapa? Karena Allah memberikan rezeki kepada hambanya tepat ketika sang hamba membutuhkannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tahukah Anda bahwa uang kita mengikuti siklus ini; “Dikasih Allah uang, disisakan sedikit, dikasih Allah lagi, sisakan sedikit lagi, dikasih Allah lagi. Sisakan sedikit lagi, dikasih Allah lagi.” Begitu kan? Dengan siklus itu kita tidak khawatir bakal hidup kekurangan. Juga tidak terjerumus kepada pola hidup berlebih-lebihan.

Tapi Dang, ada kok orang yang sudah banyak uang dikasih terus sama Allah! Boleh saja kalau Anda termasuk orang yang polanya seperti itu. Tapi apakah realitasnya begitu? Kan tidak. Umumnya, tabungan yang sudah bertahun-tahun itu tetap segitu-gitu aja padahal tiap bulan harus nanggung bunga hutang, misalnya.

Jadi. Bila termasuk orang yang uangnya berpola ‘terima-kasih’, baiknya belajar merelakan uang lepas dari tangan Anda. Jangan ada ganjalan dihati ketika mengeluarkan uang untuk hal yang memang dibutuhkan. Tapi jangan berlebihan. Kalau masih ada sisa dari yang dibutuhkan, keluarkan dari tabungan. Sisakan sedikit saja. Biar nanti Allah kasih lagi. Insya Allah hidup Anda baik-baik saja.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Artikel sebelumnya:

Mengapa Atasan Sering Sewenang-wenang?

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.