Thursday , August 11 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Kenapa Karyawan Bagus Tak Dipromosi?

Kenapa Karyawan Bagus Tak Dipromosi?

Hore. Hari Baru!
Teman-teman.

Semua pegawai pasti ingin dipromosi. Makanya mereka berlomba agar dinilai layak buat naik pangkat. Tapi, dalam kehidupan nyata; kita melihat begitu banyak karyawan yang sangat terampil tidak mendapatkan promosi itu. Justru karyawan yang ‘biasa-biasa’ aja yang dapat jabatan lebih tinggi. Kok bisa begitu?

Sahabatku. Ini kekeliruan yang sering dilakukan oleh banyak pekerja; mereka mengira bahwa keterampilan kerja adalah modal utama untuk dipromosi. Mereka mengira; Orang yang paling berprestasi, paling layak dipromosi. Keliru my friend.

Keterampilan kerja memang penting. Untuk menjamin bahwa penugasan yang diberikan kepada seseorang bisa dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Prestasi kerja juga penting. Untuk menunjukkan bahwa seseorang layak terus dipekerjakan. Tapi kedua hal itu – keterampilan kerja dan prestasi kerja – bukan faktor terpenting untuk mempromosikan seseorang menduduki jabatan tinggi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lho, kok? Iya. Kita mesti paham bahwa jabatan-jabatan strategis di perusahaan hampir bisa dipastikan semuanya berkaitan dengan mengelola orang lain. Semakin tinggi jabatan seseorang, justru semakin rendah bobot pekerjaan teknisnya. Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin menuntut prestasi individual orang lain untuk menghasilkan prestasi kolektif unit bisnis yang dipimpinnya.

Jadi jangan heran kalau banyak karyawan bagus yang justru tidak dipromosi. Kenapa? Karena untuk menduduki jabatan tinggi; dibutuhkan lebih dari sekedar keterampilan teknis. Anda harus menguasai keterampilan teknis, itu pasti. Tapi mesti dilengkapi dengan kemampuan mengelola manusia.

Prestasi kerja memang penting. Pegawai yang tidak berprestasi mending kelaut aja. Esensi prestasi kerja itu kemampuan mengelola diri sendiri agar menjadi ‘solid individual contributor’. Tapi jabatan tinggi itu bukan soal ‘kinerja individu’, melainkan soal ‘kontribusi kolektif’, yang dihasilkan dari cara seseorang memimpin orang lain.

Kesimpulan. Kalau ingin dipromosikan; jangan hanya mengasah keterampilan kerja saja my friend. Asah juga keterampilan mengelola orang lain. Latih sekarang. Jangan menunggu dipromosi dulu baru latihan memimpin. Latihan memimpin dulu, dipromosikan kemudian. Ok?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Coming Soon “INNERIMMUNE” (BPOM RI MD 269028001908) – Probiotik Esensial

Artikel sebelumnya:

Ciri Orang Berilmu Tinggi

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait Leadership, Management dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.