Thursday , August 11 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Respek Yang Tulus

Respek Yang Tulus

Hore. Hari Baru!
Teman-teman. Anda pasti menghormati atasan, entah secara sukarela atau terpaksa. Bila beliau tidak lagi menjadi atasan Anda, apakah Anda masih menghormatinya? Mungkin iya, mungkin juga tidak.

Bila Anda butuh pada seseorang. Lalu orang itu memberikan apa yang Anda butuhkan, pasti Anda menghormati orang itu kan? Bahkan Anda ingin makin mendekat. Lantas, jika orang itu berkata; “Maaf ya, saya tidak bisa memberimu lagi. Minta saja kepada orang lain.” Apakah Anda masih akan mengormatinya? Mungkin iya. Mungkin berbalik kesal karena kecewa. Tega benar ya dia!

Orang yang mempunyai kedudukan tinggi, dan orang yang suka memberi; selalu sangat dihormati. Sayangnya, rasa hormat itu seringnya melekat kepada jabatan atau pemberian. Bukan kepada pribadinya. Makanya, kita sering sekali melihat orang yang tidak lagi menjabat; tidak lagi dihormat. Dan orang yang berhenti memberi, jadi dijauhi. Gak ada lagi orang yang mendekati. Betul kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi ada 1 orang yang mendapatkan kehormatan nyaris tanpa batas waktu tak pula ditentukan kondisi. Tahukah Anda siapa? Orang yang gemar membagi ilmu.

Misalnya, guru Anda. Rasa hormat Anda kepada mereka tidak pernah surut. Sekalipun beliau tidak lagi menjadi guru. Dan sekalipun beliau bilang;”Maaf ya, saya sudah tidak bisa lagi memberimu ilmu. Kamu cari saja ke orang lain.” Anda, tetap menghormatinya. Respek Anda kepadanya, tulus.

Bagaimana seandainya sang pemberi ilmu itu adalah Anda? Maka Andalah yang akan mendapatkan respek tulus itu. Tanpa harus rebutan jabatan. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Karena jabatan tak selalu kita dapatkan. Dan uang, kita pun kadang masih kekurangan. Tapi ilmu, kita pasti punya. Walaupun tak banyak.

Lagi pula, tidak harus punya ilmu banyak untuk membagikannya. Karenanya, memberi ilmu bisa dilakukan oleh siapapun. Oleh atasan kepada bawahan. Oleh karyawan kepada pegawai baru. Oleh office boy kepada karyawan yang belum tahu cara menggunakan coffe maker. Oleh Anda kepada saya. Oleh siapa saja, kepada siapa saja. Sebab setiap orang punya ilmu yang tidak dimiliki orang lain.

Walau tindakan ini terlihat remeh, tapi sangat bernilai. Sabda Rasulullah; “Barang siapa mengajari orang lain apa yang diketahuinya. Lalu orang itu mengamalkan apa yang diajarkannya. Maka dia mendapatkan pahala yang terus mengalir selama ilmu itu dipakainya. Dia terus mendapatkan pahala itu, sekalipun sudah meninggal.”

Maka jadilah orang yang senang berbagi ilmu. Sehingga orang lain mendapatkan manfaatnya. Anda akan mendapatkan rasa hormat dimata manusia, dan pahala yang mengalir selamanya disisi Allah ta’ala.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Artikel ini disponsori oleh: INNERIMMUNE (BPOM RI MD 269028001908)

Artikel sebelumnya:

Mengapa Atasan Sering Sewenang-wenang?

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Entrepreneur.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.